Cara Budidaya Menanam Kacang Panjang Pemula

Cara Budidaya Menanam Kacang Panjang Pemula – Tanaman sayuran Kacang panjang merupakan salah satu sumber protein nabati. Banyak orang yang mengkonsumsi kacang panjang karena dianggap banyak mengandung protein nabati dan juga dapat menyehatkan badan.

Menanam dan budidaya Kacang panjang dapat tumbuh di daerah dataran rendah yaitu pada ketinggian kurang lebih 0 – 180 meter di atas permukaan laut. Tidak sedikit pula petani Indonesia yang membudidayakan tanaman yang banyak mengandung protein nabati.

Advertisements

Bagaimana cara membudidayakan tanaman kacang panjang ini? Cara membudidayakan tanaman kacang panjang yang satu ini adalah sebagai berikut.Cara Budidaya Menanam Kacang Panjang Pemula

Cara Budidaya Menanam Kacang Panjang Pemula

Sebelum membudidayakan tanaman kacang panjang, sebaiknya ketahui terlebih dahulu syarat tumbuh bagi tanaman yang satu ini. Tanaman kacang panjang merupakan tanaman yang mampu hidup di daerah mana saja termasuk daerah dataran rendah.

Yang paling terpenting adalah daerah tersebut memiliki suhu dan keasaman tanah yang sesuai bagi pertumbuhan tanaman kacang panjang ini.

Kacang panjang mampu hidup di daerah yang bersuhu kira-kira 19 – 31 derajat celcius. Sedangkan keasaman tanah yang cocok bagi pertumbuhan kacang panjang adalah 5 – 6.

Untuk mendapatkan kacang panjang yang baik, maka perhatikan terlebih dahulu syarat tumbuh bagi tanaman kacang panjang sebelum membudidayakannya.Simak Juga Cara Menanam Budidaya Timun Kusus Pemula

Memilih benih Kacang panjang

Benih yang baik adalah benih yang asli berasal dari Indonesia. Baik itu berasal dari bogor maupun berasal dari daerah-daerah lainnya. Namun, varietas benih yang paling baik adalah yang berasal dari daerah Bogor dan daerah Bekasi.

Untuk kebutuhan benih sendiri dapat disesuasaikan seberapa luas daerah yang digunakan sebagai pembudidayaan tanaman kacang panjang.

Advertisements

Penyiapan lahan untuk menanam kacang panjang

Sebelum membudidayakan tanaman kacang panjang, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu lahannya. Lahan yang cocok digunakan untuk membudidayakan tanaman kacang panjang adalah yang tanahnya gembur.

Jika memungkinkan, gunakanlah lahan bekas menanam kacang tanah atau lahan bekas menanam paprika. Lahan tersebut sangat cocok jika digunakan untuk pembudidayaan tanaman kacang panjang.

Sebelum digunakan untuk pembudidayaan, sebaiknya lahan tersebut harus diolah. Cara pengolahannya adalah sebagai berikut.Baca Juga Cara Budidaya Menanam Daun Katuk Paling Mudah

  • Gemburkan tanah dengan menggunakan alat seperti cangkul atau alat lainnya hingga benar-benar gembur.
  • Buatlah bedengan dengan lebar 130-140 cm.
  • Buat lubang tanam dengan kedalaman 4 cm.
  • Dalam satu bedengan sebaiknya hanya memuat dua barisan saja.

Lahan telah siap dipakai untuk pembudidayaan tanaman kacang panjang.

Tahap penanaman kacang panjang 

Penanaman kacang panjang bisa dilakukan secara langsung tanpa harus melewati proses penyemaian terlebih dahulu. Setelah lahan dipersiapkan, selanjutnya lakukanlah penanaman kacang panjang sesegera mungkin. Cara menanam kacang panjang adalah sebagai berikut.

  • Masukkan benih di dalam lubang yang telah dibuat sebelumnya.
  • Masukkan benih sekitar 4 biji benih.
  • Alasan mengapa banyak benih yang dimasukkan ke dalam lubang adalah supaya pada saat bibit telah tumbuh, ada salah satu bibit yang sehat dan layak untuk dibudidayakan. Sedangkan bibit yang tidak sehat bisa dibuang.
  • Setelah itu, tutup kembali benih yang telah dimasukkan ke dalam lubang dengan menggunakan media tanam.
  • Siram tanaman yang baru saja ditanam tersebut.
  • Rawatlah tanaman secara rutin hingga waktu pemanenan tiba.

Demikian beberapa tahapan menanam serta budidaya tanaman kacang panjang baik di lahan terbuka,polybag dan hidroponik.semoga berguna dan baca juga Menanam Dan Budidaya Buncis Di Pekarangan

Advertisements
Cara Budidaya Menanam Kacang Panjang Pemula | Penulis | 4.5