Cara Menanam Dan Budidaya Kentang

Cara Menanam Dan Budidaya Kentang – Kentang merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak dimanfaatkan oleh manusia dikehidupan sehari-hari. Selain itu, kentang juga banyak mendatangkan keuntungan bagi petani yang membudidayakannya.

Di dalam ketang juga memiliki banyak sekali kandungan zat gizi seperti sumber kalori vitamin, dan protein.

Advertisements

Tidak hanya itu, kentang juga dapat dibudidayakan pada lahan kosong sekitar rumah. Jadi, bagi Anda yang ingin membudidayakan kentang di lahan kosong sekitar rumah Anda di bawah ini akan dibahas mengenai cara membudidayakan tanaman kentang. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simaklah uraian di bawah ini.Cara Menanam Dan Budidaya Kentang

Cara Menanam Dan Budidaya Kentang

Sebelum membudidayakan kentang, sebaiknya ketahui terlebih dahulu syarat tumbuh tanaman kentang.. Syarat tumbuh kentang adalah sebagai berikut.

  • Kentang merupakan tanaman yang hidup di daerah dataran tengah hingga dataran tinggi.
  • Ketinggian daerah yang disarankan adalah 600-2500 meter di atas permukaan laut.
  • Suhu yang cocok untuk membudidayakan adalah 21-29 derajat celcius untuk pertumbuhan daun dan batang. Sedangkan untuk pembesaran umbi suhu yang disarankan adalah 19 derajat Celcius.
  • Tanah yang digunakan untuk membudidayakan kentang haruslah gembur, sistem drainasenya yang baik, subur, dan pH tanahnya adalah lima hingga enam.

Itulah beberapa syarat tumbuh untuk tanaman kentang,baca juga Cara Menanam Dan Budidaya Daun Bawang

Varietas unggulan kentang 

Advertisements

Setelah mengetahui syarat tumbuh tanaman kentang, selanjutnya Anda harus mengetahui varietas mana yang akan Anda pakai untuk dibudidayakan. Varietas yang digunakan haruslah yang unggul. Varietas unggulan adalah seperti Krespo, Atlantik, Manohara, dan Granola.

Pengolahan lahan untuk menanam kentang

Sebelum mengolah lahan, sebaiknya pilihlah lahan yang bagus dan cocok untuk membudidayakan kentang. Tanah yang digunakan untuk membudidayakan kentang haruslah yang gembur dan ekat dengan sumber air apabila sedang musim kemarau. Selain itu, daerah yang digunakan untuk membudidayakan kentang haruslah terbebas dari berbagai macam penyakit.Baca juga Cara Budidaya Dan Menanam Cabai Merah

Setelah mendapatkan lahan yang bagus dan cocok, selanjutnya olah lah lahan tersebut. Pengolahan lahan meliputi pembersihan rerumputan yang ada di sekitar lahan tempat pembudidayaan berlangsung, penggemburan tanah, pembuatan garitan sedalam 9 cm dan jarak antar garitan satu dengan garitan lainnya adalah 75 cm.

Tahap pemupukan dan penanaman

Sebelum bibit kentang ditanam, lakukan pemupukan pada lahan yang telah disediakan. Pupuk yang bisa digunakan berupa pupuk kandang. Pemupukan bisa dilakukan dengan cara disebarkan secara merata diatas garitan yang telah disediakan.

Setelah itu barulah bibit kentang bisa ditanam di atas garitan yang telah disebarkan pupuk kandang. Diatas bibit tersebut juga diberikan pupuk kandang. Setelah itu barulah ditutup dengan menggunakan tanah.

Memelihara tanaman kentang harian 

Pemeliharaan tanaman kentang haruslah dilakukan. Pemeliharaan tanaman kentang meliputi penyiangan yang dapat dilakukan dua atau tiga kali selama satu musim penanaman. Kemudian lakukan tahap pengguludan.

Pengguludan dilakukan agar umbi tidak terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu, tanaman kentang haruslah disiram. Penyiraman dapat dilakukan setiap harinya.demikian dan baca juga Cara Menanam Dan Budidaya Cabai Rawit

Advertisements
Cara Menanam Dan Budidaya Kentang | Penulis | 4.5