Cara Pembibitan Bunga Anggrek Phalaenopsis

Cara Pembibitan Bunga Anggrek Phalaenopsis – Berbagai macam cara dapat di lakukan dalam melakukan budidaya tanaman hias ini, salah satu cara yang paling banyak di gunakan oleh para petani tanaman phalaenopsis ini ialah melakukan perbanyakan.

Proses perbanyakan ini merupakan hal yang sangat mudah di lakukan oleh kebanyakan orang, Tetapi tidak semua jenis spesies tanaman phalaenopsis ini dapat di perbanyak.

Hanya beberapa spesies tanaman phalaenopsis yang dapat di perbanyak, yaitu phalaenopsis venosa, phalaenopsis equistris dan phalaenopsis celebensis.

Advertisements

Biasanya perbanyakan ini di lakukan dengan menggunakan cara vegetatif dan menggunakan cara generatif. Kedua cara tersebut terbilang sangat mudah, untuk melakukannya pun tidak terlalu sulit.Cara Pembibitan Bunga Anggrek Phalaenopsis

Cara Pembibitan Bunga Anggrek Phalaenopsis

Cara melakukan perbanyakan  atu pembibitan dengan menggunakan cara vegetatif ini dapat di lakukan dengan melalui batang pada tanaman phalaenopsis. Batang tanaman phalaenopsis ini dapat di perbanyak dengan cara di lakukan dengan memangkas batang tanaman phalaenopsis tersebut.

Tetapi pemangkasan ini harus di lakukan dengan cara hati-hati, agar tidak terjadinya kerusakan pada tanaman hias phalaenopsis tersebut.

Selain melakukan perbanyakan dengan menggunakan cara vegetatif ini, ada cara perbanyakan yang lebih mudah untuk di lakukan yaitu perbanyakan dengan menggunakan cara generatif. Cara perbanyakan dengan generatif ini terbilang sangat mudah, hanya dengan mengambil serbuk sari yang ada pada bunga phalaenopsis tersebut.

Advertisements

Serbuk sari yang di ambil ini, bisa langsung di silangkan kepada jenis tanaman hias phalaenopsis lainnya, penyilangan ini juga harus di lakukan dengan menggunakan alat-alat yang steril sehingga perbanyakan ini dapat di lakukan dengan lancar.

Bukan hanya itu saja, cara vegetatif ini juga dapat di lakukan dengan mengguanakan biji pada tanaman hias tersebut. Biji yang akan di gunakana untuk melakukan penanaman ini harus di keringkan terlebih dahulu, jika biji tanaman di rasa sudah mengering dan mengelupas baru lah kita bisa melakukan proses penanaman

Perbanyak anggrek dengan biji

Biasanya perbanyakan dengan menggunakan biji dan serbuk sari pada tanaman ini dapat menghasilkan suatu tanaman yang sama persis dengan tanaman induknya. Tetapi jika perbanyakan hanya di lakukan dengan memangkas batang tanaman, itu tidak akan menjamin tanaman tersebut akan mewarisi sifat asli induknya.

Jika kita menginginkan hasil yang berbeda dengan yang lainnya, maka kita bisa melakukan proses perbanyakan dengan tanaman hias phalaenopsis yang berbeda spesies.

Jika perbanyakan di lakukan dengan berbeda spesies tersebut berhasil di lakukan dengan bantuan tangan manusia, maka akan menambah unsur keindahan pada tanaman hias phalaenopsis tersebut.

Proses pembudidayaan tanaman dengan menggunakan kedua cara ini, akan sangat baik bila tanaman yang di gunakan berasal dari jenis tanaman yang unggulan.

Jika tanaman yang di perbanyak tersebut tidak dalam kondisi yang baik atau sedang dalam kondisi sakit, maka sebaiknya jangan di perbanyak terlebih dahulu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dan langsung bisa anda praktekan di rumah,demikian Cara Pembibitan Bunga Anggrek Phalaenopsis semoga bisa membantu..salam..

Advertisements
Cara Pembibitan Bunga Anggrek Phalaenopsis | Penulis | 4.5