4 Jenis jambu Biji Paling Manis Dan Mahal

4 Jenis jambu biji paling manis dan mahal – Penyebaran jambu biji sudah masuk ke Indonesia. Jambu biji masuk ke Indonesia sudah sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Dari dulu hingga sekarang, nama jambu biji dikalangan masyarakat Indonesia tidak pernah pudar.

Para petani di Indonesia kini mencoba untuk membudidayakan jambu biji. Hasilnya sungguh memuaskan. Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis, Karena beriklim tropis itulah yang membuat jambu biji tumbuh subur di Indonesia. Indonesia merupakan penghasil jamu biji yang berkualitas. Hal ini juga berpengaruh terhadap tanah Indonesia yang subur.

Jenis-jenis jambu biji yang tersebar di Indonesia juga sudah beragam. Banyaknya perkawinan silang yang membuat jenis jambu biji di Indonesia semakin beragam.4 Jenis jambu Biji Paling Manis Dan Mahal

Advertisements

Menurut jenisnya, jambu biji terbagi atas dua macam, yaitu jambu biji daging merah dan jambu biji daging putih. Kedua jambu biji tersebut dibagi lagi menjadi beberapa jenis.

Apa-apa saja jenis jambu biji daging merah dan jambu biji daging putih? Untuk mengatahuinya mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Jenis jambu biji berdaging merah

  • Piraweh ampalu

Piraweh ampalu merupakan jambu biji berdaging merah yang berasal dari Indonesia. Jambu biji ini mampu bertahan selama 5 hari setelah dipetik.

Advertisements

Namun, dengan satu syarat, letakan jambu biji ini ditempat yang bersuhu antara 18 – 23 derajat celcius. Setara dengan suhu pendingin ruangan. Untuk jambu biji yang tidak disimpan di suhu biasa, hanya bisa bertahan 3 sampai 4 hari.

  • Mega merah

Jambu biji berdaging merah jenis mega merah ini bisa dikatakan jambu biji yang paling berkualitas. Pasalnya di dalam jambu biji berdaging merah jenis mega merah ini memiliki kandungan vitamin yang cukup banyak. Vitamin yang terkandung di dalam buah ini adalah vitamin C dengan jumlah 88,4 mg/150 g.

Tanaman mega merah ini merupakan tanaman yang berasal dari Indonesia asli. Tepatnya adalah berasal dari Jakarta bagian selatan. Petani di Jakata selatan kebanyakan menanam tanaman jambu biji mega merah ini dengan jumlah yang besar.

  • Variegata

Variegata merupakan salah satu jenis jambu biji berdaging merah. Bentuknya sama seperti jambu biji pada umumnya. Namun, yang membedakannya adalah tanaman ini bisa dijadikan sebagai tanaman tabulampot atau tanaman hias.

Bentuknya yang unik membuat tanaman ini bisa dijadikan sebagai tanaman hias dan tabulampot. Rasanya juga manis dan tidak ada yang masam.

Jenis jambu biji berdaging putih

  • Kristal

Tanaman jambu biji ini merupakan salah satu dari jenis jambu biji berdaging putih. Tanaman ini mampu hidup di dataran rendah seperti di pulau Jawa. Mampu bertahan sekitar 5 hari dengan suhu ruangan dan suhu pendingin ruangan.

  • Mutiara

Tanaman ini mampu dipanen sepanjang tahunnya. Mampu hidup di daerah dataran rendah. Tanaman ini tidak seperti tanaman pada umumnya yang hanya sedikit bagian yang bisa dimakan.

Sedangkan tanaman ini bagian yang dapat dimakan hampir seluruhnya. Hanya saja yang ada bijinya yang tidak dimakan. Tanaman ini mampu bertahan 5 hari di suhu ruangan pendingin.

Advertisements
4 Jenis jambu Biji Paling Manis Dan Mahal | Penulis | 4.5