Cara Sederhana Menanam Cabai Rawit

Cara Sederhana Menanam Cabai Rawit – Cabai rawit merupakan cabai yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bahkan, kini cabai rawit telah menjadi idola tersendiri bagi sebagian orang. Rasanya yang pedas membuat cabai rawit semakin disukai oleh banyak orang.

Cabai rawit termasuk salah satu jenis cabai yang ada di dunia dan yang telah berkembang di Indonesia. Cabai memiliki beragam jenis dan salah satunya adalah cabai rawit. Cabai berasal dari Amerika. Kemudian para pedagang membawa cabai keberbagai negara yang ada di dunia.

Advertisements

Dan akhirnya masuk ke Indonesia. Pedagang yang berasal dari Amerika tersebut membawa dan memperkenalkan cabai keberbagai negara hingga banyak orang yang menyukai cabai..Cara Sederhana Menanam Cabai Rawit

Cara Sederhana Menanam Cabai Rawit

Cabai rawit memiliki berbagai macam kegunaannya. Salah satu kegunaan dari cabai rawit adalah sebagai bumbu masakan. Sudah banyak masyarakat dunia yang menggunakan cabai rawit sebagai bumbu masakan.

Para ibu rumah tangga yang ada di Indonesia maupun di negara lainnya selalu menggunakan cabai rawit sebagai bahan pelengkap masakan. Walaupun harga cabai rawit melonjak tinggi, masyarakat Indonesia terutama ibu rumah tangga tetap membeli cabai rawit. Hal tersebut membuktikan bahwa cabai rawit sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Bahkan kini banyak masyarakat Indonesia yang mulai membudidayakan cabai rawit dipekarangan rumahnya. Selain dapat menggunakan lahan yang kosong untuk dijadikan tempat yang berguna, menanam cabai dipekarangan rumah juga akan menguntungkan bagi orang yang menanam cabai dipekarangan rumahnya.

Advertisements

Salah satu keuntungan yang didapatkan apabila menanam cabai dipekarangan rumah adalah apabila pada saat harga cabai rawit sedang melonjak naik, maka kita tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli cabai rawit dipasaran karena kita sendiri sudah mempunyai cabai rawit yang kita budidayakan sendiri dipekarangan rumah kita.

Namun, menanam cabai rawit dipekarangan rumah tidak boleh sembarangan. Harus dengan baik dan baik agar mendapatkan hasil yang baik pula. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membudiyakan cabai rawit dipekarangan rumah, diantaranya adalah sebagai berikut.

Syarat tumbuh Cabai Rawit

Syarat tumbuh harus dipenuhi agar kita mendapatkan cabai rawit yang baik. Syarat tumbuhnya adalah sebagai berikut.

  • Syarat tanah

Syarat tanah yang baik adalah subur, mengandung banyak unsur zat hara, mengandung humus, gembur, dan sistem drainasenya yang baik.

  • Syarat tempat tumbuh

Syarat tempat tumbuh yang baik adalah di daerah dataran tinggi maupun daerah dataran rendah. Yang terpenting adalah tidak tergenang oleh air dan bagus sebagai tempat tumbuh tanaman cabai.

  • Syarat musim yang baik

Cabai rawit dapat tumbuh pada musim penghujan maupun musim kemarau. Musim tidak membawa pengaruh terlalu besar bagi tanaman cabai.  Yang terpenting hanya lah perawatan cabai rawit yang baik. Untuk suhu yang baik untuk tanaman cabai sendiri adalah 26 – 32 derajat Celcius.

Baca Juga: Teknik Bertanam Cabai di Dalam Pot

Syarat-syarat diatas haruslah dipenuhi supaya cabai rawit yang dibudidayakan hasil nantinya akan baik.Mungkin hanya ini saja yang bisa saya sampaikan tentang Cara Sederhana Menanam Cabai Rawit semoga bisa membantu dan berguna..salam.

Advertisements
Cara Sederhana Menanam Cabai Rawit | Penulis | 4.5