Jenis Dan Spesies Anggrek Phalaenopsis

jenis Dan Spesies Anggrek Phalaenopsis – Sebagai tanaman hias, phalaenopsis memiliki berbagai macam spesies. Berbagai macam spesies itu diantaranya adalah sebagai berikut:

Ciri-ciri yang dimiliki oleh anggrek satu ini adalah memiliki batang yang sangat pendek. Karena pendeknya batangnya, sampai-sampai batang tanaman ini tidak terlihat karena tertutup oleh pelepah daun.

Pada umumnya, anggrek jenis ini memiliki daun yang sedikit. Dalam satu pohon saja hanya terdiri atas 5 hingga 8 lembar.jenis Dan Spesies Anggrek Phalaenopsis

Advertisements

jenis Dan Spesies Anggrek Phalaenopsis

Namun, anggrek ini memiliki daun yang bisa dikatakan panjang. Panjang daunnya bisa mencapai 9 cm per daunnya. Anggrek ini juga memiliki bunga dengan kombinasi warna yang sangat menarik. Lantas, dari manna anggrek ini berasal? Anggrek jenis ini berasal dari Indonesia tepatnya dari pulau Sulawesi.

Phalaenopsis fasciata

Anggrek jenis ini tersebar di Indonesia. Selain di Indonesia, penyebaran anggrek ini juga sudah sampai ke Malaysia dan Filipina. Pertama kali yang diperkenal kan ke halayak ramai merupakan anggrek dari Malaysia. Setelah diperkenal ke publik barulah anggrek jenis ini mulai dikenal oleh publik dan menjadi primadona.

Phalaenopsis fasciata memiliki kombinasi warna bunga yang beragam. Kombinasi warna bunga phalaenopsis fasciata adalah kuning, merah, dan ungu. Sedangkan bentuk daunnya adalah bulat dan berwarna hijau. Batang tanaman ini berbentuk pendek dan jika dilihat secara sekilas batang tidak akan terlihat karena ditutupi oleh daun.

Phalaenopsis amboinensis

Advertisements

Apakah ada yang tahu dari mana phalaenopsis amboinensis ini berasal? Sesuai dengan namanya, phalaenopsis ambinensis berasal dari Indonesia tepatnya di Ambon. Karena ditemukan di Ambon, maka anggrek ini diberi nama phalaenopsis amboinensis.

Saat ini, keberadaan anggrek amboinansis ini sudah langka. Banyak para penghobis anggrek yang memburu tanaman anggrek ini karena keberadaannya yang langka ini. Para kolektor juga memburu anggrek ini. Hal tersebut tidak lain karena tanaman ini sudah langka keberadaannya di alam bebas.

Para penghobis memburu anggrek ini bukan karena alasan. Selain karena langka, tanaman ini juga memiliki bentuk yang sangat khas. Mulai dari bentuk bunga, daun, dan batang, semuanya berbentuk sangat unik dan khas.

Kareana itulah anggrek ini diburu oleh banyak orang. Namun, anggrek jenis ini dihargai sangat mahal. Namun, harga yang mahal sebanding engan bentuknya yang sangat unik.

Phalaenopsis sumatrana

Phalaenopsis sumatrana merupakan anggrek yang berasal dari Indonesia tepatnya di Pulau Sumatera Selatan. Disitulah phalaenopsis sumatrana ditemukan dan pada akhirnya diperkenalkan ke publik pada tahun 1860. Karena ditemukan di Pulau Sumatera akhirnya anggrek jenis ini diberi nama phalaenopsis sumatrana.

Baca Juga: Teknik Persilangan Antar Spesies Anggrek

Selain di Indonesia, penyebaran anggrek ini juga sampai ke negara lain yaitu Thailand dan Malaysia. Anggrek ini termasuk anggrek jenis epifit. Karena termasuk jenis epifit, anggrek sumatrana memiliki bentuk batang yang pendek dan terkadang tertutup oleh daunnya yang panjang.

Dari sekian banyak jenis tanaman anggrek phalaenopsis tersebut,bisa kita budidaya di daerah tropis kususnya negara kita indonesia.Demikian jenis Dan Spesies Anggrek Phalaenopsis semoga berguna dan bermanfaat…salam..

Advertisements
Jenis Dan Spesies Anggrek Phalaenopsis | Penulis | 4.5