Cara Menanam Buncis Dalam Pot Polybag

Cara Menanam Buncis Dalam Pot Polybag – Buncis merupakan tanaman yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Buncis dikenal karena mengandung zat gizi, contohnya seperti protein nabati, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Budidaya menanam buncis telah dilakukan oleh petani di Indonesia. Buncis bukanlah tanaman yang sulit untuk di budidayakan. Karena itulah kini banyak ditemukan para petani di Indonesia yang membudidayakan buncis. Tidak hanya para petani saja yang membudidayakan buncis. Masyarakat pun banyak ditemukan membudidayakan buncis.

Advertisements

Buncis dapat tanam di lahan dengan luas 100 meter persegi. Dengan luas lahan tersebut, nantinya kita akan mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit. Membudidayakan buncis juga bisa menjadi pekerjaan sampingan.

Dengan begitu, kita akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Bagaimanakah cara membudidayakan buncis yang baik? Cara membudidayakan buncis adalah sebagai berikut.Cara Menanam Buncis Dalam Pot Polybag

Cara Menanam Buncis Dalam Pot Polybag

Syarat tumbuh bagi tanaman buncis adalah sebagai berikut.

  • Tanah yang digunakan untuk menanam buncis harus remah dan gebur.
  • pH tanah yang baik adalah antara 5,4-6.
  • Tanaman buncis merupakan tanaman yang tumbuh di daerah dataran tinggi dan dataran rendah. Apabila ditanam di daerah dataran tinggi, maka tanaman buncis bisa ditanam di daerah dengan ketinggian 900-1400 meter diatas permukaan laut. Sedangkan apabila ditanam di daerah dataran rendah, maka tanaman buncis bisa ditanam di daerah dengan ketinggian 250 meter diatas permukaan laut.
  • Curah hujan yang baik per tahunnya adalah 1400-2400 mm.
  • Kelembapan udara yang baik adalah 55%.
  • Sedangkan suhu udara yang baik adalah 21-24 derajat celcius.

Mempersiapkan benih Buncis unggul

Sebelum menanam buncis, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu benih buncis. Benih buncis dapat diproduksi sendiri dengan cara menggambil dari tanaman induk yang sehari dan tingkat produktivitasnya tinggi.

Selain itu, benih juga dapat didapatkan di toko pertanian terdekat. Pilihlah benih yang bersertifikat.

Mengolah lahan Untuk boncis

Sebelum penanaman berlangsung, olah lah lahan tempat penanaman. Pengolahan lahan dapat dilakukan apabila kita sudah menemukan lahan yang cocok untuk menanam buncis. Apabila sudah menemukan lahan yang cocok, selanjutnya olah lah lahan dengan cara seperti di bawah ini.

  • Bersihkan terlebih dahulu lahan dari gulma-gulma yang mengganggu. Apabila gulma tidak dibersihkan maka penanaman buncis akan terhambat.
  • Gemburkan tanah dengan cara dicangkul.
  • Buatlah drainase agar nantinya air dapat mengalir dengan baik dan tidak tersumbat karena sistem drainasenya tidak baik.
  • Buatlah bedengan dengan lebar 28 meter, panjang disesuaikan dengan lahan, dan tinggi 18 cm.
  • Jarak antara bedengan satu dengan bedengan lainnya adalah 65 cm.
  • Lakukan pemupukan dasar dengan cara menaburkan pupuk kandang diseluruh lahan.
  • Campurkan pupuk kandang dengan tanah.

Lahan siap digunakan untuk menanam buncis.Baca juga Cara Menanam Budidaya Daun Bawang Polybag

Penanaman Bibit Boncis

Buncis merupakan tanaman yang tidak melalui proses persemaian tetapi langsung ditanam di lahan. Cara menanam benih buncis adalah sebagai berikut.

  • Buatlah lubang tanam sedalam 4 cm.
  • Jarak antar tanaman adalah 18 cm x 38 cm.
  • Satu lubang tanam dapat dimasukkan kira-kira 4 benih.
  • Tutuplah lubang dengan menggunakan tanah.

