3 Cara Pembibitan Anggrek Secara Moderen

3 Cara Pembibitan Anggrek Secara Moderen – Anggrek merupakan jenis tanaman yang sudah terkenal di dunia. Sudah banyak yang membudidayakan anggrek ini. Membudidayakan anggrek merupakan hal yang gampang-gampang sulit. Maksudnya gampang disini adalah jika kita mengenali seluk-beluk tentang anggrek secara keseluruhan, maka kita akan mudah membudidayakan anggrek.

Dan maksudnya sulit disini adalah jika kita tidak mengenali seluk beluk tentang anggrek secara keseluruhan, maka kita akan sulit membudidayakan anggrek ini.

Advertisements

Oleh karena itu, supaya kita dapat membudidayakan anggrek dengan mudah, maka kita harus mengenali seluk-beluk tentang anggrek secara keseluruhan. Dengan begitu akan memudahkan kita ketika memelihara anggrek.3 Cara Pembibitan Anggrek Secara Moderen

Sebelum membudidayakan anggrek, sebaiknya pilihlah bibit anggrek terlebih dahulu. Bibit sangat menentukan bagaimana anggrek kedepannya. Jika bibitnya baik makan anggreknya juga akan baik. Jika kita ingin membudidayakan anggrek dalam jumlah yang banyak, maka kita harus mempersiapkan bibit dalam jumlah yang banyak pula.simak juga Kenali Habitat Anggrek Dan Jenisnya

3 Cara Pembibitan Anggrek Secara Moderen

Perbanyakan bibit atau perbanyakan tanaman haruslah dilakukan apabila kita ingin mendapatkan bibit dalam jumlah yang banyak. Secara umum, perbanyakan tanaman terbagi atas dua jenis. Yaitu, perbanyakan secara teknik kultur in vitro dan perbanyakan secara konvensional.

Advertisements

Kedua perbanyakan tersebut ada kekurangandan ada pula kelebihannya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbanyakan melalui teknik in vitro dan konvensional, mari simak penjelasan di bawah ini.

Perbanyakan secara kultur in vitro

Apa itu teknik kultur in vitro? Teknik kultur in vitro merupakan cara menumbuhkan organ vegetatif (daun, akar, batang, biji, dan lain sebagainya) pada media atau alat buatan secara bebas mikroorganisme.Baca Juga Jenis Anggrek Paling Bagus Dan Mahal

Untuk kita yang menginkan pertumbuhan bibit secara cepat dan hasilnya memuaskan, maka kita bisa menggunakan perbanyakan bibit secara kultur in vitro. Selain cepat, teknik ini juga bisa menghasilkan bibit yang jumlahnya banyak. Teknik kultur in vitro ini juga sudah banyak sekali digunakan oleh para pecinta anggrek. Untuk mendapatkan jenis anggrek silangan yang baru, kita bisa menggunakan teknik kultur in vitro ini.

Kekurangan dari teknik kultur in vitro ini adalah biaya untuk membuat laboraturium usaha budidaya anggrek. Teknik kultur in vitro ini memang membutuhkan laboraturium budidaya anggrek. Biaya untuk membuat laboraturium itu tidaklah murah. Karena itulah tidak semua orangg bisa menggunakan teknik kultur in vitro. Hanya orang yang memiliki usaha dalam skala besar saja yang bisa menggunakan kultur in vitro ini.

Perbanyakan secara konvensional

Apa itu perbanyakan bibit anggrek secara konvensional. Perbanyakan anggrek secara konvensional adalah perbanyakan tanaman secara vegetatif dengan cra setek, pemisahan rumpun, dan pemotongan anak tanaman. Kelebihan dari perbanyakan secara konvensional adalah kita tidak memerlukan biaya yang mahal untuk melakukan perbanyakan secara konvensional ini.

Untuk kekurangan perbanyakan secara konvensional adalah tidak praktis jika digunakan untuk usaha anggrek dalam skala besar-besaran. Jumlah anakan yang akan diperoleh sangat sedikit dan lambat. Karena itulah tidak praktis jika digunakan untuk usaha anggrek dalam skala besar.Baca juga Mengenal Jenis Dan Karakter Anggrek Berkualitas

Advertisements
3 Cara Pembibitan Anggrek Secara Moderen | Penulis | 4.5