Cara Menanam Bibit Anggrek Kusus Pemula

Cara Menanam Bibit Anggrek Kusus Pemula – Anggrek merupakan tanaman hias yang dapat dibudidayakan dengan cara memperbanyaknya. Membudidayakan atau menanam anggrek bukanlah perkara yang sulit.

Namun, jika tidak dilakukan dengan teliti dan benar-benar, maka jadinya pembudidayaan atau penanaman terkesan sulit. Padahal sebenarnya menanam anggrek ini mudah (bagi mereka yang benar-benar teliti).

Ketika ingin menanam tanaman anggrek, yang paling utama diperhatikan adalah memilih bibit anggrek. Bibit yang baik akan menciptakan anggrek yang baik pula. Bibit yang berkualitas tersebut bisa didapatkan di tempat penjualan tanaman anggrek atau di tempat para penghobi tanaman anggrek. Cara Menanam Bibit Anggrek Kusus Pemula

Advertisements

Sebenarnya yang paling efektif membeli atau mendapatkan bibit yang berkualitas adalah di tempat para penghobi tanaman anggrek.

Mengapa harus di tempat para penghobi tanaman anggrek ketika ingin mendapatkan bibit yang berkualitas? Hal tersebut dikarenakan jika Anda membeli bibit tanaman anggrek langsung di tempat para penghobi anggrek, maka Anda bisa langsung bertanya dari mana asal bibit tersebut dan apakah bibit tersebut berkualitas atau tidak pada pemiliknya.

Baca Juga: Media Tumbuh Dan Tanam Untuk Anggrek

Cara Menanam Bibit Anggrek Kusus Pemula

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan tanaman anggrek sesuai dengan keinginan Anda tanpa harus khawatir bagaimana nasib tanaman anggrek Anda kedepannya.

Selain bibit tanaman anggrek, hal yang perlu dipersiapkan adalah seperti media tanam, pot, dan bahan lainnya yang memenuhi untuk menanam tanaman anggrek.

Advertisements

Secara umum, anggrek dapat ditanam di pot maupun di pohon-pohon. Kedua-dua nya sudah digunakan oleh para penghobi. Lantas, yang manakah yang ingin Anda pakai untuk menanam anggrek? Apakah di pohon atau di pohon? Tentukanlah mulai dari sekarang.

  • Menanam anggrek di pot

Pot merupakan media ynag dapat digunakan untuk menanam anggrek. Untuk anggrek berukuran mini, maka bisa digunakan pot yang berukuran mini pula. Dan jika anggrek tersebut berukuraun besar,  maka pot yang dipakai juga berukuran besar.

Peralatan yang dibutuhkan untuk menanam anggrek di pot adalah pot. Batu yang sudah dipecah-pecah. Arang. Kawat penyangga. Bibit. Dan media tanam. Cara menanamnya adalah sebagai berikut:

  1. Letakkan pecahan batu bata ke dalam pot. Pecahan batu ini digunakan sebagai dasar pot.
  2. Setelah itu masukkan pula arang.
  3. Masukkan pula media tanam yang telah dipersiapkan.
  4. Setelah itu tanam bibit anggrek yang telah dipersiapkan.
  5. Letakkan kawat penyangga yang berguna sebagai penompang batang supaya tetap berdiri tegak.
  6. Yang terakhir tutupi akar dengan pecahan batu-batu tadi. Tetapi jangan sampai tertutup semua.
  • Menanam anggrek di pohon

Cara menanam tanaman anggrek pada pohon adalah sebagai berikut:

  1. Carilah tanaman pakis yang tumbuh di batang pohon.
  2. Setelah itu, tempelkan tanaman anggrek pada lempengan pakis tersebut.
  3. Supaya tanaman anggrek bagian bawah tertutupi, letakkan sabut kelapa.
  4. Agar sabut kelapa ini bisa merekatkan dengan tanaman anggrek, ikat pula menggunakan tali rafia.
  5. Ikatlah sekencangnya agar antara tanaman anggrek dapat tumbuh dan tegak dengan indah.

Baca juga: Memilih Bibit Tanaman Anggrek Sehat

Cara di atas langsung bisa untuk di praktekkan kusus anda sebagai pemula yang memang mengalami kesulitan untuk menanam tanaman hias jenis anggrek ini.demikian Cara Menanam Bibit Anggrek Kusus Pemula semoga berguna…salam..

Advertisements
Cara Menanam Bibit Anggrek Kusus Pemula | Penulis | 4.5