Ciri Fisik Tanaman Hias Aglaonema Hibrida

Ciri Fisik Tanaman Hias Aglaonema Hibrida – Aglaonema dapat dibedakan menjadi dua jenis. Yaitu aglaonema asli dan aglaonema hibrida. Apa itu aglaonema asli dan aglaonema hibrida itu? Aglaonema asli adalah tanaman aglaonema yang berasal dari alam dan bukan dari hasil dari silangan.

Sedangkan aglaonema hibrida yaitu tanaman aglaonema yang berasal dari hasil persilangan antara aglaonema jenis satu dengan aglaonema jenis lainnya dan bukan dari hasil alam.

Advertisements

Pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas mengenai aglaonema hibrida saja. Aglaonema hibrida telah ada sejak puluhan tahun yang lalu.

Aglaonema hibrida yang pertama kali muncul adalah Aglaonema Silver Queen. Aglaonema ini lah yang pertama kalinya muncul sebagai aglaonema hibrida pertama.Ciri Fisik Tanaman Hias Aglaonema Hibrida

Ciri Fisik Tanaman Hias Aglaonema Hibrida

Aglaonema hibria mempunyai kelebihan daripada aglaonema asli. Apa kelebihannya? Kelebihannya adalah aglaonema hibrida lebih tahan penyakit daripada aglaonema asli.

Selain itu, bentuknya lebih indah daripada aglaonema asli. Saat ini, para penghobis mulai melakukan pengawin silangan antara aglaonema jenis satu dengan aglaonema jenis lainnya.

Baca Juga: Sosok Dan Syarat Tumbuh Aglaonema

Hal ini bertujuan agar mendapatkan aglaonema hibrida-hibrida yang lebih menawan dan menghasilkan aglaonema yang lebih tahan terhadap penyakit. Aglaonema hibrida dibagi lagi atas dua jenis, yaitu aglaonema paten dan aglaonema non paten. Apa itu aglaonema paten dan aglaonema non paten? Untuk mengetahuinya, mari kita simak penjelasan di bawah ini:

Advertisements
  • Aglaonema paten

Apa itu aglaonema paten? Aglaonema paten adalah aglaonema yang telah terdaftar di hak paten. Jadi intinya aglaonema hibrida yang telah terdapaftar di hak paten telah mempunyai hak patennya sendiri.

Untuk mendapatkan hak paten, para penghobis harus mengajukan dan mendaftarkan aglaonema yang ingin dipatenkan haknya.

Jika telah melewati syarat-syarat tertentu, hak paten aglaonema pun bisa didapatkan. Tidak lah senang mendapatkan hak paten untuk aglaonema. Perlu perjuangan agar aglaonema kita mendapatkan hak patennya.

Selain itu, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mendapatkan hak paten untuk aglaonema sendiri. Di Indonesia sendiri, tidak banyak yang mengajukan hak paten aglaonema.

Harga dari aglaonema paten ini tidak lah mahal. Hal tersebut dikarenakan jumlah aglaonema paten ini sangat lah banyak karena dibudidayakan secara masal. Jadi, jangan berfikiran kalau aglonema paten harganya lebih mahal dari pada aglaonema non paten.

  • Aglaonema non paten

Berbeda terbalik dengan aglaonema paten. Aglaonema non paten adalah aglaonema yang tidak terdaftar di hak paten. Biasanya aglaonema non paten ini tidak memiliki nama atau sebutan. Berbeda halnya dengan aglaonema paten yang memiliki nama atau sebutan.

Aglaonema non paten harga jualnya jauh lebih mahal dari pada aglaonema paten. Mengapa begitu? Hal tersebut dikarenakan aglaonema non paten tidak di budidayakan secara masaal melainkan hanya beberapa orang saja yang membudidayakannya.

Baca Juga: Pamor Aglaonema Hibrida Tak Pernah Surut

Maka dari itu, harga yang ditetapkan bagi aglaonema non paten jauh lebih mahal daripada aglaonema paten.Demikian sedikit penjelasan tentang¬†Ciri Fisik Tanaman Hias Aglaonema Hibrida semoga bisa bermanfaat…salam..

Advertisements
Ciri Fisik Tanaman Hias Aglaonema Hibrida | Penulis | 4.5