Cara Menanam Tanaman Caisim Di Pot

Cara Menanam Tanaman Caisim Di Pot – Apa itu caisim? Mungkin bagi Anda yang tinggal di daerah dataran rendah dan dataran tinggi sudah tahu apa itu caisim. Caisim merupakan salah satu jenis sayuran yang tumbuh di daerah dataran rendah dan dataran tinggi.

Sayuran ini telah ada sejak dahulu dan kini masih dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia maupun masyarakat dari negara lainnya.

Advertisements

Nama lain dari caisim adalah sawi. Banyak para petani di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi yang membudidayakan tanaman sawi atau caisim ini. Selain para petani, sebenarnya Anda juga bisa membudidayakan sawi di lahan kosong rumah Anda. Pemeliharaannya yang tidak sulit membuat sawi dapat dibudidayakan di lahan kosong seperti pekarangan rumah Anda.Cara Menanam Tanaman Caisim Di Pot

Cara Menanam Tanaman Caisin Di Pot

Bagaimana cara membudiayakan sawi atau causm ini? Cara membudidayakan sawi atau causim adalah sebagai berikut.

Syarat tumbuh

Sawi dapat dibedakan menjadi dua jenis. Yaitu sawi putih dan sawi hijau. Kedua jenis sawi tersebut pada umumnya syarat tumbuhnya sama. Sawi merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat hidup disegala tanah.Penting untuk di baca Teknik Cara Budidaya Jamur Merang Pemula

Contohnya seperti di tanah gambut, di tanah yang bertekstur ringan, hingga di tanah liat. Dengan begitu, Anda bisa membudidayakan sawi tanpa harus menghawatirkan masalah tanah yang sesuai dengan sayuran ini lagi.

Persiapan benih

Benih sawi yang dianjurkan untuk dibudidayakan adalah jenis tosakan. Jenis ini mampu hidup disegala tanah dan mampu beradaptasi dengan baik. Oleh karena itu, pilihlah benih tersebut dan budidayakan benih sawi tersebut dengan baik.

Advertisements

Persiapan lahan

Besar kecilnya lahan yang diperlukan tergantung kepada Anda. Semua tanah dapat dipakai untuk membudidayakan sawi. Namun tetap saja tanah tersebut harus gembur.

Cara menggemburkan tanah adalah dengan mencangkulnya hingga 25 cm. Setelah tahap penggemburan tanah selesai, selanjutnya tanah dibuat bedengan. Dan setelah itu, barulah tanah atau lahan disebar pupuk kandang dan diaduk merata dengan tanah.Simak Juga Cara Budidaya Bayam Di Pekarangan Rumah

Tahap penyemaian

Persemaian dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Pertama-tama rendam benih di dalam larutan Previcur N selama kurang lebih dua setengah jam.
  2. Pisahkan antara benih yang bagus dengan benih yang tidak bagus.
  3. Setelah perendaman selesai, selanjutnya angkat benih tersebut dan keringkan.
  4. Sebar benih pada bedengan yang telah dibuat sebelumnya.
  5. Sebaiknya bedengan diberikan atap. Atap ini berguna sebagai naungan bagi media persemaian.
  6. Walaupun sudah diberikan atap, tetap saja pada saat penyebaran benih selesai dilakukan ditutup dengan menggunakan daun pisang.
  7. Setelah bibit berumur satu minggu, bibit siap dipindahkan ke tempat penanaman selanjutnya. Contohnya saja seperti di pot atau lainnya.

Tahap penanaman

Setelah tahap penyemaian selesai dilakukan, selanjutnya lakukan tahap penanaman. Pada saat umur bibit telah memasuki usia satu minggu, maka bibit dapat dipindahkan ke tempat yang lainnya atau tempat untuk menanam sawi.

Anda bisa menanam bibit sawi di lapangan terbuka atau di tempat yang lebih praktis yaitu di pot. Rawatlah setiap hari tanaman sawi atau caisim Anda dengan benar.demikian dan baca juga Panduan Lengkap Cara Menanam Brokoli Dirumah

Advertisements
Cara Menanam Tanaman Caisim Di Pot | Penulis | 4.5