Cara Budidaya Dan Menanam Sayur Petsai

Cara Budidaya Dan Menanam Sayur Petsai – Apa itu petsai? Petsai merupakan salah satu jenis sayuran yang berbentuk daun. Bentuk tubuh dari petsai adalah batangnya yang pendek. Ada juga petsai yang mempunyai batang sangat pendek.

Bentuk dari daun petsai bulat panjang dan berbulu kasar maupun halus. Sedangkan tulang daunnya lebar serta berwarna putih. di dalam daun petsai terdapat banyak kandungan air.

Advertisements

Petsai jarang ditemukan jika bukan pada saat musim dimana petsai tumbuh. Itu menunjukkan bahwa petsai merupakan tanaman atau sayuran yang hidup pada musim-musim tertentu dan tidak setiap bulannya ada.

Petsai juga dapat dibudidayakan. Kini banyak petani yang mulai membudidayakan petsai. Petsai yang hidup secara alami dengan petsai yang dibudidayakan tidaklah sama.Cara Budidaya Dan Menanam Sayur Petsai

Cara Budidaya Dan Menanam Sayur Petsai

Tanaman sayuran petsai hanya dapat tumbuh di daerah dataran tinggi atau daerah pegunungan yang berhawa sejuk. Untuk membudidayakan petsai ini, petani harus mencari lahan yang tanahnya banyak mengandung bahan-bahan organik.

Lantas, bagaimana cara membudidayakan petsai ini? Cara membudidayakan petsai adalah sebagai berikut.

Mempersiapkan benih

Sebelum membudidayakan petsai, sediakan terlebih dahulu benih petsai. Benih petsai dapat ditemukan di toko-toko penjual benih sayuran.

Benih yang digunakan harus sesuai dengan kondisi tanah. Dengan begitu, petsai dapat tumbuh dengan baik. Untuk satu hektar tanah membutuhkan kurang lebih 260 g benih petsai.Baca Juga Cara Menanam Dan Budidaya Selada Rumahan

Advertisements

Pengolahan lahan

Pilihlah lahan yang memenuhi syarat sebagai lahan yang baik. Contohnya seperti lahan tersebut bekas pembudidayaan kubis-kubisan. Setelah menentukan lahan yang cocok selanjutnya olah lahan sebelum dipakai untuk pembudidayaan petsai. Cara mengolah lahan contohnya seperti membuat lahan menjadi gembur.

Membuat lahan menjadi gembur caranya adalah dengan mencangkul tanah sedalam 20 cm. Setelah itu, buatlah bedengan. Setelah bedengan sudah jadi, selanjutnya campurkan pupuk kandang dengan tanah bedengan. Setelah itu, tanah bisa dipakai untuk membudidayakan petsai.

Tahap penyemaian dan penanaman di lapangan terbuka

Sebelum petsai ditanam di tempat yang lebih besar lagi seperti di lapangan, sebaiknya benih petsai disemai terlebih dahulu. Sebelum disemai, sebaiknya  rendam terlebih dahulu benih dengan menggunakan air hangat selama lebih kurang enam puluh menit.baca Juga Panduan Menanam Kangkung Cabut Potong

Kemudian tebarkan benih di atas bedengan tempat persemaian. Setelah itu, tutuplah dengan menggunakan daun pisang.

Sebaiknya media persemaian diberikan naungan seperti atap. Siramlah media semai setiap hairnya. Setelah tumbuh dan menjadi bibit, selanjutnya bibit dapat dipindahkan di tempat yang lebih besar seperti di lapangan terbuka.

Pemeliharaan tanaman petsai

Petsai merupakan tanaman atau sayuran yang butuh dirawat. Perawatan juga harus dilakukan secara rutin. Perawatan petsai diantaranya seperti penyiraman dan penyulaman. Untuk penyulaman dapat dilakukan pada saat benih masih pada tahap persemaian. Pada saat bibit sudah tumbuh dan berkembang dan tiba-tiba saja mati, maka lakukanlah penyulaman.

Selain itu, penyiraman pun harus dilakukan setiap harinya. Dengan cara begitu, petsai akan tumbuh dengan baik tanpa ada kendala apa pun.Mungkin hanya ini saja yang bisa saya sampaikan,jangan lupa baca juga Cara Menanam Kol-Kubis Pot Polybag

Advertisements
Cara Budidaya Dan Menanam Sayur Petsai | Penulis | 4.5