Cara Menanam Dan Budidaya Bawang Merah

Cara Menanam Dan Budidaya Bawang Merah – Berbicara mengenai bawang merah, siapa yang tidak mengenal yang namanya bawang merah. Pasti semua orang mengenal yang namanya bawang merah. Bawang merah merupakan tanaman yang banyak digunakan sebagai bahan pelengkap bumbu masakan. Keberadaan bawang merah pasti selalu dicari-cari oleh semua orang terutama ibu rumah tangga.

Karena banyak digunakan oleh masyarakat, membuat bawang merah juga banyak dibudidayakan oleh petani. Terutama petani di Indonesia. Kebutuhan bawang merah harus lah terpenuhi. Dengan cara dibudidayakan oleh petani inilah kebutuhan akan bawang merah dapat terpenuhi dengan baik.

Tidak hanya petani bawang merah saja yang bisa membudidayakan bawang merah ini, masyarakat biasa juga bisa membudidayakan bawang merah ini. Apakah Anda tertarik dengan budidaya bawang merah ini? Jika Anda tertarik dengan budidaya bawang merah ini, marilah simak pejelasan di bawah ini.Cara Menanam Dan Budidaya Bawang Merah

Advertisements

Cara Menanam Dan Budidaya Bawang Merah

Sebelum memulai budidaya bawang merah, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu syarat tumbuh tanaman bawang merah. Syarat tumbuh tanaman bawang merah adalah sebagai berikut.

  • Bawang merah dapat tumbuh di daerah dataran tinggi maupun daerah dataran rendah.
  • Ketinggian yang disarankan untuk membudidayakan bawang merah adalah 0-420 di atas permukaan laut.
  • Tanaman bawang merah mampu tumbuh di daerah yang bersuhu 26-31 derajat celcius dan berkelembapan 55-65%.
  • Tanah yang digunakan haruslah yang gembur dan lembap tapi tidak sampai menggenang tanaman bawang itu sendiri.
  • Waktu penanaman yang baik untuk memulai pembudidayaan bawang merah adalah pada saat awal musim kemarau. Tetapi ketersediaan air harus terpenuhi dan bawang merah tidak kekurangan air.

Pemilihan benih bawang merah

Advertisements

Bawang merah merupakan tanaman yang dapat diperbanyak dengan cara vegetatif maupun generatif. Perbanyakan dengan cara vegetatif dapat menggunakan umbi sebagai benih sedangkan perbanyakan dengan cara vegetatif dapat menggunakan biji sebagai benihnya.simak juga Cara Budidaya Menanam Kacang Panjang Pemula

Dari kedua cara memperbanyak bawang merah, yang paling sering digunakan oleh petani bawang merah adalah perbanyakan dengan cara vegetatif yang menggunakan umbi sebgi benihnya.

Kebutuhan umbi per hektarnya adalah 850 – 1450 kg. Pilihlah umbi yang berkualitas. Sebab, umbi yang digunakan untuk membudidayakan bawang merah sangat menentukan hasil bawang merah nantinya.

Persiapan lahan 

Lahan yang baik adalah lahan bekas penanaman padi. Sebelum lahan digunakan, sebaiknya olah terlebih dahulu lahan tersebut. Pengolahan lahan seperti penggemburan dan pembuatan bedengan.

Penggemburan dapat dilakukan dengan cara mencangkul tanah hingga tanah gembur. Setelah itu barulah bedengan dapat dibuat. Lebar, tinggi, maupun panjang bedengan disesuaikan dengan ketersediaan lahan yang ada.

Penanaman bawang merah

Bibit yang akan ditanam sebaiknya dipotong terlebih dahulu bagian ujungnya. Bagian ujung tanaman dipotong bertujuan untuk mempercepat tumbuhnya tunas baru. Setelah bibit dipotong pada bagian ujungnya, selanjutnya tanamlah bibit pada lahan yang telah dipersiapkan terlebih dahulu.

Sebelum penanaman berlangsung, sebaiknya lahan atau tanah yang digunakan untuk membudidayakan bawang merah ditaburkan pupuk terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar tanah kaya akan unsur hara.Baca Juga Cara Menanam Dan Budidaya Tanaman kapri

Advertisements
Cara Menanam Dan Budidaya Bawang Merah | Penulis | 4.5