Cara Budidaya Jamur Kuping Kusus Pemula

Cara Budidaya Jamur Kuping Kusus Pemula – Berbicara mengenai jamur, jamur memiliki berbagai macam jenis yang telah menyebar keseluruh pelosok dunia. Jamur ada yang beracun dan ada pula yang tidak beracun. Jenis jamur yang tidak beracun lah yang dapat dikonsumsi oleh manusia.

Jamur beracun memiliki berbagai macam jenisnya. Begitu pula dengan jamur yang tidak beracun juga memiliki berbagai macam jenisnya.

Advertisements

Salah satu jenis jamur yang tidak beracun adalah jamur kuping. Jamur kuping merupakan jamur yang telah lama populer di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia saja, jamur  kuping ini juga telah populer di negara-negara  lain.

Jamur kuping bukanlah jamur yang berasal dari Indonesia. Dahulu jamur kuping dibawa oleh pedagang dari luar negeri ke Indonesia. Setelah itu barulah jamur kuping mulai populer di Indonesia.

Karena kepopulerannya tersebut, kini banyak orang yang mulai membudidayakan jamur kuping. Membudidayakan jamur kuping tidak lah sulit asalkan mengetahui seluk beluk mengenai jamur kuping.Cara Budidaya Jamur Kuping Kusus Pemula

Cara Budidaya Jamur Kuping Kusus Pemula

Kebanyakan orang yang membuidayakan jamur kuping mengalami kesulitan ketika membudidayakan jamur kuping. Membudidayakan jamur kuping memiliki keuntungan tersendiri. Jamur kuping dapat dikonsumsi sebagai makanan yang bermanfaat untuk menambah daya tahan tubuh.

Selain itu, jamur kuping juga dapat dijual dipasaran. Harga jamur kuping dipasaran memang termasuk mahal. Hal ini dikarenakan budidaya jamur kuping tidaklah mudah. Bagaimana cara membudidayakan jamur kuping? Cara membudidayakan jamur kuping yang baik caranya adalah sebagai berikut.

Syarat tumbuh Jamur Kuping

Syarat tumbuh bagi tanaman jamur kuping adalah sebagai berikut.

  • Jamur kuping dapat tumbuh di daerah dataran rendah maupun di daerah dataran tinggi.
  • Suhu yang cocok untuk tanaman jamur kuping adalah 22-28 derajat Celcius.
  • Kelembapan yang cocok adalah 82-88%.
  • pH tanah yang cocok adalah 6,7-6,9.

Itulah beberapa syarat tumbuh bagi tanaman jamur kuping.Simak juga Cara Menanam Budidaya Daun Bawang Polybag

Mempersiapkan bibit Jamur KupingCara Budidaya Jamur Kuping Kusus Pemula

Bibit dapat dibeli ataupun dibuat sendiri. Biasanya bibit yang ada jual di pasaran adalah jenis bibit F4. Apabila ingin membuat bibit sendiri, maka bisa lakukan hal di bawah ini.

  • Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu 195 kg kentang.
  • Kupas kentang tersebut. Setelah itu barulah kentang dicuci bersih.
  • Setelah dicuci, irislah  kentang setipis mungkin.
  • Rebuslah kentang tersebut dengan satu liter air.
  • Pada saat air telah terkurang setengah, maka kentang bisa diangkat lalu ditiriskan.
  • Saring air bekas rebusan tersebut kemudian rebus kembali air tersebut dengan menambahkan agar-agar.
  • Apabila air telah tersebut telah matang, dinginkan sampai benar-benar dingin.
  • Masukkan cairan di dalam tabung reaksi.
  • Tabung ditutup dengan menggunakan kapas.
  • Lapisi tabung dengan
  • Menggunakan alumunium foil.
  • Ikat dengan menggunakan tali.
  • Setelah itu masukkan ke dalam autoklaf.
  • Tabung dapat dikeluarkan setelah berumur satu bulan.

Tahap demi tahap Budidaya Jamur KupingCara Budidaya Jamur Kuping Kusus Pemula

Setelah dikeluarkan dari tabung reaksi, tahap selanjutnya adalah memelihara tanaman jamur kuping. Tanaman jamur kuping dapat dibudidayakan di dalam rumah kumbung atau tempat pembudidayaan jamur kuping.

