Cara Mudah Semai Biji Tomat Dalam Polybag

Cara Mudah Semai Biji Tomat Dalam Polybag – Sebagian petani ada yang memilih membeli benih di toko tanaman dan ada yang menyiapkan benih sendiri. Apabila dibandingkan antara membeli benih dengan menyiapkan benih sendiri, yang paling unggul adalah benih yang dibuat secara sendiri.

Mengapa begitu? Sebab, apabila kita menyiapkan benih sendiri, maka kita bisa tahu dari mana indukan benih tersebut berasal.

Advertisements

Berbeda terbalik apabila kita membeli benih di toko tanaman. Mungkin benih yang dihasilkan bukan dari induk yang berkualitas.Cara Mudah Semai Biji Tomat Dalam Polybag

Maka dari itu, bagi petani yang menginginkan nantinya tomat akan tumbuh dengan subur, maka bisa menyiapkan benih sendiri. Dengan begitu, tomat yang akan dihasilkan, akan tumbuh dengan baik dan subur.

Cara Mudah Semai Biji Tomat Dalam Polybag

Benih yang dibuat sendiri tidak memakan biaya yang mahal. Berbanding terbalik dengan apabila kita membeli benih. Harganya yang mahal yang membuat semua orang tidak mampu membelinya. Mungkin sebagian petani yang bermodal besar yang bisa membeli benih tersebut.

Memang kualitas benih yang mahal itu bagus dibandingkan dengan kualitas benih yang murah. Namun, walaupun begitu tidak semua orang tidak bisa membeli benih karena harganya yang mahal tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, yang bisa kita lakukan adalah membuat benih sendiri. Membuat benih secara sendiri bisa dilakukan untuk kita yang tidak mempunyai modal yang besar untuk bertanam tomat. Selain hemat biaya, cara membuat benih sendiri pun tidaklah sulit dilakukan. Mungkin semua orang bisa melakukan hal ini.

Baca juga; Ciri Bibit Tomat Bagus Buah lebat Untuk Pot

Advertisements

Ketika hendak membuat benih sendiri baik dalam pot dan polybag, hal yang perlu diperhatikan adalah memilih indukan tomat. Indukan yang baik adalah yang baik dan bagi.

Selain itu, indukan tomat yang sehat dan tingkat pertumbuhannya yang tinggi juga perlu diperhatikan. Tomat yang baik yang bisa diambil contohnya seperti yang sudah benar-benar matang dan lembek.

Memilih Jenis Tomat Untuk Di semai

Matang atau lembek bukan berarti tomat yang ambil adalah tomat busuk. Ingatlah, tomat busuk tidak bisa digunakan untuk diolah menjadi benih. Hal tersebut dikarenakan hanya tomat yang matang saja yang bisa diolah menjadi benih.

Ketika hendak mengambil tomat, sebaiknya waktu yang tepat adalah sekitar pukul 10.00 – 11.00. Pemetikan yang baik adalah yang dimabil pada musim penghujan. Hal tersebut dikarenakan musim penghujan waktu tomat untuk panen.

Baca juga: Cara Pembibitan Tanaman Tomat Pot

Setelah mendapatkan benih yang baik, bisa langsung diolah dan bisa digunakan untuk benih. Lantas bagaiamana cara mengolahnya? Cara mengolahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama pilih terlebih dahulu tomat yang matang dan yang berwarna merah.
  • Setelah itu, pisahkan antara biji dengan dagingnya.
  • Antara biji dan daging tomat, hanya biji tomat saja yang akan dipakai.
  • Setelah itu, masukkan biji tomat tadi di dalam tempat yang sudah ada airnya.
  • Proses perendaman ini dilakukan supaya benih dapat tumbuh dengan baik karena sudah di fermentasi.
  • Setelah difermentasi, cuci bersih biji tomat dengan air mengalir hingga bersih dan tidak ada sisa-sisa dagingnya lagi.
  • Selanjutnya sebarlah biji tomat di dalam suatu tempat, untuk kemudian diangin-anginkan.

Baca Juga: Keuntungan Menanam Tomat Di Dalam Pot

Demikian tulisan tentang Cara Mudah Semai Biji Tomat Dalam Polybag semoga berguna..salam..

Advertisements
Cara Mudah Semai Biji Tomat Dalam Polybag | Penulis | 4.5