Cara Merawat Tanaman Anggrek Harian

Cara Merawat Tanaman Anggrek Harian – Seperti tanaman pada umumnya, anggrek juga perlu dirawat. Merawat anggrek itu bisa dibilang gampang-gampang sulit. Gampang apabila Anda memang benar-benar merawat anggrek. Dan sulit jika Anda tidak benar-benar merawat anggrek.

Bisa dibilang kalau merawat anggrek adalah kunci dari keberhasilan menanam anggrek. Pernyataan itu memang benar.

Apabila Anda memang benar-benar merawat tanaman anggrek Anda, maka tanaman anggrek akan tumbuh dan berkembang menjadi anggrek yang mempunyai bentuk yang sangat indah. Selain itu, nilai jual nya yang sangat mahal.

Advertisements

Begitu pula sebaliknya, apabila Anda tidak merawat anggrek dengan benar-benar, maka apa yang Anda dambakan tidak akan Anda dapatkan.Cara Merawat Tanaman Anggrek Harian

Contohnya seperti Anda menginginkan bunga anggrek yang sangat menawan, tapi Anda tidak merawat anggrek dengan baik, maka bunga anggrek yang sangat indah yang Anda dambakan, tidak akan Anda dapatkan.

Cara Merawat Tanaman Anggrek Harian

Untuk itulah, sangat disarankan sekali merawat anggrek dengan benar dan baik. Selain itu, ada beberapa hal penting lain yang perlu Anda ketahui. Sebab beberapa hal lainnya tersebut sangat berpengaruh terhadap perkembangan dari tanaman anggrek.

Baca Juga: Cara Menanam Bibit Anggrek Kusus Pemula

Lantas, apa saja hari yang penting yang harus diperhatikan ketika merawat tanaman anggrek? Beberapa hal penting tersebut adalah sebagai berikut:

Advertisements
  • Suhu Tanaman anggrek

Setiap anggrek itu berbeda-beda. Termasuk dalam kebutuhan akan suhu ini. Karena anggrek ada tumbuh di dataran tinggi, tengah, dan rendah maka suhu yang dibutuhkan pun berbeda-beda.

Untuk anggrek yang tumbuh di dataran tinggi, suhu yang dibutuhkan adalah 19-22 derajat C (untuk suhu siang) dan 14-19 derajat C (untuk suhu malam.

Untuk anggrek yang tumbuh di dataran tengah, suhu yang dibutuhkan adalah 22-30 derajat C (untuk suhu siang) dan 19-22 derajat C (untuk suhu malam). Untuk anggrek yang tumbuh di dataran renah, suhu yang dibutuhkan adalah 28-33 derajat C (untuk suhu siang) dan 22-28 derjat C (untuk suhu malam).

  • Kelembapan anggrek

Tanaman anggrek merupakan salah tanaman yang membutuhkan kelembapan yang cukup tinggi. Kelembapan yang tinggi ini berguna untuk kelangsungan hidupnya. Kelembapan yang dibutuhkan oleh tanaman anggrek adalah 65-85%.

Kelembapan yang tinggi ini juga berguna untuk beberapa hal, salah satunya adalah menghindari penguapan yang terlampau besar. Mengingat tanaman anggrek merupakan tanaman ayng memiliki penguapan yang besar.

  • Penyiraman

Penyiraman perlu dilakukan terhadap anggrek ini. Penyiraman yang teratur dapat membuat anggrek tumbuh dengan subur.

Apabila kebutuhan akan air kurang, maka anggrek tidak bisa tumbuh dengan baik. Maka dari itu, penyiraman perlu dilakukan secara teratur agar tanaman anggrek dapat tumbuh dengan baik.

  • Pemupukan

Seperti halnya penyiraman, pemupukan juga perlu dilakukan secara rutin. Semua tanaman pasti perlu dipupuk. Begitu pula dengan tanaman anggrek yang memerlukan pupuk.

Baca Juga: Cara Menanam Bibit Anggrek Terestrial Tanah

Tujuan pemberian pupuk sendiri adalah supaya kebutuhan nutrisi anggrek dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk melengkapi unsur hara yang ada di dalam tanah.Sekian tulisan tentang Cara Merawat Tanaman Anggrek Harian semoga berguna dan bermanfaat..salam..

Advertisements
Cara Merawat Tanaman Anggrek Harian | Penulis | 4.5