Cara Menanam Budidaya Seledri Pot Polybag

Cara Menanam Budidaya Seledri Pot Polybag – Seledri memiliki berbagai macam kegunaan. Salah satu kegunaan dari seledri adalah untuk penghias makanan maupun penyedap makanan. Seledri dapat ditanam alam skala kecil maupun dalam skala besar.

Siapapun bisa membudidayakan seledri ini. Baik itu petani maupun masyarakat biasa. Mudahnya dalam pemeliharaan seledri membuat semu orang bisa membudidayakannya.

Advertisements

Bagaimana cara membudidayakan seledri itu? Cara membudidayakan seledri adalah sebagai berikut

Syarat tumbuh bagi seledri adalah sebagai berikutCara Menanam Budidaya Seledri Pot Polybag

Cara Menanam Budidaya Seledri Pot Polybag

  • Suhu yang baik bagi pertumbuhan seledri adalah 17-20 derajat celcius.
  • Tanah yang cocok untuk pembudidayaan haruslah yang berdainase yang baik dan mampu menahan air.
  • pH tanah yang dianjurkan adalah 5,9-6,6.
  • Kebutuhan akan air haruslah terpenuhi.

Memilih lahan dan mengolah lahan seledri

Pilihlah tanah yang gembur dan sistem drainasenya yang baik. Setelah mendapatkan tanah yang sesuai untuk penanaman seledri, selanjutnya olah lah tanah atau lahan tersebut. Cara mengolah tanah atau lahan adalah sebagai berikut.

  • Apabila tanah belum cukup gembur, cangkullah tanah hingga gembur.
  • Setelah gembur, buatlah lubang-lubang dengan jarak antar barisan adalah 60 cm dan dalam barisan adalah 15 cm. Lubang-lubang tersebut digunakan untuk penanaman benih.
  • Apabila tanah tempat pembudidayaan seledri pH nya kurang dari 5, maka perlu dilakukan pengapuran.
  • Pengapuran tanah ini bisa dilakukan jauh sebelum penanaman berlangsung. Tepatnya satu bulan sebelum penanaman berlangsung.Baca Juga Cara Menanam Budidaya Bawang Putih Pemula

Tahap penyemaian dan penanaman seledri

Advertisements

Tahap penyemaian dan penanaman tanaman seledri adalah sebagai berikut.

  • Sebelum ditanam, benih seledri sebaiknya disemai terlebih dahulu.
  • Siapkan terlebih dahulu media persemaian. Media persemaian berupa campuran tanah dan pupuk kandang.
  • Setelah itu, tabur benih di atas permukaan media persemaian.Pertumbuhan kecambah seledri kira-kira saat umurnya telah mencapai satu minggu atau bahkan satu minggu lebih.
  • Media persemaian dapat dipidahkan ke lapangan terbuka saat telah berumur 60 hari atau kira-kira dua bulanan.

Tahap Pemupukan Seledri 

Tanaman seledri merupakan salah satu tanaman yang memerlukan pemupukan agar kebutuhan zt haranya tercukupi. Terlebih lagi tanaman seledri  terkenal sebagai tanaman yang memerlukan zat hara dalam jumlah yang banyak. Untuk memenuhi kebutuhan akan zat hara tersebut, pemupukan adalah salah satu alternatifnya.Simak juga Cara Menanam Budidaya Tomat Pot Polybag

Pupuk yang digunakan untuk memupuki tanaman seledri adalah pupuk kandang dan pupuk NPK. Dengan pemberian pupuk tersebut, tanah tempat pembudidayaan seledri akan menjadi subur dan tidak kekurangan zat hara.

Pemeliharaan harian seledri

Untuk mendapatkan tanaman seledri yang baik dan hasil panennya memuaskan, tanaman seledri haruslah dipelihara dengan baik. Pemeliharaan seledri diantaranya seperti pembersihan gulma, penyiraman, pemupukan, dan pemeliharaan lainnya. Untuk pembersihan gulma dapat dilakukan pada saat gulma sudah banyak bermunculan. Apalagi pada saat pertumbuhan benih sedang pesat-pesatnya.

Sebaiknya gulma langsung dimusnahkan dengan menggunakan tangan saja dan tanpa menggunakan alat. Pemusnahan gulma ini dilakukan bertujuan agar tidak terjadi persaingan antara pertumbuhan gulma dan benih. Bisa saja pertumbuhan benih bisa dikalahkan dengan pertumbuhan gulma.demikian dan baca juga Cara Menanam Budidaya Wortel Kusus Pemula

Advertisements
Cara Menanam Budidaya Seledri Pot Polybag | Penulis | 4.5