Cara Menanam Jambu Biji Di Pekarangan

Cara menanam jambu biji di pekarangan – Tidak semua petani jambu biji saja yang ingin membudidayakan jambu biji. Namun, orang biasa pun juga banyak yang mau menanam jambu biji. Lahan yang cocok untuk ditanam jambu biji adalah di pekarangan rumah.

Ya, pekarangan rumah memang cocok untuk dijadikan tempat menanam jambu biji bagi Anda penggemar tanaman jambu biji.

Advertisements

Selain dapat memanfaatkan lahan kosong untuk kegiatan yang positif, menanam jambu biji di pekarangan rumah Anda juga akan memperindah pekarangan rumah Anda.

Kebanyakan tujuan orang menanam jambu biji di pekarangan rumah adalah supaya lebih mudah ketika mengontrol tanaman jambu biji.Cara Menanam Jambu Biji Di Pekarangan

Selain itu, ketika musim panen tiba, tidak perlu jauh-jauh ke kebun hanya untuk memetik jambu biji. Hanya dengan melangkah ke pekarangan rumah, maka sudah bisa melakukan proses panen.

Trik menanam jambu biji di pekarangan rumah

Membudidayakan jambu biji di pekarangan rumah dengan membudidayakan jambu biji di dalam pot sebenarnya tidak jauh berbeda.

Hanya saja jika menanam di pekarangan rumah tidak memerlukan pot atau lainnya untuk meletakkan tanaman jambu biji, sedangkan membudidayakan jambu biji di dalam pot menggunakan pot sebagai alat meletakkan tanaman jambu biji.

Menanam jambu biji di pekarangan rumah syarat utamanya adalah Anda harus mempunyai lahan yang cukup luas untuk menanam jambu biji. Jika Anda tidak mempunyai lahan yang begitu luas, maka jawabnya adalah Anda membudidayakan tanaman jambu biji pada pot bukan pada lahan lagi.

Advertisements

Karena membudidayakan tanaman jambu biji pada pekarangan rumah, tentu lahan untuk membudidayakan tanaman jambu biji lah yang perlu diperhatikan betul. Berikut ini akan dijelaskan tentang persiapan lahan untuk membudidayakan jambu biji.

Persiapalan lahan untuk budidaya jambu biji

  1. Siapkan lahan yang cukup luas untuk membudidayakan jambu biji.
  2. Jika lahan tersebut masih dipenuhi oleh semak belukar, maka bersihkanlah semak-semak tersebut hingga benar-benar bersih dari semak belukar.
  3. Setelah lahan bersih dari semak belukar, maka galilah tanah dengan ukuran 50 x 50 cm.
  4. Apabila Anda ingin membudidayakan tanaman jambu biji sebanyak-banyaknya dan lahannya juga mendukung, maka bisa galian tanah dibuat sebanyak mungkin juga. Namun satu hal yang harus mendukung yaitu lahan. Apabila Anda tidak mempunyai lahan yang cukup, maka galilah tanah sesuai dengan lahan yang ada.
  5. Ketika menggali tanah, pisahkan antara tanah bagian atas dengan tanah bagian bawah. Ingatlah, jangan disatukan antara tanah bagian atas dengan tanah bagian bawah.
  6. Untuk tanah pada bagian atas, campurkan dengan kompos. Kompos yang biasa digunakan untuk tanaman jambu biji adalah yang dari kotoran hewan.
  7. Setelah itu, masukkan tanah pada bagian bawah terlebih dahulu. Setelah tanah bagian bawah telah dimasukkan kemudian masukkan kembali tanah pada bagian atas hingga terisi penuh sampai ke atas lubang.
  8. Setelah itu, biarkan lubang terbuka hingga 14 hari.
  9. Kemudian setelah 14 hari barulah bibit jambu biji bisa ditanam di lahan yang telah disediakan.

Lakukan perawatan hingga tanaman jambu biji tumbuh subur.akan lebih bagus,jika menanam jambu biji dalam pekarangan menggunakan bibit dari cangkokan yang akan lebih membuat jambu biji cepat berbuah..Mungkin hanya ini saja mengenai cara menanam jambu biji di pekarangan semoga berguna..

Advertisements
Cara Menanam Jambu Biji Di Pekarangan | Penulis | 4.5