Cara Membuat instalasi Hidroponik Sederhana

Cara membuat instalasi hidroponik sederhana – Membuat instalasi merupakan hal yang tidak sulit jika Anda memahami caranya. Dengan memahaminya, Anda akan mengetahui cara membuat instalasi dengan mudah. Lantas, apa-apa saja bahan dan cara membuat instalasi?

Bahan dan cara membuat instalasi adalah sebagai berikut: Penutup talang air, selang plastik yang berukuran 6 mm, talang air, tutup talang, pipa berukuran 3 inci, pompa air yang sering digunakan pada akuarium, atap plastik, bak penampung, knee T yang berukuran 0,7 inci, serata dop yang berukuran 0,7 inci.Cara Membuat instalasi Hidroponik Sederhana

Bagaimana cara membuat tempat menanam? Cara membuat tempat tanaman adalah sebagai berikut:

Advertisements
  • Siapkanlah tutup talang.

  • Siapkan pula talang air yang telah dipotong dengan ukuran dua setengah meter berjumlah 6 buah.

  • Setelah itu, tutup talang tadi dibuat menjadi berlubang sebanyak tiga buah terlebih dahulu.

  • Lubang hanya dibuat sebanyak tiga buah terlebih dahulu berguna untuk pemasangan selang plastik.

  • Kegunaan dari selang plastik adalah untuk mengalirkan air pupuk dari tempatnya ke tanaman hidroponik portabel. Dengan begitu, Anda tidak perlu menyiram tanaman setiap harinya menggunakan air pupuk lagi karena sudah dialiri air pupuk.

    Advertisements
  • Sisi satu dari lubang talang air digunakan untuk pemasangan selang air dan disisi lubang talang air satu lagi digunakan untuk mengeluarkan air bekas air pupuk ke dalam bak penampungan khusus untuk menampung bekas air pupuk. Oleh karena itu, sisi talang air yang digunakan untuk menampung bekas air pupuk jangan ditutup. Hal ini dilakukan supaya air pupuk dapat mengalir dengan baik dan tidak tersumbat.

Membuat Tutup Talang Hidroponik rumahan

Jika tadi telah dibahas tentang cara membuat tempat tanaman, kini yang akan dibahas adalah cara membuat tutup talang air. Lantas, bagaiamana cara membuat tutup talang air? Membuat talang air memang tidak mudah, namun jika Anda mengerti maka semuanya akan menjadi mudah.

Membuat tututp talamg air antara untuk proses pembibitan, peremajaan, dan dewasa itu berbeda-beda. Dimana letak bedanya itu/ Untuk itulah mari simak cara membuat tutup talang air yang benar.

  • Buatlah lubang pada bagian tutup talang. Antara lubang satu dengan lubang lainnya dibuat jarak kurang lebih 22 cm. Ukuran tersebut merupakan ukuran yang paling ideal dan tidak mengganggu jika tanaman sudah besar nantinya karena mengingat temapt ini digunakan sampai tanaman dewasa.
  • Untuk tutup talang air yang digunakan untuk tanaman yang masih pembibitan, maka lubang bisa dibuat dengan jarak kurang lebih antara lubangnya adalah 12 cm. Dan dihitung secara keseluruhan jumlah lubangnya adalah 12 cm.
  • Untuk tutup talang air yang digunakan untuk tanaman yang sudah remaja, maka jarak antar lubangnya adalah 12 cm juga. Berarti dihitung secara keseluruhan jumlah lubangnya adalah 22 lubang.

Apabila dihitung-hitung, jumlah seluruh lubang yang bisa Anda buat adalah untuk 65 buah tanaman. Pembibitan sebanyak 32 buah, peremajaan sebanyak 32 buah, serta tanaman dewasa sekitar 31 buah.

Advertisements
Cara Membuat instalasi Hidroponik Sederhana | Penulis | 4.5