Cara Membudidayakan Anggrek Phalaenopsis

Cara Membudidayakan Anggrek Phalaenopsis – Membuidayakan atau menanam anggrek phalaenopsis memerlukan beberapa syarat. Syarat tersebut harus dipenuhi supaya perkembangan phlaneopsis tetap terjaga dan tumbuh dengan baik. Apa-apa saja syarat tersebut? Syaratnya adalah sebagai berikut:

Rumah tanaman merupakan suatu ruangan yang perlu dipersiapkan untuk memelihara phalaenopsis. Kegunaan dari rumah tanaman adalah sebagai tempat tanaman untuk tumbuh dan berkembang hingga akhirnya tanaman tersebut siap untuk dipasarkan atau sampai tanaman tersebut mati.

Advertisements

Karena digunakan sebagai tempat bagi phalaenopsis, jadi usahakan tempat tersebut dibuat senyaman mungkin supaya phalaneopsis dapat tumbuh. Cara membuat tempat senyaman mungkin adalah dengan memperhatikan bahan bangunan dan memperhatikan di mana rumah tanaman tersebut bisa dibangun.Cara Membudidayakan Anggrek Phalaenopsis

Cara Membudidayakan Anggrek Phalaenopsis

Memperhatikan bahan bangunan, memperhatikan tempat yang bagus untuk tanaman, dan memperhatikan biaya merupakan hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum memulai membudidayakan phalaenopsis. Jika tidak dipertimbangkan terlebih dahulu maka tanaman tidak bisa tumbuh dengan baik.

Biasanya, para penghobis yang membudidayakan phalaneopsis menggunakan rumah tanaman dengan berbahan plastik atau sering disebut sebagai green house. Green house dipilih karena biaya yang dikeluarkan tidak lah mahal. Selain itu, juga sesuai dengan kondisi dari tanaman misalnya seperti suhu dan kelembapan. Oleh karena itu, penggunaan green house sangat dianjurkan untuk membudidayakan phalaenopsis.

Advertisements

Memilih wadah

Wadah sangat berguna untuk meletakkan tanaman supaya dapat tumbuh. Tanpa adanya wadah maka tanaman tidak bisa tumbuh karena tidak ada tumpangan untuk tumbuh. Wadah yang bisa digunakan untuk membudidayakan phalaenopsis seperti pot plastik atau pun pot tanah liat.

Selain itu, wadah lainnya yang bisa digunakan seperti lempengan papan pakis, tempurung kelapa, pot kayu, dan pot keramik. Yang paling sering digunakan oleh para penghobis adalah pot plastik dan tempurung kelapa.

Untuk tempurung kelapa sendiri memiliki nilai keunikannya tersendiri, jadi para penghobis memilih tempurung kelapa karena keunikan disamping itu karena sistem drainasenya yang bagus juga.

Media tanam

Media tanam yang digunakan untuk phalaenopsis kini telah ada di jual di pasar tanaman. Ketika memilih media tanam, pilihlah media tanam yang baik dan bisa dipakai. Hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih media tanam adalah harganya yang murah, mudah didapatkan, mudah diolah, dapat dipakai dalam jangka waktu lama.

Sangat disarankan untuk memilih media tanam yang baik sebab media tanam merupakan tempat untuk menyimpan hara dan juga air. Sehingga apabila media tanam yang dipakai itu tidak sesuai, maka media tanam tidak bisa menyimpan hara dan juga air dengan baik pula.

Pemupukan

Proses pemupukan perlu dilakukan secara rutin. Phalaenopsis merupakan salah satu tanaman yang memerlukan pupuk untuk kelangsungan hidupnya. Fungsi dari pupuk sendiri adalah memberikan pertumbuhan yang pesat bagi suatu tanaman seperti phalaenopsis.

Pemupukan bisa dilakukan namun jangan terlalu berlebihan karena dapat merusak lingkungan sekitar.nah itulah beberapa teknik serta metode sebelum memulai budidaya jenis anggrek phalaenopsis ini.demikian Cara Membudidayakan Anggrek Phalaenopsis semoga berguna dan bermanfaat..salam..

Advertisements
Cara Membudidayakan Anggrek Phalaenopsis | Penulis | 4.5