Cara Menanam Tanaman Sayur Kailan Pot

Cara Menanam Tanaman Sayur Kailan Pot – Apa itu tanaman kailan? kailan merupakan salah satu jenis sayuran daun yang hidup di daerah dataran tinggi maupun di daerah dataran rendah. Jenis sayuran ini dapat dikonsumsi oleh manusia.

Para petani sudah banyak yang membudidayakannya. Tanaman ini juga bisa dibudidayakan sendiri. Dengan memanfaatkan lahan kosong seperti dipekarangan, kita bisa membudidayakan sayuran kailan ini.

Mudahnya membudidayakan sayuran kailan ini membuat semua orang dapat membudidayakan sayuran daun yang satu ini. Lantas, bagimana cara membudidayakan sayuran kailan ini? Cara membudidayakan sayuran kailan adalah sebagai berikut.Cara Menanam Tanaman Sayur Kailan Pot

Advertisements

Cara Menanam Tanaman Sayur Kailan Pot

Tanaman Sayuran kailan dapat tumbuh disegala jenis tanah. Baik itu pada tanah yang bertekstur liat hingga tanah yang bertekstur gambut. Jadi, kita tidak perlu khawatir dengan masalah jenis tanah lagi. Sayuran kailan juga mampu hidup pada temperatur 18 derajat Celcius.

Pemilihan benih

Benih yang baik adalah benih yang berkualitas. Sebelum membeli benih, sebaiknya benih dilihat terlebih dahulu. Hal ini karena tidak semua benih sayuran kailan yang berkualitas. Benih sayuran kailan dapat diperoleh di toko penjualan benih sayuran daun terdekat.

Pengolahan lahan

Sebelum lahan digunakan untuk menanam sayuran kailan ini, terlebih dahulu lakukanlah pengolahan. Cara pengolahan tanah atau lahan adalah dengan mencangkul tanah sedalam 25 cm. Tujuannya adalah supaya tanah menjadi gembur. Selajutnya buat bedengan. Luas bedengan sesuai dengan keinginan kita. Setelah itu, campurkan tanah dengan menggunakan pupuk kandang.baca juga Cara Budidaya Bayam Di Pekarangan Rumah

Advertisements

Tahap persemaian

Cara menyemai benih sayuran kailan adalah sebagai berikut.

  1. Pertama-tama rendam benih di dalam air hangat. Rendamlah benih selama kurang lebih satu harian penuh.
  2. Setelah direndam, selanjutnya benih ditiriskan dan dikeringkan dengan cara diangin-anginkan.
  3. Setelah itu, barulah benih disebarkan di bedengan yang telah dibuat terlebih dahulu dan ditutup kembali dengan menggunakan campuran tanah dan pupuk.
  4. Siram media persemaian tersebut setiap harinya hingga siap untuk ditanam.

Tahap penanaman

Setelah media persemaian telah tumbuh dan tumbuh bibit yang baru, selanjutnya tanam bibit sayuran kailan di lapangan terbuka atau di pot. Biasanya bibit dapat dipindahkan ke tempat lainnya setelah berumur dua minggu. Penanaman sebaiknya dilakukan pada sore maupun pagi hari.simak juga Panduan Lengkap Cara Menanam Brokoli Dirumah

Memelihara sayuran kailan

Peliharalah sayuran yang satu ini dengan baik. Karena dengan cara memelihara sayuran ini dengan baiklah, sayuran kailan ini akan tumbuh dengan baik dan dapat dipanen sesuai dengan keinginan kita.

Tahap-tahap pemeliharaan sayuran kailan diantaranya seperti penyiraman dan pemupukan. Penyiraman dapat dilakukan setiap harinya. Namun, pada saat musim kemarau, penyiraman dapat dilakukan setiap dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Dan pada saat musim penghujan, penyiraman dapat dilakukan dua hari sekali atau sesuaikan dengan kondisi tanah sayuran kailan tersebut.

Tahap pemanenan

Sayuran kailan dapat dipanen pada umur 21 hari setelah ditanam, yaitu pada saat sayuran kailan telah mulai tumbuh bunganya. Usahakan pemanenan dilakukan setelah umur kailan 21 hari setelah proses penanaman.demikian semoga bisa berguna..jangan lupa baca juga Cara Menanam Tanaman Caisim Di Pot

Advertisements
Cara Menanam Tanaman Sayur Kailan Pot | Penulis | 4.5