Cara Mudah Membuat Saus Cabai Merah

Cara Mudah Membuat Saus Cabai Merah – Pascapanen Cabai merah merupakan proses yang harus dilewati oleh petani setelah melakukan pemanenan. Pascapanen ini dilakukan oleh para petani cabai maupun petani lainnya.dan cabai merah bisa di buat beberapa macam olahakan salah satunya dengan membuat saus cabai merah..

Contohnya saja seperti membuat cabai menjadi cabai kering, membuat cabai menjadi saus, dan membuat cabai menjadi bubuk cabai. Namun kebanyakan petani lebih memilih memasarkan cabainya secara langsung daripada mengolahnya menjadi bahan jadi.

Advertisements

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses pengolahan cabai hasil panen menjadi bahan jadi, mari simak penjelasan di bawah ini.Cara Mudah Membuat Saus Cabai Merah

Cara Mudah Membuat Saus Cabai Merah

Pembuatan saus cabai merah merupakan salah satu olahan masakan dari cabai. Setelah cabai selesai dipanen, petani akan segera memasarkannya. Ada sebagian dari petani cabai yang lebih memilih mengolah cabai hasil panennya menjadi saus cabai merah.

Kegiatan tersebut dinamakan sebagai kegiatan pascapanen. Kegiatan pascapanen ini sangat bermanfaat sekali. Selain hasil panen cabai dapat dijual ke pasaran, hasil panen cabai juga dapat diolah. Bagaimana cara membuat saus cabai merah ini?  Cara membuat saus cabai merah adalah sebagai berikut.

Advertisements
  1. Setelah cabai merah selesai dipanen, pilih dan pisahkan antara cabai merah yang betul-betul berwarna merah dengan cabai merah kehijauan.
  2. Setelah dipisahkan, selanjutnya ambil lah cabai yang berwarna merah seluruhnya. Usahakan jangan sampai cabai merahnya tidak seragam. Contoh tidak seragam seperti ada yang berwarna merah kehijauan dan lain sebagainya. Jika cabai merah dicampur dengan cabai merah yang berwarna kehijauan, maka saus cabai merah tidak akan jadi. Hal ini karena dalam proses pembuatan saus cabai merah ini membutuhkan cabai merah yang betul-betul berwarna merah tanpa campuran warna lain.
  3. Apabila tetap nekat mencampurkan cabai merah berwarna lain ke dalam bahan saus, maka yang terjadi adalah ketika saus tersebut selesai dibuat, warna saus tersebut bukan lagi berwarna merah tetapi berwarna kecokelatan.
  4. Setelah itu, proses selanjutnya adalah membuang cabai dari tangkainya.
  5. Cuci cabai merah sampai benar-benar bersih. Jangan sampai tersisa racun-racun yang menempel pada cabai.
  6. Setelah itu, barulah cabai beserta bahan-bahan lainnya (bawang merah dan bawang putih) digiling sampai menjadi bubur cabai.
  7. Kemudian panaskan bubur cabai tersebut lalu tambahkan beberapa bahan-bahan pelengkap lainnya (gula, garam, dan cuka). Panaskan hingga mendiih. Takaran antara bahan pelengkap dengan cabai merah harus disesuaikan dengan seberapa banyak cabai merah yang akan dipakai untuk membaut saus cabai.
  8. Setelah itu, saus yang telah jadi tersebut dimasukkan ke dalam botol yang telah dipersiapkan terlebih dahulu. Tutup botol tersebut hingga rapat.
  9. Kemudian lakukan pasturisasi selama setengah jam. Tahap pasturisasi ini berguna untuk membunuh kuman-kuman penyebab penyakit yang masih terkandung di dalam saus tersebut.
  10. Saus cabai merah siap untuk dipasarkan.

Baca Juga: Waktu Umur Panen Cabai Rawit Dan Merah

Pembuatan saus cabai merah ini sangat bermanfaat dan merupakan kegiatan pascapanen.Cukup sudah dan tidak membutuhkan pengalaman kusus,yang penting mau bergerak,anda sudah mampu untuk membuat caus cebe merah ini.demikian Cara Mudah Membuat Saus Cabai Merah semoga bisa berguna..

Advertisements
Cara Mudah Membuat Saus Cabai Merah | Penulis | 4.5