Cara Menanam Budidaya Oyong,Gambas Pemula

Cara Menanam Budidaya Oyong,Gambas Pemula – tanaman sayuran Oyong atau yang biasa di sebut dengan gambas merupakan salah satu jenis sayuran yang telah dipakai sebagai pelengkap makanan orang Indonesia setiap harinya.

Oyong dikenal dengan berbagai sebutan. Oyong juga dikenal dengan sebutan gambas. Di daerah palembang, oyong dikenal dengan sebutan timput. Sedangkan di daerah jawa barat, oyong dikenal dengan sebutan kimput atau emes. Dan di luar Indonesia, oyong dikenal dengan sebutan Luffa acutangula.

Advertisements

Walaupun tanaman atau sayuran oyong telah banyak digunakan di Indonesia, namun oyong bukan lah tanaman atau sayuran yang berasal dari Indonesia. Dari mana oyong berasal? Oyong berasal dari India. Setelah itu, barulah pedagang yang ada di India membawa oyong keberbagai negara yang ada di asia termasuk Indonesia.Cara Menanam Budidaya Oyong,Gambas Pemula

Cara Menanam Budidaya Oyong,Gambas Pemula

Oyong atau gambas merupakan tanaman yang dapat ditanam di pekarangan rumah. Mudahnya cara membudidayakan tanaman ini membuat siapa saja bisa membudidayakannya dimana pun. Lantas, bagaimana cara membudidayakan tanaman oyong ini dilahan kosong seperti pekarangan rumah? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari kita simak penjelasan di bawah ini.Simak Juga Cara Budidaya Dan Menanam Sayur Petsai

Persyaratan tumbuh

Tanaman oyong merupakan tanaman yang hidup semusim. Oyong dapat tumbuh didaerah mana saja, baik itu dataran tinggi maupun dataran rendah. Perlu diketahui bahwa oyong merupakan tanaman yang merambat. Oyong juga dapat hidup pada kelembapan 55% dan suhu yang dianjurkan 20 derajat C.

Tahap penyemaian

Sebelum penyemaian dilakukan, sebaiknya siapkan terlebih dahulu benih oyong. Benih tanaman oyong dapat dibeli maupun diproduksi sendiri. Antara benih yang diproduksi sendiri dengan benih yang dibeli, lebih bagus benih yang dibeli.

Advertisements

Sebab, kualitasnya lebih terjamin. Namun, jika ingin menggunakan benih yang diproduksi sendiri juga tidak masalah. Yang terpenting diproduksi secara benar.Baca Juga Cara Menanam Dan Budidaya Kubis Bunga

Setelah mempersiapakan benih, selanjutnya semai benih tersebut. Benih dapat disemai dilapangan terbuka maupun dipolibag. Jika hanya membudidayakan oyong dalam jumlah yang kecil, maka semaialah di polibag. Cara menyemai benih oyong di polibag adalah sebagai berikut.

  • Siapakan terlebih dahulu media tanam seperti pupuk kandang dan juga tanah.
  • Campur menjadi satu media tanam tersebut dengan perbandingan satu banding satu.
  • Setelah itu, masukkan media tanam tersebut ke dalam polibag dan masukkan pula benih. Tutup benih menggunakan media tanam yang tersisa.
  • Tunggu hingga dua minggu untuk dipindahakan di lapangan terbuka.

Tahap penanaman di lapangan terbuka

Setelah disemai, selanjutnya bibit dapat ditanam di lapangan terbuka. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Setelah berumur dua minggu, selanjutnya bibit siap untuk ditanam di tempat terbuka.
  • Siapkan lah terlebih dahulu lahan untuk penanaman ini.
  • Setelah itu, gemburkan lahan tersebut dengan cara mencangkulnya.
  • Buatlah lubang sesuai dengan kebutuhan.
  • Masukkan bibit yang telah disediakan.
  • Jika bibit masih terbungkus dengan polibag, pisahkan bibit dengan polibag dengan cara polibag dipotong kemudian dikeluarkan bibit beserta media tanamnya.
  • Setelah itu, masukkan bibit beserta media tanamnya ke dalam lubang yang telah disediakan.
  • Tutup lubang tersebut dengan menggunakan media tanam.

Penanaman telah selesai dilakukan, selanjutnya rawatlah oyong dengan benar sehingga hasilnya akan maksimal.demikian tahap demi tahap menanam oyong atau gambas yang bisa anda lakukan.demikian dan baca juga Cara Menanam Dan Budidaya Labu Siam

Advertisements
Cara Menanam Budidaya Oyong,Gambas Pemula | Penulis | 4.5