Jenis Encephalartos Dan Cara Perawatanya

Jenis Encephalartos Dan Cara Perawatanya – Encpehalartos merupakan salah satu tanaman hias. Ciri-ciri dari tanaman hias yang satu ini adalah bentuknya yang besar dan gagah. Selain itu, warna daunnya hijau dan juga bercabang.

Bentuknya yang besar dan gagah ini mencerminkan sebagai tanaman hias yang sangat disukai oleh sebagian orang yang memang gemar memelihara tanaman encephalartos ini. Sampai-sampai sekarang sudah ada yang mau mengkoleksinya.

Advertisements

Bukan hanya satu atau dua orang saja yang mengoleksi encephalartos, namun lama kelamaan jumlah kolektor yang mengkoleksi tanaman hias ini menjadi meningkat.

Para kolektor berlomba-lomba untuk mendapatkan tanaman gagah yang satu ini. Mengapa para kolektor berlomba-lomba mengkoleksi dan mendapatkan tanaman enceohalartos? Karena, tanaman hias encephalartos, kini keberadaannya semakin langka.Jenis Encephalartos Dan Cara Perawatanya

Semakin sulitya mencari tanaman hias encephalartos, maka semakin berlomba-lomba pula para kolektor untuk mengkoleksi tanaman hias yang satu ini.

Jenis Encephalartos Dan Cara Perawatanya

Walaupun encephalartos ini dikatakan sebagai tanaman langka, namun itu tidak menyurutkan bagi para penghobi untuk memilikinya. Namun kebanyakan yang memiliki tanaman encephalartos ini adalah kalangan menengah atas. Mengapa hanya kalangan menengah atas saja yang memiliki tanaman yang satu ini?

Jawabannya adalah karena tanaman hias satu ini termasuk tanaman yang memiliki harga selangit. Harga yang mahal tersebut dikarenakan semakin lama encephalartos keberadaannya semakin langka. Oleh karena kelangkaannya itulah yang membuat harganya meningkat.

Perlu Anda ketahui bahwa encephalartos telah ada sejak zaman purba. Sejak dahulu hingga sekarang, kepopulerannya tetap terjaga dan tidak pernah luntur.

Advertisements

Tidak sebanding dengan kepopulerannya, keberadaannnya di alam aslinya kini sudah hampir punah. Wajar saja punah, itu dikarenakan tanaman ini sudah hadir sejak puluhan hingga ratusan tahun yang lalu.

Baca juga: Ciri Fisik Tanaman Bunga Hias Azalea Mahal

Namun, sebenarnya jika tanaman ini dijaga keberadaannya, mungkin kini tanaman ini tidak akan langka. Kelangkaan ini dikarenakan banyaknya orang yang mengambil tanaman ini namun tidak menanam yang baru.

Oleh karena itu, agar Anda tetap bisa melihat tanaman encephalartos ini sampai kedepannya, maka rawatlah encephalartos yang Anda miliki. Supaya dapt berkembang.

Ciri fisik tanaman hias encephalartos unggul

Dengan sosoknya yang kokoh dan gagah membuat encephalartos dijadikan sebagai simbol prestisius. Karena itulah banyak orang yang meletakkan tanaman ini didepan rumah atau diperkarangan rumahnya.

Hal itu mempunyai tujuan. Tujuannya yaitu menjadikan encephalartos sebagai simbol prestisius. Tanaman ini perlu dirawat dengan benar.

Perawatan yang benar dan rutin akan membuat encephalartos menjadi tanaman yang gagah dan kokoh. Namun jika tidak dirawat dengan benar dan kokoh, maka jadinya sebaliknya, yaitu tanaman ini menjadi layu dan tidak kokoh lagi.

Ketika meletakkan encephalartos ini juga tidak boleh sembarangan. Perlu diperhatikan kelembapan, intensitas sinar matahari dan suhu. Encephalartos mampu hidup pada kelembapan yang rendah. Ingatlah kelembapan yang rendah bukanlah tinggi.

Baca Juga: Mengenal Tanaman Bunga Hias Bromelia

Selain itu, sinar matahari yang dibutuhkannya juga tergolong banyak. Sementara suhu yang dibutuhkannya adalah 28 Р30 derajat C. sekian penjelasan tentang Jenis Encephalartos Dan Cara Perawatanya semoga membantu..

Advertisements
Jenis Encephalartos Dan Cara Perawatanya | Penulis | 4.5