Cara Menanam Dan Budidaya Kubis Bunga

Cara Menanam Dan Budidaya Kubis Bunga – Kubis merupakan salah satu tanaman sayuran. Kubis terbagi atas beberapa jenis. Salah satu jenisnya yaitu kubis bunga. Kubis bunga bentuknya lain daripada kubis-kubis pada umumnya. Apabila kubis-kubis lain berbentuk bulat seperti layaknya bola dan tidak tidak mempunyai bunga, berbeda dengan kubis yang satu ini yang memiliki bunga.

Sebenarnya yang tumbuh pada kubis ini bukanlah bunga melainkan bakal bunga. Bakal bunga tersebut mengembang menyerupai telur. Warna bakal bunga pada kubis adalah putih dicampur dengan kuning.

Kubis banyak digunakan sebagai sayuran. Banyak para petani yang membudidayakan kubis bunga ini. Lantas, bagaimana cara membudidayakan kubis bunga? Cara membudidayakan kubis bunga adalah sebagai berikut.Cara Menanam Dan Budidaya Kubis Bunga

Advertisements

Cara Menanam Dan Budidaya Kubis Bunga

Daerah dataran tinggi yang berhawa sejuk merupakan tempat yang disukai bagi kubis bunga. Kubis bunga dapat tumbuh dengan baik jika berada di daerah ini.

Selain itu, kubis bunga tumbuh pada daerah yang kondisi tanahnya gembur, mampu menyerap air dengan baik, pH tanah 8, suhu kurang lebih 18 derajat Celcius, dan yang paling penting adalah tanah harus banyak mengandung humus.

Pengolahan tanah

Sebelum dijadikan sebagai tempat pembudidayaan kubis bunga, sebaiknya tanah diolah terlebih dahulu. Apabila tanah tempat pembudidayaan tersebut tidak gembur maka bisa digemburkan dengan cara dicangkul atau dengan menggunakan alat lainnya seperti traktor.

Penggunaan alat seperti traktor biasanya digunakan bagi para petani modern. Sedangkan petani tradisional masih menggunakan cangkul.Baca Juga Panduan Menanam Kangkung Cabut Potong

Advertisements

Setelah digemburkan, selanjutnya buatlah bedengan. Dan kemudian taburkan pupuk kandang pada tanah bedengan yang telah dibuat. Usahakan tanah atau lahan yang dipakai untuk membudidayakan kubis bunga bekas dari tanaman kubis-kubisan.

Tahap persemaian dan tahap penanaman

Sebelum melakukan tahap persemaian, sebaiknya pilihlah benih yang akan disemai. Benih yang disarankan untuk dibudidaya di daerah dataran tinggi adalah benih jenis cirateun.simak juga Cara Menanam Kol-Kubis Pot Polybag

Setelah mendapatkan benih, selanjutnya rendamlah benih di dalam air hangat selama enam puluh menit. Setelah itu, sebarkan benih di bedengan persemaian dengan menggunakan media tanah dicampur dengan pupuk kandang. Tutup dengan menggunakan daun pisang. Pada saat sudah berusia empat hari setelah penyemaian dilakukan, berikan bedengan berupa naungan seperti atap atau kasa.

Tujuan pembuatan naungan adalah supaya bibit tidak terserang oleh penyakit yang berbahaya. Saat umur bibit sudah mencapai 9 hari, pindahkan bibit ke dalam pot dengan menggunakan media berupa tanah dengan campuran pupuk kandang. Siramlah media persemaian dengan menggunakan air secara rutin.

Pada saat umur berapakah bibit siap ditanam di lapangan terbuka? Bibit bisa ditanam di lapangan terbuka pada umurnya yang ke-28 hari setelah proses persemaian dilakukan. Tepatnya pada saat bibit sudah memiliki enam lembar daun. Pada saat seperti itulah bibit dapat ditanam di lapangan terbuka.

Setelah ditanam di lapangan terbuka, selanjutnya kubis bunga harus dirawat dengan baik. Perawatan yang baik akan membuat kubis bunga tumbuh menjadi kubis yang baik pula.sekian dan baca juga Cara Budidaya Dan Menanam Sayur Petsai

Advertisements
Cara Menanam Dan Budidaya Kubis Bunga | Penulis | 4.5