Cara Menanam Melon Secara Hidroponik

Cara menanam melon secara hidroponik – Semua tanaman bisa ditanam dengan cara hidroponik portabel. Baik itu sayur-sayuran, buah-buahan, dan lain sebagainya. Tak terkecuali melon. Ya melon. Melon juga bisa ditanam dengan sistem hidroponik portabel.

Mungkin sebagian orang tahu bahwa buah melon ini bisa ditanam dengan sistem hidroponik. Namun, bagaimana dengan Anda yang belum tahu? Jangan khawatir. Disini kita akan membahas mengenai hidroponik melon.

Selain itu, disini kita juga akan membahas mengenai cara membuat instalasi melon, cara penanaman melon, dan cara memelihara melon. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari kita simak penjelasan di bawah ini.Cara Menanam Melon Secara Hidroponik

Advertisements

Cara Menanam melon secara hidroponik

Instalasi melon tidak perlu dibuat besar. Walaupun buah dari melon ini sangat besar, namun bisa juga dibuat dengan instalasi melon yang kecil sekalipun. Walaupun dibuat instalasi kecil atau sedang itu tidak terpengaruh untuk pertumbuhan melon. Instalasi yang dibuat untuk melon kali ini menggunakan teknik floating sistem.

Namun, kekurangan dari instalasi melon ini adalah apabila tanaman sudah besar maka tanaman tidak bisa dipindah-pindahkan.

Hal tersebut dikarenakan tanaman ini nantinya lama-kelamaan akan membesar. Selain itu, tanaman ini jika sudah besar juga memerlukan benar untuk membantu sulur agar tumbuh ke atas dengan baik.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa untuk membuat instalasi melon memerlukan bahan-bahan tertentu yang perlu dipersiapkan.

Advertisements

Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah: Tanah bakar, bak penampungan yang berukuran 78 cm x 48 cm x 30 cm, pot yang berdiameter 17 cm, aerator beserta batu aerator, selang plastik, tutup bak penampungan.

Setelah semuanya telah dipersipakan, selanjutnya rangkailah semua bahan-bahan tersebut dengan cara berikut ini:

  • Siapkan penutup bak penampungan dan kemudian lubangi tutup tersebut. Lubang yang dibuat sebanyak 8 buah lubang. Diameter dari lubang tersebut adalah 13 cm.
  • Setelah itu, rangkailah selang plastik dengan aerator beserta batu aerator. Pertama rangkai terlebih dahulu selang plastik dengan batu aerator. Setelah itu barulah ditancapkan pada aerator.
  • Setelah dirangkai antara selang plastik, batu aerator, beserta aerator, masukkan ke dalam bak penampung yang telah berisi air.
  • Selanjutnya instalasi sudah bisa dipakai.

Menanam Dan perawatan Melon Hidroponik

Menanam melon pada instalasi juga ada cara-caranya tersendiri. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan air dan juga pupuk.
  • Lalu kedua bahan tersebut dicampur hingga tidak ada lagi sisa-sisa butiran pada pupuk dan benar-benar terlarut pada air.
  • Setelah itu, masukkan air tersebut ke dalam bak penampungan hingga terisi seperempat dari bak penampungan.
  • Bibit melon kemudian dimasukkan ke pot.
  • Barulah bibit yang ada di dalam pot dimasukkan ke dalam lubang yang telah dibuat pada tutup bak penampungan.
  • Lubang pada tutup bak penampungan jangan diisi secara penuh. Namun, sisakan dua buah lubang. Dua buah lubang tersebut nantinya akan digunakan untuk mengecek bagaimana keadaan air pupuk dan mengecek segala sesuatunya yang ada di dalam bak penampungan.
  • Melon selesai ditanam.

Demikian panduan tentang cara menanam melon secara hidroponik semoga membantu..

Advertisements
Cara Menanam Melon Secara Hidroponik | Penulis | 4.5