Bisnis Usaha Jual Beli Tanaman Hias Anggrek

Bisnis Usaha Jual Beli Tanaman Hias Anggrek – Usaha membudidayakan anggrek dengan tujuan ekonomis memang banyak menguntungkan bagi mereka yang membuka usaha tersebut. Saat ini, anggrek sudah menjadi bunga yang menjadi sorotan dunia.

Bentuknya yang unik dan beragam jenisnya membuat sebagian orang terpikat kepada tanaman anggrek tersebut. Tidak hanya itu, tanaman anggrek yang unik-unik kini diburu oleh para kolektor tanaman hias.

Advertisements

Karena keunikannya tersebut, kini sudah banyak orang yang mencari-cari tanaman anggrek dan keberadaan anggrek juga sudah tidak terpenuhi seluruhnya. Tidak terpenuhinya permintaan anggrek dipasar internasional membuat para pengusaha anggrek menjadi kebingungan. Namun, seharusnya ini bisa dijadikan sebagai lahan usaha bagi mereka yang ingin mendapatkan pekerjaan.Bisnis Usaha Jual Beli Tanaman Hias Anggrek

Bisnis Usaha Jual Beli Tanaman Hias Anggrek

Mengusahakan anggrek sangatlah menguntungkan. Dari segi ekonomis saja bisa memenuhi kebutuhan bagi mereka yang mengusahakan tanaman anggrek ini. Namun, membuka usaha anggrek tidaklah semudah seperti yang telah Anda bayangkan.Baca juga Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Anggrek

Membuka usaha anggrek haruslah mengetahui seluk beluk tentang tanaman anggrek. Jika Anda tidak mengetahui seluruhnya tentang tanaman anggrek, maka Anda tidak bisa membuka usaha anggrek dan apabila Anda tetap membuka usaha tanaman anggrek, maka yang terjadi adalah kegagalan.

Advertisements

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui seluruh seluk beluk mengenai tanaman anggrek. Lantas, jenis anggrek apa saja yang banyak digunakan untuk membuka usaha tanaman anggrek? Jenis anggrek yang sering digunakan adalah jenis anggrek bunga potong dan jenis anggrek pot.

Anggrek bunga potong merupakan anggrek yang hidup dilahan yang luas. Membutuhkan lahan sekitar lebih dari 2400 meter untuk membudidakan anggrek bunga potong untuk tujuan usaha. Jenis-jenis anggrek bunga potong seperti Dendrobium, Phalaenopsis, Vanda, dan lain sebagainya.

Sedangkan anggrek pot merupakan anggrek yang hidup dilahan yang sempit. Membutuhkan lahan sekitar kurang dari 2400 meter saja sudah bisa membudidayakan anggrek pot. Jenis anggrek pot seperti Cattleya, Oncidium, dan lain sebagainya.

Diantara kedua jenis anggrek tersebut, yang paling banyak dibudidayakan untuk tujuan usaha adalah anggrek bunga potong. Bunga potong dinilai lebih bisa memenuhi kebutuhan anggrek yang masih belum terpenuhi.

Kapankah waktu pemanenan yang tepat untuk bunga potong? Bunga potong dapat dipanen pada saat kuntum bunga telah mekar. Pada saat kuntum bunga telah ada sekitar dua per tiga, maka bunga potong tersebut bisa dipanen.

Kuntum bunga sekitar dua per tiga bagian tersebut digunakan untuk keperluan untuk memenuhi kebutuhan ekspor. Sedangkan untuk keperluan di dalam negeri atau keperluan domestik memerlukan sekitar tiga per empat bagian dari jumlah kuntum bunga per tangkai.

Waktu panen yang baik untuk tanaman anggrek bunga potong adalah pada saat pagi hari pada saat matahari sedang terbit tepatnya pada jam 06.30. Pada saat sore hari juga bisa digunakan untuk memanen tanaman anggrek bunga potong. Tepatnya pada pukul 17.30.

Mengapa dipilih waktu pemanenan pada pagi dan sore hari? Dipilih waktu pemanenan pada pagi dan sore hari adalah untuk menghindari transpirasi yang terlalu tinggi yang akan membuat bunga menjadi cepat layu.Sekian Baca Juga Teknik Usaha Membudidayakan Tanaman Anggrek

Advertisements
Bisnis Usaha Jual Beli Tanaman Hias Anggrek | Penulis | 4.5