Cara Panen Buah Tomat Secara Benar

Cara Panen Buah Tomat Secara Benar – Bagi sebagian petani, proses memanen merupakan proses yang sangat ditunggu-tunggu. Pasalnya, saat panen inilah petani akan memetik hasil kerja kerasnya bertani selama ini.

Walaupun begitu, bukan berarti memanen dilakukan dengan asal-asalan saja. Memanen tanaman tomat memerlukan teknik-teknik khusus. Teknik ini dipakai supaya hasil dari panen tetap terjaga.

Advertisements

Sebelum panen dilakukan, sebaiknya tentukanlah terlebih dahulu apakah tomat sudah siap untuk dipanen atau belum. Apabila sudah siap barulah panen bisa dilakukan.

Namun sebagian dari Anda pasti ada yang tidak tahu bagaimana cara menentukan siap atau tidaknya tomat untuk dipanen. Anda jangan khawatir karena disini kita akan membahas mengenai menentukan tomat untuk siap panen.Cara Panen Buah Tomat Secara Benar

Cara Panen Buah Tomat Secara Benar

Untuk menentukan saat panen yang tepat, kebanyakan dari petani tomat lebih memilih menggunakan cara visual. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan cara visual semuanya dapat terlihat jelas siap atau tidaknya tanaman tomat untuk dipanen.

Lantas, apakah itu teknik visual? Teknik visual adalah teknik untuk melihat siap atau tidaknya tomat untuk dipanen dengan cara melihat bentuk fisik dari tomat itu sendiri.

Baca juga: Pengendalian Hama dan Penyakit Buah Tomat

Contohnya adalah seperti warna kulit dari tomat yang berwarna kuning kemetahan yang menandakan bahwa tomat siap untuk dipanen. Dengan begitu Anda dapat menentukan kapan tomat dapat dipanen.

Advertisements

Selain teknik visual, teknik lainnya yang sering digunakan untuk memanen tomat adalah teknik fisiologi. Namun karena teknik fisiologi ini dianggap biayanya lebih mahal dan hanya cocok untuk petani yang bermodal besar, jadi untuk petani bermodal kecil kebanyakan hanya menggunakan teknik visual untuk memanen tomatnya.

Teknik Panen Buah Tomat Budidaya

Ketika sedang memanen tomat, hendaknya dilakukan dengan hati-hati sekali. Hal ini bertujuan supaya kualitas dari tomat tetap terjaga dan kehati-hatian akan membawa bentuk tomat yang sempurna.

baca juga: Mengobati Penyakit Pada Tanaman Buah Tomat

Tidak hanya ketika pada saat memanen tomat saja, ketika menangani tomat sebelum sampai ketanam konsumen juga perlu hati-hati. Penangan ini dilakukan dengan hati-hati supaya konsumen tidak kecewa dengan kualitas tomat.

Untuk menghasilkan tomat yang berkualitas, pemanenan tomat bisa dilakukan dengan menggunakan tangan. Penggunaan tangan ini dianggap lebih efektif dan akan menghasilkan tomat yang baik.

Cara memanen tomat dengan menggunakan tangan adalah bagian ujung dari tomat diputar hingga terputus antara buah dan tangkainya. Selain itu, tomat juga bisa dipanen bersamaan dengan tangkainya.

Dari kedua cara pemanen tersebut, cara panen yang kedualah yang baik. Sebab, memetik toamt bersamaan dengan tangkaianya akan membuat tomat ini menjadi lebih tahan lama dari biasanya.

Kebanyakan orang ketika melakukan proses pemanenan terlalu tergesa-gesa dan akibatnya tomat yang dipetik pada berjatuhan karena tergesa-gesa tadinya. Kecerobohan seperti itu sering kali terjadi.

Baca Juga: Umur dan Waktu Panen Buah Tomat

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, usahakan ketika memanen tomat tidak terlalu tergesa-tegasa. Hal ini bertujuan agar buah tomat nantinya akan menghasilkan buah yang baik pula. Tidak ada salahnya bukan jika Anda memanen tomat dengan berhati-hati.

Demikian Cara Panen Buah Tomat Secara Benar semoga bisa berguna dan membantu..

Advertisements
Cara Panen Buah Tomat Secara Benar | Penulis | 4.5