Jenis Hama dan Penyakit Jambu Biji

Jenis hama dan penyakit jambu biji – Hama dan penyakit sering kali menghampiri setiap tanaman yang ada. Bagi para petani, hama dan penyakit merupakan suatu hal yang menakutkan.

Sebab, apabila hama dan penyakit datang maka tanaman mereka pasti akan mati. Tak jarang petani akan gagal panen akibat hama dan penyakit datang dan menyebar di tanaman.

Advertisements

Begitu pula dengan tanaman jambu biji. Hama dan penyakit tidak memilih-milih tanaman mana saja yang akan ia hinggapi, namun semua tanaman sama saja. Bahkan tidak ada  satu petani pun yang tidak pernah tanamannya yang tidak pernah terserang hama dan penyakit.Jenis Hama dan Penyakit Jambu Biji

Jenis Hama Penyakit Jambu Biji

Hama dan penyakit dapat menyebar secara cepat. Tambah cepat lagi apabila tanaman jambu biji memang  jarak antara pohonnya saling berdekatan. Tanaman yang saling berdekatan akan membuat cepatnya penyebaran hama dan penyakit.

Oleh karena itu, sangat disarankan sekali untuk para petani yang baru masuk ke dunia pertanian, usahakan ketika menanam tanaman jambu biji tidak berdekatan.

Jarak maksimal antara satu pohon dengan pohon lainnya adalah 5 meter. Dengan cara begitu, hama dan penyakit tidak mudah tersebar kemana-mana karena jaraknya yang berjauhan antara satu pohon dengan pohon lainnya.

Ketika hama dan penyakit bisa datang kapan saja. Sebelum hama dan penyakit tersebut datang dengan tiba-tiba, maka sebaiknya cegah lah terlebih dahulu. Jangan menunggu hingga hama dan penyakit datang dan membuat gagal panen.

Advertisements

Mengatasi hama penyakit dengan cepat

Bukankah mencegah itu lebih baik. Namun, jika sudah terlanjur tanaman terserang hama dan penyakit, maka lakukanlah suatu hal yang membuat hama dan penyakit tidak menyerang lagi ke tanaman jambu biji.

Apabila hama dan penyakit sudah datang, maka siap-siaplah merugi. Kerugian akibat hama dan penyakit bukanlah kerugian yang kecil. Namun kerugian yang sangat besar. Apalagi jika mengalami gagal panen.

Antara hama dan penyakit itu berbeda. Saat ini, hama yang sudah menyerang jambu biji di Indonesia adalah lalat buah. Lalat buah ini dianggap sebagai hama terpenting. Lalat buah bukan menyerang tanaman jambu biji, namun lalat buah menyerang buah dari jambu biji. Terutama pada buah beraging merah. Untuk jambu biji berdaging putih belum begitu banyak, tidak seperti pada jambu biji berdaging merah.

Jenis Hama pada tanaman Jambu

Jika jambu biji berdaging merah diserang oleh lalat buah, maka jambu biji berdaging putih diserang oleh lalat buah. Lalat buah hanya akan menyerang buah jambu biji berdaging putih, bukanlah berdaging merah.

Selain pada buah, hama juga akan menyerang pada daun dari tanaman jambu biji. Hama yang sering menyerang tanaman jambu biji seperti ulat katung dan ulat penggulung daun.

Hama akan mengakibatkan kerusakan secara tidak langsung maupun secara langsung. Apabila terjadi kerusakan langsung pada tanaman maka tanaman tersebut akan langsung mati. Sedangkan kerusakan secara tidak langsung adalah tanaman akan secara perlahan-lahan akan mati.

Awalnya terdapat tanda-tanda pada daunnya yang telah ada bercak-bercaknya. Jika bertemu dengan daun yang ada bercaknya tersebut maka pangkaslah segera. Tujuannya untuk menghindari hama menyebar keseluruh pohon.

Advertisements
Jenis Hama dan Penyakit Jambu Biji | Penulis | 4.5