Advertisements

Jamur kuping merupakan salah satu jenis jamur yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Mengkonsumsi jamur kuping memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh kita.simak juga Cara Menanam Bawang Putih Pot Polybag

Salah satu manfaat ketika kita mengkonsumsi jamur kuping adalah untuk menambah daya tahan tubuh. Saat ini telah banyak orang yang membudidayakan jamur kuping. Jamur kuping juga bisa dibudidayakan di lahan yang tidak begitu luas.

Membudidayakan jamur kuping ada tahapan-tahapannya. Apa-apa saja tahapan membudidayakan jamur kuping? Tahapan-tahapan membudidayakan jamur kuping adalah sebagai berikut.

Media tanam jamur Kuping

Sebelum tanaman jamur kuping dibudidayakan, terlebih dahulu kita harus mempersiapkan media tanam. Media tanam sangat berguna bagi penanaman jamur kuping. Apa-apa saja media tanam yang dibutuhkan untuk menanam tanaman jamur kuping?Cara Budidaya Jamur Kuping Kusus Pemula

Media tanam yang dibutuhkan seperti bekatul dengan 10%, gergaji kayu engan 70%, kapur CaCO3 dengan 2%, dan yang terakhir adalah air dengan kebutuhan yang secukupunya.

Setelah mempersiapkan media tanam, selanjutnya media tanam dicampur di atas lantai yang bersih. Campur dengan menggunakan air. Media tanam dapat dipakai apabila ketika dikepal tidak berserakan lagi.baca juga Cara Menanam Buncis Dalam Pot Polybag

Tahap fermentasi media tanam jamur kuping

Fermentasi media tanam dapat dilakukan selama 4  hari. Setiap dua hari sekali, media tanam diaduk. Hal ini dilakukan supaya suhu menjadi merata keseluruh media tanam dan pelapukan menjadi merata keseluruh media tanam. Ketika memfermentasikan media tanam suhu meningkat hingga 68 derajat celcius.

Tahap membuat baglog jamur Kuping

Baglog dapat dibuat dengan menggunakan kantong plastik yang memiliki ukuran panjang 28 cm, lebar 19 cm, dan tinggi 19 cm. Media tanam yang sudah siap untuk dipakai dipindahkan ke dalam kantong plastik yang telah disiapkan terlebih dahulu.

Padatkan media tanam sehingga menyerupai baglog. Di bagian ujung baglog diberi ring dan mulut botol di tutup dengan menggunakan kapas. Pada bagian mulut baglog ditutup dengan menggunakan plastik.

Tahap sterilisasi baglog jamur kuping

Tahap sterilisasi bertujuan supaya bakteri mikroba liar yang ada dibaglog terbunuh semua. Dengan begitu, bibit jamur kuping akan terbebas ari bakteri mikroba liar.baca juga Pengendalian Hama Penyakit Pada Buncis

Tahap sterilisasi ini perlu dilakukan. Caranya adalah dengan mengukus baglog dengan suhu 100-110 derajat celcius. Tahap sterilisasi ini dilakukan selama 7 jam.

Tahap inokulasi

Tahap inokulasi merupakan tahap dimana mendiamkan baglog yang telah disterilisasi ke dalam ruangan yang dinamakan ruang inokulasi.panen jamur kuping

Aturlah suhu di dalam ruang inokulasi. Suhu yang dianjurkan adalah suhu normal. Apabila ruang inokulasi dipakai, maka ruang inokulasi haruslah steril dan sirkulasi udara harus berjalan dengan baik.

Tahap inkubasi

Tahap inkubasi dapat dilakukan setelah melakukan tahap inokulasi. Sebelum digunakan, ruang inkubasi harus diatur terlebih dahulu. Contohnya seperti mengatur suhu, kelembapan, dan pencahayaan lampu.

Suhu yang dianjurkan adalah 29-34 derajat celcius. Untuk kelembapan yang dianjurkan adalah 88%. Dan untuk pencahayaan lampu yang dianjurkan adalah 59 watt.

Pemeliharaan Jamur Kuping dalam rumah kumbung

Setelah melakukan beberapa tahap, selanjutnya baglog dapat dipindahkan ke dalam rumah kumbung. Pemeliharaan jamur kuping harus selalu dilakukan hingga proses pemanenan dilakukan.demikian cara budidaya jamur kuping kusus pemula semoga bisa berguna dan membantu.Baca Juga Pencegahan Hama Penyakit Cabai Rawit

Advertisements
Cara Budidaya Jamur Kuping Kusus Pemula | Penulis | 4.5