Cara Menanam Budidaya Paria Atau Pare

Cara Menanam Budidaya Paria Atau Pare – Berbicara mengenai paria atau biasa di sebut Pare, siapa yang tidak mengenal tanaman yang satu ini? Paria atau yang sering disebut dengan pare ini telah dikenal sejak dahulu. Baik itu oleh masyarakat Indonesia maupun masyakarat luar Indonesia.

Perlu Anda ketahui bahwa paria memiliki berbagai macama kandungan zat gizi di dalamnya. Seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, fosfor, protein, tiamin, dan masih banyak lagi.

Advertisements

Paria cocok dibudidayakan di tempat yang berketinggian satu hingga seribu di atas permukaan laut. Tanah yang digunakan untuk membudidayakan paria yang baik adalah seperti tanah berpasir dengan sistem drainase yang baik. Selain itu, paria juga mampu hidup di tanah yang kaya akan kandungan bahan organiknya. Paria mampu hidup di daerah yang memiliki suhu maksimal 26 derajat C.Cara Menanam Budidaya Paria Atau Pare

Cara Menanam Budidaya Paria Atau Pare

Bagaimana cara membudidayakan tanaman paria? Caranya adalah sebagai berikut.

Menyiapakan benih

Benih yang disediakan disesuaikan dengan lebar lahan yang akan Anda pakai untuk membudidayakan paria. Jika Anda membudidayakan paria lebih dari sekedar usaha kecil-kecilan, maka biasanya benih yang dibutuhkan 8 kg per hektarnya.Baca juga Cara Menanam Dan Budidaya Kubis Bunga

Persiapan lahan

Setelah benih dipersiapkan, sekarang giliran lahan untuk membudidayakan paria dipersiapkan. Setelah lahan telah dipersiapkan, selanjutnya buatlah bedengan dengan panjang 2 m. Apabila lahan tempat pembudidayaan paria tidak gembur,

Advertisements

Maka bisa digemburkan dengan menggunakan alat seperti cangkul dan lain sebaiknya. Setelah tanah atau lahan gembur, selanjutnya taburkan pupuk kandang. Banyaknya pupuk kandang yang disebarkan disesuaikan dengan besar lahan yang digunakan untuk membudidayakan paria.

Tahap penanamam

Setelah lahan dipersiapkan dan telah dibuat bedengan, selanjutnya lakukan penanaman paria. Paria dapat ditanam secara langsung atau pun disemai terlebih dahulu.

Jika Anda merupakan orang yang ingin cepat-cepat memanen hasil budidaya paria Anda, maka sebaiknya gunakan tahap penanaman secara langsung. Penanaman secara langsung atau tanpa tahap persemaian sangat cocok digunakan pada saat musim penghujan.simak juga Cara Menanam Dan Budidaya Labu Siam

Cara menanam benih secara langsung itu mudah. Caranya adalah dengan membuat lubang dengan kedalaman 4 cm. Lalu, masukkan beberapa benih di dalam lubang tersebut.

Tutup dengan menggunakan media tanam. Saat usia benih sudah mencapai tujuh hari, maka kecambah akan muncul kepermukaan tanah. Biasanya beberapa minggu kemudian barulah beberapa daun atau bibit bermunculan.

Sekurangnya empat daun yang muncul di permukaan tanah. Setelah itu, cabut beberapa daun dan sisakan satu daun saja. Daun atau bibit yang disisakan tersebut haruslah yang sehat dan harus memenuhi beberapa persyaratan.

Tahap pemeliharaan

Setelah proses penanaman selesai dilakukan, tahap selanjutnya adalah memelihara paria. Paria merupakan tanaman yang perlu dirawat supaya dapat hidup dengan baik.

Perawatannya meliputi penyiraman, pemupukan, pemberian para-para, pemangkasan, dan yang terakhir pengendalian hama maupun penyakit yang menyerang pada tanaman paria.

Selain itu, penyiangan juga perlu dilakukan untuk Anda yang memilih menyemai terlebih dahulu benih dari tanaman paria ini.Demikian sedikit panduan tentang menanam dan cara budidaya tanaman sayur paria atau Pera yang bisa nada lakukan.jangan lupa baca Juga Cara Menanam Budidaya Oyong,Gambas Pemula

Advertisements
Cara Menanam Budidaya Paria Atau Pare | Penulis | 4.5