Cara Menanam Sawi Secara Hidroponik Manual

Cara menanam sawi secara hidroponik manual – Sawi adalah tanaman sayur yang dalam tata cara pembibitan dan penanaman tergolong sulit jika kita lakukan dalam lahan terbuka.Lain halnya jika menanam sawi dengan sistem Hidroponik,Mungkin tidak serumit ketika menanam sawi di lahan kebun..

Cara menanam sawi secara hidroponik untuk sekarang ini sudah banyak di lakukan oleh sebagai orang yang memang memiliki bakat untuk berkebun.Tidak memerlukan lahan yang lebar,hanya bermodalkan sebuah pipa pvc serta kelengkapan lain yang mungkin di butuhkan untuk menanam sawi secara organik..Cara Menanam Sawi Secara Hidroponik Manual

Banyak ragam jenis sawi yang bisa kita terapkan dengan cara hidroponik ini,misal jenis sawi pakcoy,wite pakcoy dll hampir semua jenis tanaman sawi ini bagus jika kita budidayakan secara hidroponik.

Advertisements

Menanam Sawi dengan teknik Drip irigations

Sistem menanam sawi Hidroponik  ini dengan menggunakan bahan air tetes yang fungsinya untuk mengalirkan pupuk cair ke dalam perakaran sawi.dalam pengaliran pupuk ini harus kita lakukan terus menerus dengan menggunakan mesin pompa akuarium mini.Silahkan di baca artikel saya selanjutnya untuk lebih detail membuat hidroponik dengan pipa pvc.baca disini.

Kusus untuk menanam sawi secara organik,banyak orang yang menggunakan dengan teknik perairan ini.selain mudah,dalam melakukan perawatan harian juga tidak merepotkan.hasil akhir yang kita dapat juga cepat dan memuaskan.Cara Menanam Sawi Secara Hidroponik Manual

Cara pembenihan Sawi.

Sebelum kita mengenal lebih jauh cara menanam sawi dengan cara hidroponik,mungkin anda juga membutuhkan tata cara pembibitan sawi.bibit yang akan kita gunakan besar sekali pengaruhnya bagi kelangsungan kehidupan tanaman yang kita rawat..

Semakin bagus dan berkualitas bibit yang kita gunakan,maka hasil yang akan kita dapat juga akan lebih bagus.begitu juga sebaliknya.

Advertisements

Cara pembibitan sawi bisa kita lakukan dengan menggunakan biji.Untuk sekarang ini,banyak sekali jenis benih sawi yang di perjual belikan,kita tinggal membuat lahan untuk di lakukan penyemaian saja.

Namun,untuk bibit yang bagus,kita bisa mendapatkan bibit yang bagus,maka perlu kita lakukan pembibitan sendiri,mulai dari biji yang kita ambil dari tanaman sawi sampai bibit sudah siap untuk kita tanam secara hidroponik.

Media tanam untuk Sawi Hidroponik.

Banyak orang yang mungkin belum mengetahui,Apa media tanam untuk menanam sawi secara hidroponik??media tanam yang kita pakai adalah dari bahan Rockwool Untuk lebih detail seperti apa rokcwool tersebut.berikut gambarnya.Cara Menanam Sawi Secara Hidroponik Manual Cara Menanam Sawi Secara Hidroponik ManualSetelah kita siapkan semua bahan yang di perlukan Seperti,maka tahap selanjutnya adalah kita lakukan penanam.Baca disini untuk tata cara merakit dan membuat hidroponik tanaman sayur dengan bahan pipa dan talang air,.

Intinya dari mulai pembibitan sampai menanam sawi secara hidroponik,media tanam yang kita gunakan adalah dari bahan rockwool yang bisa kita beli di toko pertanian.

Cara menanam bibit sawi hidroponik.

Tahap ini adalah tahap terahir sebelum kita lakukan perawatan harian.menanam bibit sawi secara hidroponik cukup mudah,kita tidak memerlukan bahan lain seperti tanah,pupuk kompos, dll.yang perlu kita siapkan adalah pupuk cair serta peralatan lain yang kita gunakan untuk menanam secara hidroponik..

  1. Siapkan boks atau ember yang kita gunakan untuk menampung pupuk cair.
  2. Masukan air pupuk ke dalam boks atau ember tersebut.
  3. Masukan bibit sawi yang telah kita siapkan dengan media Rockwool.
  4. Hidupkan pompa air akuarium ikan supaya air bercampur pupuk cair tetap mengaliri tanaman sawi tersebut.

Baca Juga: Kelebihan hidroponik untuk menanam sayur

Setelah semua bibit telah kita tanam,maka selanjutnya adalah melakukan perawatan harian saja dengan mengecek kualitas air serta pupuk yang kita gunakan.amati perkembagan sawi setiap hari,pastikan air selalu tercukupi dan membasahi bagian perakaran sawi..

Advertisements
Cara Menanam Sawi Secara Hidroponik Manual | admin | 4.5