Cara Budidaya Menanam Daun Katuk Paling Mudah

Cara Budidaya Menanam Daun Katuk Paling Mudah – Katuk merupakan salah satu jenis tanaman yang dimanfaatkan sebagai bahan masakan, contohnya saja seperti sayuran. Ya, katuk dimanfaatkan beberapa orang untuk ibuat masakan.

Terutama pada bagian daunnya. Selain rasanya yang tentunya enak, daun katuk juga memiliki berbagai macam zat gizi. Oleh karena itulah banyak yang memanfaatkannya sebagai olahan masakan.

Advertisements

Para petani banyak yang membudidayakan tanaman katuk ini. Namun demikian, membudidayakan tanaman katuk bukanlah pekerjaan yang akan menghasilkan nilai ekonomi yang banyak.

Jika Anda ingin membudidayakan tanaman katuk ini dan Anda tidak ingin meninggalkan pekerjaan utama Anda, boleh-boleh saja. Karena tanaman katuk merupakan tanaman yang dapat menjadi pekerjaan sampingan.Cara Budidaya Menanam Daun Katuk Paling Mudah

Bagaimana cara membudidayakan tanaman katuk ini? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari simak penjelasan di bawah ini.

Cara Budidaya Menanam Daun Katuk Paling Mudah

Tanaman katuk dapat tumbuh di daerah manapun. Baik itu daerah dataran tinggi maupun daerah dataran rendah. Selain itu, tanaman katuk dapat hidup di tempat yang teduh. Ketika membudidayakan katuk, usahakan suhu dan kelembapan harus stabil.

Tanaman katuk dapat tumbuh di daerah yang bersuhu 22-31 derajat celcius. Sedangkan kelembapannya, tanaman katuk dapat hidup di daerah yang berkelembapan 60-70%.

Menyiapkan lahan

Sebelum membudidayakan tanaman katuk, persiapkan terlebih dahulu lahannya. Petani katuk biasanya banyak menggunakan sistem bedengan ketika membudidayakan katuk ini.

Advertisements

Apabila lahan atau tanah tempat pembudidayaan katuk belum gembur, maka gemburkan dengan menggunakan cangkul. Setelah digemburkan barulah lahan dibuat bedengan.Simak juga Cara Menanam Budidaya Paria Atau Pare

Bedengan yang baik adalah yang berukuran tinggi 28 cm dan lebarnya 90-115 cm. Jarak antara bedengan satu dengan bedengan lainnya adalah35 cm.

Sedangkan panjang bedengan adalah 10 m atau bisa dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Setelah bedengan selesai dibuat, selanjutnya taburkan pupuk kandang. Dan lahan siap untuk dijadikan sebagai tempat pembudidayaan katuk.

Penanaman daun katuk

Penanaman tanaman katuk bukanlah melalui  perbanyakan benih melainkan melalui stek batang.  Cara menanam tanaman katuk adalah sebagai berikut.

  • Siapkan terlebih dahulu 300.000 stek dalam satu hektar lahan.
  • Setelah itu, tancapkan pula stek katuk di dalam lubang tanam.
  • Tancapkan secara tegak dengan kedalaman 6 cm.
  • Siramlah tanah tersebut hingga media tanah menjadi lembap.
  • Pupuklah media penanaman tersebut sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Penanaman selesai dilakukan.

Pemeliharaan tanaman katuk harian

Tanaman katuk termasuk tanaman yang butuh dipelihara agar dapat tumbuh dengan baik. Salah satu pemeliharaan yang harus rutin dilakukan adalah penyiraman dan penyiangan. Untuk penyiraman sendiri dapat dilakukan setiap seminggu sekali.

Penyiraman harus dilakukan secara rutin dan dijadwalkan. Namun, sesuaikan juga dengan kondisi cuaca saat pembudidayaan berlangsung.

Jika pada musim kemarau, penyiraman dapat ditingkatkan lagi sedangkan pada musim penghujan, penyiraman dapat dikurangi. Dan untuk penyiangan sendiri dapat dilakukan setiap bulannya. Penyiangan dilakukan agar tanaman yang terserang gulma dapat segera dibuang dan diganti dengan tanaman lainnya.demikian baca juga Cara Menanam Budidaya Timun Kusus Pemula

Advertisements
Cara Budidaya Menanam Daun Katuk Paling Mudah | Penulis | 4.5