Cara Menanam Dan Budidaya Daun Bawang

Cara Menanam Dan Budidaya Daun Bawang – Daun bawang merupakan salah satu tanaman yang keberadaannya selalu dicari-cari. Baik bagi ibu rumah tangga maupun orang biasa. Daun bawang digunakan untuk bahan pelengkap masakan.

Karena banyak yang mencari-cari keberadaan daun bawang ini membuat sebagian petani mulai membudidayakan daun bawang ini. Tidak hanya para petani saja, bahkan orang biasa pun bisa membudidayakan daun bawang di rumahnya sendiri.

Advertisements

Dengan memanfaatkan lahan kosong, kita bisa membudidayakan daun bawang ini. Lantas, bagaimana cara membudidayakan daun bawang? Cara membudidayakan daun bawang adalah sebagai berikut.Cara Menanam Dan Budidaya Daun Bawang

Cara Menanam Dan Budidaya Daun Bawang

Sebelum membudidayakan daun bawang, sebaiknya ketahui terlebih dahulu syarat tumbuh bagi tanaman daun bawang. Syarat tumbuh bagi tanaman daun bawang adalah sebagai berikut.

  • Daun bawang dapat dibudidayakan di daerah mana saja. Baik dataran rendah maupun dataran tinggi. Namun, daun bawang lebih cocok dibudidayakan di daerah dataran tinggi daripada dataran rendah. Namun bukan berarti daerah dataran rendah tidak bisa dimanfaatkan untuk menanam daun bawang ini. Daerah dataran rendah juga cocok digunakan untuk menanam daun bawang, namun anakan daun bawang cenderung lebih sedikit.
  • Daun bawang cocok dibudidayakan di daerah yang memiliki suhu antara 19-24 derajat Celcius. Sedangkan ketinggian daerah yang disarankan adalah 260-1400 di atas permukaan laut.

Pemilihan benih daun bawang

Advertisements

Daun bawang dapat diperbanyak dengan melalui biji maupun dengan melalui tunas. Dari kedua cara memperbanyak daun bawang tersebut, yang paling unggul adalah perbanykan dengan melalui tunas anakan..Baca Juga Cara Menanam Dan Budidaya Tanaman kapri

Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan masa panen daun bawang yang berasal dari tunas anakan lebih sebentr daripada masa panen daun bawang yang berasal dari biji.

Tahap penyemaian dan penanaman

Setelah benih dipilih, selanjutnya kita memasuki tahap penyemaian dan penanaman. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara menyemai tunas anakan maupun biji. Untuk tunas anakan tidak perlu disemai. Tetapi langsung di tanam di lapangan terbuka. Cara menanamnya adalah sebagai berikut.

  • Sebelum disemai, sebaiknya bibit distek terlebih dahulu.
  • Setelah itu barulah bibit dari stek daun dapat lansung di tanam di lapangan terbuka.
  • Sebelum ditanam, sebaiknya kurangi terlebih dahulu pekaran daun bawang. Hal ini bertujuan agar mengurangi penguapan yang dilakukan oleh daun bawang.

Sedangkan untuk perbanyakan melalui biji harus melalui tahap penyemaian terlebih dahulu. Cara menyemainya adalah sebagai berikut.

  • Siapkan terlebih dahulu media tanam. Contohnya seperti tanah yang gembur dan pupuk kandang dengan perbandingan satu berbanding satu.
  • Sebarkan biji dengan rata diseluruh permukaan media tanam.
  • Tutup kembali dengan menggunakan tanah tipis.
  • Siramlah media penyemaian ini secukupnya. Jangan terlalu berlebihan ketika menyiram media penyemaian ini.
  • Setelah media penyemaian telah muncul 4 helai daun barulah bisa dipindahkan di lapangan terbuka.

Tahap penyemaian maupun penanaman telah selesai dilakukan. Rawatlah dengan benar tanaman daun bawang ini. Hal ini bertujuan agar hasilnya dapat memuaskan dan sesuai dengan keinginan.demikian dan jangan lupa baca artikel sebelumnya Cara Menanam Dan Budidaya Bawang Merah

Advertisements
Cara Menanam Dan Budidaya Daun Bawang | Penulis | 4.5