Cara Pembibitan Tanaman Tomat Pot

Cara pembibitan tanaman tomat pot – Untuk mendapatkan buah tomat yang baik dan berkualitas, tentu yang paling penting adalah mempersiapkan benih yang baik dan berkualitas. Benih yang baik akan membuat hasil dari tanamannya menjadi baik pula.

Benih dari tomat bisa diambil dari biji tomatnya langsung. Caranya adalah dengan memisahkan antara daging dan biji tomat. Setelah itu, barulah biji tomat dicuci dengan air bersih hingga benar-benar terpisah dari daging dan air tomat.

Setelah biji memang benar-benar bersih, selanjutnya benih atau biji sudah bisa ditaburkan atau ditanam di pot, polibag, maupun lahan terbuka.Cara Pembibitan Tanaman Tomat Pot

Advertisements

Untuk Anda yang ingin semuanya serba instan dan cepat, maka Anda bisa membeli benih di toko tanaman terdekat. Toko tanaman tersebut pasti anda menjual benih dari tanaman tomat.

Dengan begitu, Anda tidak perlu bersusah payah menyediakan benih sendiri karena sudah bisa langsung dibeli di toko tanaman.

Cara Pembibitan Tanaman Tomat Pot

Namun, harga benih yang tidak terlalu murah tersebut membuat sebagian orang lebih memilih membuat benih sendiri daripada membelinya. Tetapi bagi Anda yang sudah cukup dalam hal ekonomi, maka Anda bisa membelinya di toko tanaman.

Benih tanaman tomat terbagi atas beberapa jenis benih.. Dari semua benih tersebut, tidak ada yang sama satu pun cara kerjanya. Lantas, ada berapakah jenis benih dari tanaman tomat? Jenis benih diantaranya adalah:

Advertisements

Benih hidrida

Benih hidrida adalah benih hasil dari perkawinan silang antara tomat satu dengan tomat lainnya. Maksudnya disini adalah, perkawinan silang yang dilakukan antara tomat yang berbeda sifat dengan tomat yang berbeda sifat lainnya.

Dengan perbedaan tersebut kemudian dikawinkan menjadi satu membuat benih yang dihasilkannya menjadi benih yang sangat bagus dari benih-benih lainnya dan saling melengkapi satu sama lainnya.

Benih open pollinated

Benih open pollinated ini juga disebut dengan sebutan benih OP (singkatan dari open pollinated). Benih ini merupakan hasil dari perkawinan secara sendiri atau perkawinan sejenis.

Benih yang dihasilkan tidak begitu bagus. Jika dilakukan perbandingkan antara benih hibrida dengan benih OP, maka yang paling unggul adalah benih hibrida.

Mengapa begitu? Alasannya adalah, apabila benih hibrida merupakan hasil dari perkawinan yang dilakukan secara silang dan menghasilkan benih yang saling melengkapi satu sama lainnya karena antara kedua sifat dari kedua induknya yang berbeda, maka benih hibrida dapat menurunkana sifat kedua induknya.

Misalnya apabila induk satu memiliki sifat dapat berbuah banyak tetapi tidak dapat tahan dengan penyakit dan induk satunya memiliki sifat dapat tahan dengan penyakit tetapi buahnya tidak tumbuh dengan lebat.

Dengan begitu, yang tadinya tanaman tidak memiliki sifat dapat berbuah dengan banyak dan tidak dapat menahan penyakit maka bisa tertutupi.

Sedangkan benih OP ini berasal dari satu jenis tanaman. Misalnya induk tersebut memiliki sifat dapat berbuah banyak dan tidak tahan penyakit, maka yang akan tumbuh adalah benih yang sama seperti sifat induknya.Demikian tulisan Cara pembibitan tanaman tomat pot semoga berguna..

Advertisements
Cara Pembibitan Tanaman Tomat Pot | Penulis | 4.5