Cara Menanam Dan Budidaya Labu Siam

Cara Menanam Dan Budidaya Labu Siam – Labu siam merupakan salah satu jenis tanaman sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ciri-ciri dari tanaman labu siam adalah labu siam merupakan jenis tanaman yang memiliki buah berbentuk besar.

Labu siam juga memiliki warna buah yang beragam seperti hijau muda, kuning, dan hijau tua. Ketiga warna tersebut merupakan yang paling sering dijumpai di Indonesia.

Advertisements

Di dalam buah labu siam terdapat kandungan pati. Selain itu, tanaman labu siam mampu tumbuh di daerah dataran tinggi. Ingatlah, di daerah dataran tinggi bukan dataran rendah.

Labu siam dapat hidup jika berada pada temperatur suhu yang baik yaitu antara 22 – 27 derajat Celcius. Pada temperatur tersebutlah labu siam dapat berkembang biak dengan baik.Cara Menanam Dan Budidaya Labu Siam

Cara Menanam Dan Budidaya Labu Siam

Tanah yang berpasir, subur, mengandung banyak humus, dan gembur merupakan tempat yang cocok untuk membudidayakan labu siam. Dengan menerapkan beberapa hal di atas, pembudidayaan labu siam dapat dilakukan dengan baik. Lantas, bagaimana cara membudidayakan labu siam itu? Cara membudidayakan labu siam adalah sebagai berikut.

Persiapan lahan

Labu siam merupakan tanaman yang batangnya menjalar. Batangnya yang menjalar ini tak lain bertujuan untuk menunjang dari batang itu sendiri. engan begitu, lahan untuk pembudidayaan labu siam perlu di buat para-para setinggi 230 cm. Selain itu, buat juga tiang pancang dengan ukuran 4 m x 6 m. Ukuran tersebut boleh dipakai dan boleh tidak dipakai.baca juga Cara Menanam Kol-Kubis Pot Polybag

Advertisements

Penanaman labu siam dapat dilakukan dengan cara buatlah lubang terlebih dahulu. Lubang dapat dibuat sedalam 25 cm. Lubang tersebut sudah bisa digunakan untuk membudidayakan labu siam.

Persiapan bibit

Jika biasanya pembudidayaan tanaman lainnya menggunakan benih berupa biji-bijian, berbeda halnya dengan tanaman labu siam. Perbanyakan labu siam dapat dilakukan dengan menggunakan labu yang sudah tua.

Jadi, jika menemukan labu siam yang sudah tua, jangan dibuang atau dimusnahkan karena labu siam yang sudah tua itulah yang bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai benih untuk penanaman labu siam kembali.Simak juga Cara Budidaya Dan Menanam Sayur Petsai

Sebelum buah labu siam ini digunakan sebagai benih, simpanlah terlebih dahulu buah labu siam di tempat yang lembap. Setelah beberapa hari, barulah labu siam yang telah disimpan tersebut dipindahkan ke lapangan terbuka.

Kira-kira buah labu siam baru bisa dipindahkan ke lapangan terbuka pada saat buah labu siam telah tumbuh sampai tingginya sekitar 35 cm. Kemudian pada saat itulah penanaman dapat dilakukan.

Pemeliharaan labu siam

Seperti tanaman pada umumnya, labu siam juga perlu dipelihara. Pemeliharaan yang bagus akan membuat buah labu siam menjadi tanaman yang berkualitas pula. Pemeliharaan yang dapat dilakukan adalah memangkas daun dari labu siam.

Daun yang dipangkas adalah daun yang sudah tua. Apabila daun labu siam terlalu lebat, maka daun tersebut dapat dipangkas dengan menggunakan gunting pemangkas daun.Sekian dan semoga bisa berguna,baca juga Cara Menanam Dan Budidaya Kubis Bunga

Advertisements
Cara Menanam Dan Budidaya Labu Siam | Penulis | 4.5