Memelihara Harian buncis

Advertisements

Pemeliharaan buncis terbilang cukup sulit. Pemeliharaan yang baik akan membuat hasil penanaman buncis menjadi baik pula. Bagi pula sebaliknya, pemeliharaan yang tidak baik akan membuat hasil penanaman buncis menjadi tidak baik pula.

Pemeliharaan buncis terbagi atas beberapa tahap. Apa-apa saja tahap pemeliharaan buncis? Tahap-tahap pemeliharaan buncis adalah sebagai berikut.Cara Menanam Buncis Dalam Pot Polybag

  • Tahap pemupukan Boncis

Pemupukan merupakan hal penting yang harus diberikan kepada tanaman buncis. Pupuk berguna bagi tanah.

Di dalam tanah ada unsur hara yang berguna supaya tanaman buncis menjadi subur dan berproduksi dengan baik. Tanpa adanya unsur hara maka tanaman buncis menjadi tidak subur dan produktivitasnya menurun.Simak juga Umur Waktu Panen Bawang Daun

Pemupukan awal dilakukan pada saat pengolahan lahan berlangsung. Pemupukan awal dinamakan pemupukan dasar.

Setelah pemupukan awal, pemupukan kedua dapat dilakukan pada saat umur tanaman mencapai 14-21 hari setelah penanaman berlangsung.

Jenis pupuk apa yang digunakan pada saat pemupukan kedua? Pupuk yang diberikan adalah pupuk jenis urea. Pemupukan hanya dilakukan dua kali selama pembudidayaan berlangsung.

Pemupukan dapat dilakukan dengan cara menyebarkan keseluruh tanaman buncis.

  • Tahap penyiraman Dan perawatan lain Buncis

Penyiraman dapat dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Penyiraman dapat dilakukan dengan menggunakan selang air. Pada saat musim penghujan, usahakan sistem drainase diperhatikan.

Jangan sampai air menjadi tergenang karena kebanyakan menerima air pada saat musim penghujan. Sistem drainase yang tidak baik akan membuat air menjadi tergenang. Genangan air akan menyebabkan hama dan penyakit bermunculan.Baca juga Usia Panen Bawang Putih Budidaya

  • Tahap pemangkasan

Pemangkasan dapat dilakukan pada saat tanaman buncis berusia 14-35 hari. Tujuan dari pemangkasan adalah untuk memperbanyak cabang,, mengurangi kelembapan dan membentuk sulur.

  • Tahap pembumbunan dan pemasangan turus

Tanaman buncis merupakan tanaman yang dapat ditanam dengan cara merambat dan dengan cara tegak. Apabila penanaman dilakukan dengan cara tegak maka pembumbunan tanaman perlu dilakuan. Tujuannya adalah untuk meninggikan tanah bedengan.

Bagaimana cara melakuan pembumbunan? Caranya adalah dengan menaikkan tanah pada bagian bawah bedengan ke bagian atas bedengan. Pembumbunan dapat dilakukan pada saat tanaman buncis telah berumur 30 hari.

Apabila penanaman dilakukan dengan cara merambat maka pemasangan turus perlu dilakukan. Pemasangan turus bertujuan agar tanaman mempunyai tempat merambat. Turus yang digunakan bisa berasal dari bambu atau kayu.

Umur waktu panen buncis

Penen merupakan hal yang paling ditunggu oleh para petani buncis. Pasalnya pada saat pemanenan lah petani akan mengetahui bagaimana hasil dari buncis yang telah dipelihara petani tersebut.

Pemanenan dapat dilakukan apabila umur tanaman sudar mencapai 2 bulan setelah penanaman. Ciri-ciri buncis yang siap untuk dipanen adalah sebagai berikut.

  1. Apabila polong dipatah menjadi dua, maka akan terdengar bunyi letupan.
  2. Polong buncis belum ada seratnya.
  3. Kulit buncis masih sedikit kasar.

Cara memanen buncis adalah dengan cara memetik polong tanpa menggunakan alat.Mungkin hanya ini saja tata cara menanam buncis baik dalam pot dan polybag dan di lahan terbuka.semoga bisa membantu.Artikel terkait Cara Menanam Bawang Putih Pot Polybag

Advertisements
Cara Menanam Buncis Dalam Pot Polybag | Penulis | 4.5