Cara Budidaya Bayam Di Pekarangan Rumah

Cara Budidaya Bayam Di Pekarangan Rumah – Tanaman Bayam cabut dan potong merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat dibudidayakan. Tidak asing lagi jika melihat para petani membudidayakan bayam. Membudidayakan bayam sangatlah bermanfaat dan berguna.

Selain hasilnya dapat dinikmati sendiri, bayam yang kita budidayakan juga bisa kita jual dan kita akan mendapatkan keuntungan dari bayam yang kita budidayakan tersebut.

Di dalam sayur bayam terdapat banyak kandungan vitamin di dalamnya. Contohnya saja seperti mineral dan vitamin. Orang Indonesia banyak mengkonsumsi bayam karena dianggap sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Advertisements

Karena banyak mengandung zat gizinya, membuat sebagian orang lebih tertarik menanam bayam di rumahnya sendiri. Dengan memanfaatkan perkarangan, kita sudah bisa membudidayakan bayam di rumah kita sendiri.Cara Budidaya Bayam Di Pekarangan Rumah

Tidak hanya itu, kebutuhan gizi keluarga kita akan terpenuhi dengan adanya kebun bayam sendiri di rumah kita. Hasil dari budidaya bayam kita juga bisa kita jual sehingga mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Cara Budidaya Bayam Di Pekarangan Rumah

Mudahnya dalam membudidayakan bayam membuat sebagian orang sangat tertarik untuk membudiayakan bayam di rumahnya sendiri. Lantas, bagaimana cara membudidayakan bayam itu? Cara membudidayakan bayam adalah sebagian berikut.Penting untuk di baca Teknik Menanam Sayuran Dalam Pot Rumah

Persiapkan benih Bayam

Pertama-tama kita harus mempersiapkan benih bayam. Pilihlah benih bayam yang berkualitas. Jangan sampai salah pilih benih. Sebab nanti hasilnya akan sangat tidak memuaskan.

Advertisements

Benih yang bisa dipilih adalah yang sudah berumur 60 hari. Kurang dari umur tersebut tidaklah boleh. Benih yang disediakan tergantung sebesar mana lahan yang kita punya.

Persiapkan lahan untuk menanam

Lahan sangatlah penting. Jika kita ingin membudidayakan bayam di pekarangan rumah kita, maka kita harus memiliki lahan yang cukup lebar. Sebab budidaya bayam harus di lahan yang lebar.

Sebelum digunakan, pertama-tama lahan harus diolah terlebih dahulu. Cangkul terlebih dahulu tanah sampai sedalam 35 cm. Tujuan dari pencangkulan adalalh supaya tanah menjadi gembur, Setelah itu, buatlah bedengan.simak juga Teknik Cara Budidaya Jamur Merang Pemula

Panjang dan lebarnya tergantung kepada diri kita sendiri. Berikan pupuk kandang pada tanah yang telah dibuat bedengan. Setelah itu barulah lahan bisa dipakai untuk menanam sayur bayam.

Persiapan penanaman bibit bayam

Penanaman dapat dilakukan apabila lahan sudah diolah terlebih dahulu. Cara menanam sayur bayam ada banyak cara.  Salah satu cara menanam sayur bayam adalah dengan menyebarkan benih secara langsung di atas permukaan lahan yang telah diolah sebelumnya.

Setelah disebarkan, kemudian tutup kembali benih tersebut dengan menggunakan tanah. Siram dan tunggu hingga bayam tumbuh.

Pemeliharaan harian supaya tumbuh sehat

Tahap pemeliharaan sangat penting. Sebab, pada tahap pemeliharaan inilah akan menentukan baik atau tidaknya bayam yang akan dihasilkan. Jika kita memelihara bayam dengan baik, maka hasilnya pun akan baik. Begitu pula sebaliknya.

Tahap-tahap pemeliharaan diantaranya seperti tahap penyiraman dan tahap pemupukan. Penyiraman dan pemupukan harus dilakukan secara rutin supaya bayam dapat hidup dengan baik. Terlebih pada saat bayam masih berusia muda, bayam harus disiram dan diberikan pupuk secara rutin.demikian jangan lupa baca juga Teknik Dan Cara Budidaya Jamur Kayu Pemula Semoga bisa membantu..salam..

Advertisements
Cara Budidaya Bayam Di Pekarangan Rumah | Penulis | 4.5