Cara Menanam Bibit Anggrek Terestrial Tanah

Cara Menanam Bibit Anggrek Terestrial Tanah – Setiap anggrek pasti berbeda-beda jenisnya. Salah satu jenis anggrek adalah anggrek terestrial. Apa itu anggrek terestrial? Anggrek terestrial adalah anggrek yang tumbuh diatas permukaan tanah.

Apa bedanya anggrek terestrial dengan anggrek-anggrek lainnya? Sebenarnya tidak ada bedanya. Namun, mungkin jika anggrek terestrial tumbuh diatas permukaan, ada juga anggrek yang tumbuh di media lain.

Apa contoh media lain yang dipakai untuk menanam anggrek? Contoh media lain yang dipakai untuk menanam anggrek adalah seperti media tumbuhan lain seperti pakis dan pohon-pohon lainnya. Anggrek jenis ini disebut anggrek jenis Epifit.Cara Menanam Bibit Anggrek Terestrial Tanah

Advertisements

Dan ada juga anggrek yang tumbuh disemak-semak belukar yang mengandung banyak tanah humusnya. Anggrek yang seperti ini disebut anggrek jenis Saprofit.

Lantas, apa saja contoh anggrek jenis Epifit dan jenis Saprofit? Untuk anggrek jenis Epifit sendiri contohnya anggrek Vana tricolor, Vanda Sumatrana, dan Vanda coerulea. Dan untuk anggrek jenis Saprofit contohnya seperti anggrek Vana berdaun lebar, Vanda medame rattana.

Cara Menanam Bibit Anggrek Terestrial Tanah

Jika di atas kita sudah membahas mengenai dua jenis lainnya, kini kita akan kembali membahas mengenai anggrek terestrial kembali. Lantas, apa saja contoh dari anggrek jenis terestrial ini?

Baca Juga: Memilih Bibit Tanaman Anggrek Sehat

Contoh dari anggrek terestrial adalah anggrek Aranthera, Vanda teret, Arachnis dan Renanthera. Sebenarnya masih banyak lagi jenis anggrek terestrial. Namun disini kita hanya akan membahas beberapa saja.

Advertisements

Menanam anggrek terestrial itu bukanlah hal yang sulit. Biasanya, anggrek jenis terestrial ini ditanam di bendengan maupun di pot. Dan cara menanamnya pun tidak sama. Lantas, bagaimana cara menanam anggrek di bedengan maupun di pot? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari simak penjelasan di bawah ini.

Menanam anggrek di bedengan

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Hal yang pertama dilakukan adalah membuat bedengan. Cara membuat bedengan adalah dengan membuat tepian bedeng dengan menggunakan batu bata.
  2. Tujuan pembuatan bedengan ini adalah agar media tumbuh tiak keluar.
  3. Setelah itu, masukkan bagian dasar bedengan dengan menggunakan pecahan batu. Setelah itu masukkan serutan kayu, dan bagian atasnyanya lagi kompos. Dan bagian paling teratas adalah NPK.
  4. Letakkan pula tiang penyangga. Tujuan peletakkan tiang penyangga adalah supaya anggrek tidak tumbuh secara liar. Mengingat, tanaman anggrek ini tumbuh secara monopoli.
  5. Langkah yang terakhir adalah menanam tanaman anggrek yang telah dipersiapkan terlebih dahulu.

Menanam anggrek di pot

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Letakkan genting sebagai dasarnya. Setelah itu, letakkan pula sabut kelapa di atas genting yang telah dipecahkan tadi.
  2. Setelah itu, masukkan pula tanah ke dalam pot.
  3. Dan tanam tanaman anggrek yang telah dipersiapkan.
  4. Jika anggrek yang akan ditanam hanya satu buah, maka letakkan tanaman tersebut di tengha pot. Namun, jika anggrek yang akan ditanam sebanyak dua buah, maka letakkanlah tanaman di pinggir kanan dan kiri.

Baca juga: Cara Menanam Bibit Anggrek Kusus Pemula

Nah,demikian Cara Menanam Bibit Anggrek Terestrial Tanah siapa tahu saja anda sedang mengalami kesulitan dalam teknik menanam anggrek yang banyak kita temui tumbuh liar di tanah..semoga berguna dan bermanfaat..salam..

Advertisements
Cara Menanam Bibit Anggrek Terestrial Tanah | Penulis | 4.5