Cara Menanam Dan Budidaya Selada Rumahan

Cara Menanam Dan Budidaya Selada Rumahan – Bertanam selada sudah banyak dilakukan oleh para petani. Tidak hanya para petani, masyarakat biasa pun kini sudah mulai membudidayakan selada. Mudahnya membudidayakan selada ini membuat masyarakat biasa pun bisa melakukan pembudidayaan selada ini. Apakah Anda bisa membudidayakan selada ini?

Lantas, bagaimana cara membudidayakan selada? Cara membudidayakan selada adalah sebagai berikut.

Sebelum membudidayakan selada, terlebih dahulu Anda harus tahu syarat tumbuh selada. Perlu Anda ketahui bahwa selada tumbuh pada daerah dataran tinggi saja. Apabila selada dibudidayakan di daerah dataran  rendah, maka yang terjadi adalah krop selada menjadi kecil-kecil dan pertumbuhan bunganya sangat cepat.Cara Menanam Dan Budidaya Selada Rumahan

Advertisements

Cara Menanam Dan Budidaya Selada Rumahan

Selain itu, selada juga tumbuh pada tanah yang mengandung humus, dan mengandung pasir. Tanah yang subur akan membantu dalam pertumbuhan selada ini. Untuk suhu udaranya, selada dapat tumbuh pada suhu 18 derajat Celcius.

Dan untuk pH tanahnya adalah 6. Penanaman yang baik bisa Anda lakukan pada saat musim penghujan telah berakhir atau pada saat musim kemarau awal.

Pemilihan benih

Ketika memilih benih selada, pilihlah yang berkualitas. Jangan sembarangan ketika memilih benih. Karena benih ini lah yang akan menentukan baik tidaknya tanaman selada kedepannya. Apa lagi jika Anda membudidayakan selada dalam skala besar.baca Juga Panduan Lengkap Cara Menanam Brokoli Dirumah

Advertisements

Benih yang tidak berkualitas akan berimbas kepada tanaman kedepannya. Misalnya seperti selada menjadi tidak bagus dan bisa saja selada menjadi tidak layak untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, pilihlah benih selada yang berkualitas.

Pengolahan tanah

Setelah Anda menentukan benih yang berkualitas, hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengolah lahan atau tanah yang telah Anda persiapkan terlebih dahulu.

Besar dan lebar lahan atau tanah yang dipersiapkan itu tergantung kepada Anda sendiri. Jika Anda ingin membuat lahan budidaya yang lebar maka siapkan tanah atau lahan yang lebar pula. Begitu pula sebaliknya.simak Juga Cara Menanam Tanaman Caisim Di Pot

Sebelum dipakai, terlebih dahulu lahan di olah. Cara pengolahan lahan adalah pertama-tama cangkul tanah sedalam 25 cm. Setelah itu, buatlah bedengan. Lebar bedengan sesuai dengan keinginan Anda. Taburkan pupuk kandang pada tanah bedengan yang telah Anda buat. Dan bedengan siap digunakan.

Tahap penyemaian

Sebelum tanaman selada di tanam, terlebih dahulu benih disemai. Tahap penyemaian dapat dilakukan pada bedengan yang telah Anda persiapkan. Tahap penyemaian adalah sebagai berikut.

  1. Rendamlah benih di dalam air hangat selama enam puluh menit.
  2. Setelah itu angkat dan tiriskan. Kemudian dikeringkan dengan cara diangin-anginkan.
  3. Tebarkan benih di atas bedengan.
  4. Tutup benih yang telah disebarkan dengan menggunakan daun pisang.
  5. Tunggu sampai benih siap ditanam di lapangan.

Tahap penanaman

Setelah proses persemaian telah selesai dilakukan, hal yang selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menanam benih yang telah disemai di lapangan. Cara menanamnya adalah ambil bibit yang telah siap ditanam. Bawa bersama dengan media tanamnya.

Setelah itu barulah bibit tersebut bisa ditanam di lapangan. Rawatlah bibit dengan baik agar dapat dipanen sesuai dengan keinginan Anda.Demikian semoga bisa berguna dan membantu..baca juga Cara Menanam Tanaman Sayur Kailan Pot

Advertisements
Cara Menanam Dan Budidaya Selada Rumahan | Penulis | 4.5