Cara Menanam Jambu Biji Dalam Pot

Cara menanam jambu biji dalam pot – Menanam jambu biji dalam pot menjadi salah satu alternatif untuk petani yang tidak mempunyai lahan yang cukup untuk membudidayakan jambu biji. Dengan menggunakan pot, tanaman jambu biji tidak memakan tempat yang banyak.

Selain itu, dengan menggunakan pot, tanaman jambu biji akan tumbuh dengan subur dan hasilnyapun akan seperti induknya.

Advertisements

Menanam tanaman jambu biji dalam pot juga akan memperindah halaman depan rumah Anda yang tadinya gersang tidak ada tanaman satu pun. Namun, walaupun begitu, menanam jambu biji di dalam pot tidak segampang yang Anda kira.Cara Menanam Jambu Biji Dalam Pot

Ada satu hal yang perlu Anda ingat, yaitu tanaman jambu biji merupakan tanaman yang pertumbuhannya terbatas karena asupan nutrisnya yang kurang.

Apabila Anda tidak benar menanamnya, maka semakin lama semakin menyusut tanaman jambu biji yang Anda tanam. Lantas, bagaimana cara mengatasi berkurangnya asupan nutrisi pada tanaman jambu biji di dalam pot?

Cara mengatasinya adalah Anda hanya perlu mengenali lebih dalam jenis tanaman jambu biji yang akan Anda tanam. Mengingat semua tanaman jambu biji tidak sama jenisnya dan cara menanamnya. Dengan cara begitu, tidak ada lagi masalah yang akan Anda hadapi.

Advertisements

Ukuran pot dan jenis pot Untuk Jambu Biji

Pot memiliki beberapa jenis yang biasanya dipakai oleh petani jambu biji. Jenis-jenis pot diantaranya adalah jenis pot keramik, pot drum. Kesemua jenis pot tersebut cocok untuk media pot untuk menanam jambu biji.

Kedua pot tersebut juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kedua pot tersebut, mari simak penjelasan berikut ini.

  • pot keramik

Pot keramik merupakan salah satu pot yang dapat digunakan sebagai pot untuk menanam jambu biji. Pot keramik mampu dipakai untuk menanam jambu biji sampai 6 tahun.

Termasuk ke dalam daya tahan yang cukup lama jika dibandingkan dengan pot lain yang tidak mampu bertahan  hingga 6 tahun. Pot keramik memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dari pot keramik adalah bentuknya yang indah dan cocok untuk digunakan untuk penghias halaman rumah Anda. Selain itu, pot keramik juga dapat bertahan hingga lama yaitu 6 tahun. Hal ini dikarenakan terbuat dari bahan yang keras.

Kelemahan dari pot keramik adalah harganya yang mahal, yang membuat semua orang tidak bisa membelinya. Selain itu, pot keramik mudah sekali pecah sebab perkembangan akarnya menembus pot keramik.

  • pot drum

Dibandingkan pot keramik, pot drum mampu bertahan hingga 11 tahun lamanya. Kelebihan yang dimiliki pot drum adalah tidak mudah roboh apabila dihembus angin kencang. Selain itu, pot drum juga tahan lama seperti yang telah disebutkan di atas.

Sedangkan kekurangannya adalah pot drum udah sekali berkarat karena terbuat dari bahan yang mudah berkarat seperti seng dan lain sebagainya.

Dari kedua jenis pot tersebut, yang paling cocok dijadikan pot sebagai media tanaman adalah pot drum. Sebab, dapat tahan lama dan tidak mengganggu akar yang berkembang karena bentuknya yang lumayan besar.

Advertisements
Cara Menanam Jambu Biji Dalam Pot | Penulis | 4.5