Cara Menanam Bibit Tomat Dalam Pot Polybag

Cara Menanam Bibit tomat Dalam Pot Polybag –  Setelah bibit melewati proses penyemaian, tahap selanjutnya adalah menanam benih di dalam pot. Pot yang digunakan ini adalah pot yang bersifat permanen.

Hal ini disebabkan bibit akan dipindahkan ke tempat yang sebenar-benarnya setelah di dalam polibag. Sebelum bibit dipindahkan dari polibag ke dalam pot, sebaiknya bibit diseleksi terlebih dahulu.

Advertisements

Bibit yang dinilai baik baru bisa dipindahkan ke dalam pot. Lantas, bagaimana ciri-ciri bibit yang baik dan bisa dipindahkan ke dalam pot? Ciri-ciri bibit yang baik adalah daunnya yang berwarna hijau tetapi hijau yang cerah bukan yang tidak cerah.cara menanam bibit tomat

Selain itu, perhatikan juga hama penyakit yang terdapat pada bibit. Apabila bibit tersebut terserang hama penyakit, maka sebaiknya jangan diambil, sebab nantinya juga tidak akan bisa hidup lama di dalam pot.

Ketika bibt tidak mempunyai tanda-tanda terkena hama penyakit, maka dengan sendirinya bibit tersebut akan beradaptasi dengan lingkungan barunya yaitu di dalam pot.

Cara Menanam Bibit tomat Dalam Pot Polybag

Sebelum benih mulai ditanam di dalam pot, hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu adalah pot, benih dan media tanam. Setelah itu barulah benih siap untuk ditanam ke dalam pot.

Penanaman benih ke dalam pot permanen harus dilakukan dengan baik dan benar. Penanaman benih akan membawa pengaruh tanaman kedepannya.

Apabila penanaman benih dilakukan dengan benar maka nantinya benih akan tumbuh dengan benar. Begitu pula sebaliknya, apabila penanaman benih dilakukan dengan tidak benar maka nantinya benih akan tumbuh dengan tidak benar pula.

Advertisements

Lantas, bagaimana cara menanam benih yang benar? Cara menanam benih yang benar adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang perlu disediakan untuk memenuhi penanaman benih. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah pot, bata merah yang dipecah-pecah menjadi bagian kecil, genting yang dipecah-pecah menjadi bagian yang kecil, dan media tanam (pasir, tanah, pupuk).
  • Setelah itu, barulah dimasukkan genting dan batu bata yang telah dipecah-pecah sebelumnya. Genting dan batu bata yang telah dipecah-pecah ini digunakan untuk saluran drainase untuk bibit.
  • Selepas itu, barulah media tanam (pupuk, tanah, dan pasir dicampur menjadi satu dengan perbandingan satu bandingan satu) bisa dimasukkan ke dalam pot yang telah diisi pecahan genting dan batu bata. Masukkan media tanam ke dalam pot sampai setengah dari pot.
  • Pot yang telah diisi oleh media tanam tersebut kemudian diletakkan di ruangan yang bisa mendapatkan matahari pagi.
  • Peletakkan media tanam ini bisa dilakukan sampai dengan tujuh hari.
  • Ketika media tanam sedang dijemur di rungan yang mendapatkan sinar matahari pagi, selanjutnya kita memilih bibit untuk ditanam pada pot.
  • Bibit yang baik yang bisa dipilih adalah sehat dan terhindar dari penyakit. Setelah itu, robek pula polibag yang berisi bibit dengan menggunakan pisau secara perlahan.
  • Barulah bibit bisa dimasukkan ke dalam pot yang telah dijemur sebelumnya. Penanaman bibit ke dalam pot harus bersama dengan tanah dan perakaran yang berasal dari bibit polibag.
  • Masukkan pula media tanam ke dalam pot yang telah berisi bibit hingga padat.
  • Letakkan media tanam pada ruangan yang terbuka dan kemudian disiram.

Jika di lakukan secara benar,maka bibit tomat yang telah di tanam akan mampu hidup dengan sempurna.demikian tulisan mengenai Cara Menanam Bibit tomat Dalam Pot Polybag semoga bisa berguna..salam,

Advertisements
Cara Menanam Bibit Tomat Dalam Pot Polybag | Penulis | 4.5