Cara Nanam Sayur Hidroponik Dirumah

Cara Nanam sayur hidroponik Dirumah – Siapa yang tidak kenal hidroponik tanaman sayur untuk zaman sekarang ini.Ada cara yang paling unik untuk menanam sayur di pekarangan sempit di daerah rumah anda,yaitu dengan cara Hidroponik yang menggunakan bahan dari pipa pvc dan talang air..

Salah satunya dengan cara merakit beberapa pipa pvc, untuk sistem perairan dan talang air sebagai wadah penanamannya.Selain bahan di atas,Kita juga menggunakan pompa air akuarium untuk mengalirkan air ke suluruh bagian tanaman..Cara Nanam Sayur Hidroponik Dirumah

Dengan menggunakan cara ini,tanaman sayur yang akan kita hasilkan lebih terjamin higinis,segar dan cocok diterapkan di daerah rumah perkotaan atau yang tidak memiliki lahan untuk menanam sayur di rumah yang memang kusus untuk lahan rumah yang sempit agar kita mampu bercocok tanam.

Advertisements

Cara Membuat Instalasi hidroponik.

Yang terpenting semua bahan telah kita siapkan,selanjutnya langsung bisa lakukan perakitan.bahan yang di gunakan antara lain.

  1. Talang air.
  2. Penutup Talang.
  3. Keran.
  4. Pipa Pvc 0,5 in dan  pipa pvc 2 inci.
  5. Selang plastik.
  6. Pompa air akuarium.
  7. Bak penampung air atau bisa dengan ember.
  8. Tutup Talang.

Semua bahan di atas kita rakit menjadi satu dan untuk lebih detailnya silahkan lihat gambar di bawah ini.Cara Nanam Sayur Hidroponik Dirumah Cara Nanam Sayur Hidroponik Dirumah

Advertisements

Setelah semua rakitan pipa telah kita rakit.maka tahap selanjuntnya adalah menanam tanaman sayur yang yang telah kita siapkan.sebagai bahan percobaan,kita akan menggunakan tanaman sayur lada.untuk tata cara penanaman sebagai berikut.

  1. Pupuk yang telah kita siapkan di masukan langsung ke dalam boks kontainer.
  2. Selanjutnya,langsung nyalakan pompa air akuarium.
  3. Lalu kita masukan bibit tanaman sayur ke dalam lubang tanam.Media tanam yang kita gunakan adalah Rockwool dengan dimensi ukuran 2,5×2,5 cm.
  4. Selanjutnya masukan bibit sayur tersebut sampai media tanam penuh terisi.

Ada banyak jenis tanaman sayur yang bisa kita budidaya secara organik,antara lain adalah selada,sawi yang kedua tanaman sayur tersebut paling banyak di gemari dan memiliki harga yang relatif mahal di pasaran.

Baca juga: Media tanam untuk sawi dan selada hidroponik

Hal yang perlu di perhatikan serta cara melakukan perawatan harian adalah.untuk tanaman sayur selada,akan bisa di penen bisanya dalam waktu 40 hari dan untuk tanaman sawi bisa di panen dalam waktu 40-45 hari setelah bibit kita tanam.

Cara pemeliharaan tanaman Sayur hidroponik.

Tidak memerlukan perawatan kusus untuk tanaman sayur yang kita budidaya secara organik ini.sangat berbeda jika kita menanam sayur di lahan terbuka atau pot dan polybag.yang perlu di perhatikan adalah pupuk serta pompa air yang kita gunakan saja..

Kadar pupuk yang bagus untuk tanaman hidroponik adalah kadar pupuk yang terlarut.media pupuk yang di gunakan sebaiknya EC1,2 dan ph air di atas 5,7 yang bagus untuk pertumbuhan sayur hidroponik.

Baca juga: Kelebihan hidroponik untuk menanam sayur

Setelah bibit tanaman kita tanam ke dalam media tana,jangan lupa untuk langsung menyalakan pompa air akuarium tersebut.hal ini untuk mengaliri tanaman dengan menyalurkan air pupuk yang melewati talang air hingga akar tanaman basah..

Advertisements
Cara Nanam Sayur Hidroponik Dirumah | admin | 4.5