Cara Menanam Kol-Kubis Pot Polybag

Cara Menanam Kol-Kubis Pot Polybag – Apa itu kubis? tanaman Kubis merupakan salah satu jenis sayuran berbentuk bulat seperti bola. Tidak hanya itu, kubis juga ada yang berbentuk lonjong hingga ada yang berbentuk kipas.

Tahukah Anda bahwa kubis mengandung zat gizi di dalamnya? Ya, kubis merupakan sayuran yang mengandung banyak sekali kandungan gizinya. Kandungan gizi yang terdapat di dalam kubis diantaranya seperti vitmin A, vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C, protein, dan niacin.

Advertisements

Lantas, bagaimana cara membudidayakan kubis itu? Cara membudidayakan kubis adalah sebagai berikut.Cara Menanam Kol-Kubis Pot Polybag

Tanaman kubis dapat tumbuh pada daerah dataran tinggi dan daerah dataran rendah. Namun sebenarnya kubis merupakan sayuran yang mampu hidup di daerah dataran tinggi dan berhawa sejuk.

Cara Menanam Kol-Kubis Pot Polybag

Selain itu, kubis juga mampu tumbuh pada tanah yang banyak mengandung humus, bertekstur gembur, dapat menyerap air dengan baik, dan tanahnya harus ber-pH 8. Penanaman yang baik adalah pada saat musim penghujan tiba an pada saat musim penghujan telah berakhir.baca juga Cara Menanam Tanaman Sayur Kailan Pot

Pengolahan lahan

Sebelum lahan dipakai untuk membudidayakan kubis, lahan haruslah diolalh terlebih dahulu. Cara mengolah lahan adalah sebagai berikut.

  1. Pililhlah lahan bekas budidaya tanaman kubis-kubisan.
  2. Gemburkan tanah dengan menggunakan cangkul atau alat lainnya.
  3. Buatlah bedengan.
  4. Berikan pupuk kandang pada bedengan.
  5. Lahan siap dipakai untuk membudidayakan tanaman kubis.

Tahap penyemaian

Advertisements

Sebelum dilakukannya tahap penyemaian, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih benih. Benih yang baik adalah benih yang berkualitas tinggi. Setelah mendapatkan benih, maka tahap penyemaian bisa Anda lakukan.simak juga Cara Menanam Dan Budidaya Selada Rumahan

  1. Sebelum disemai, sebaiknya benih direndam terlebih dahulu di dalam air hangat selama 60 menit.
  2. Buatlah bedengan dengan tempat menyemai benih.
  3.  Setelah itu, tebar benih yang telah direndam di bedengan.
  4. Tutup dengan menggunakan daun pisang.
  5. Pada saat umur persemaian mencapai 9 hari, benih sudah berubah menjadi bibit dan bibit bisa dipindahkan ke dalam pot.
  6. Siramlah bibit tersebut dengan menggunakan air.
  7. Pada saat sudah berumur 21 hari, bibit bisa dipindahkan di tempat berbeda seperti di lapangan terbuka.

Memelihara tanaman kubis

Kubis merupakan tanaman yang perawatannya harus terjaga dengan baik. Tahap-tahap memelihara kubis contohnya seperti penyiraman dan pemupukan. Kubis juga memerlukan air untuk kelangsungan hidupnya. Penyiraman dapat dilakukan setiap hari.

Sama seperti air, kubis juga memerlukan pupuk untuk kelangsungan hidupnya. Tanpa adanya pupuk, kubis tidak akan bisa tumbuh dengan baik karena tanah tempat pembudidayaan kubis kekurangan kandungan nutrisi. Untuk meminimalisasi hal tersebut, lakukanlah pemupukan secara rutin.

Selain itu, ada hal lainnya yang juga perlu diperhatikan ketika memelihara tanaman kubis. Salah satu contohnya seperti pada saat tanaman kubis mati ketika masih menjadi bibit, lakukanlah penyulaman. Penyulaman yaitu pergantian tanaman yang mati dengan tanaman lainnya. Dengan cara seperti itu, tanaman kubis dapat tumbuh secara kompak.sekian dan baca juga Panduan Menanam Kangkung Cabut Potong

Advertisements
Cara Menanam Kol-Kubis Pot Polybag | Penulis | 4.5