Jenis Media Tanam Untuk Menanam Tomat

Jenis media tanam untuk menanam tomat – Media tanam merupakan sesuatu yang paling penting dalam menanam suatu tanaman. Begitu pula dengan tanaman tomat. Tanaman tomat sangat membutuhkan media tanam sebagai bahan utamanya. Media tanam yang baik akan mempengaruhi tumbuhnya tomat kedepannya.

Media tanam terbagi atas beberapa jenis, diantaranya adalah tanah berpasir, kompos, tanah, pupuk kandang, arang sekam, sabut kelapa, dan spagum moss.

Advertisements

Keseluruhan jenis media tanam tersebut perlu dilengkapi agar hasil yang akan didapatkan ke depannya menjadi baik secara keseluruhan. Untuk mengetahui tentang jenis media tanam lebih lanjut, simaklah penjelasan di bawah ini.Jenis Media Tanam Untuk Menanam Tomat

Jenis Media Tanam Untuk Menanam Tomat

Tanah berpasir ini biasanya dipakai pada saat proses penyemaian benih. Sifatnya yang mempunyai sistem drainase yang baik yang membuatnya mampu melakukan proses penyemaian benih. Untuk menggunakan tanah berpasir ini, sebaiknya dicampur dengan media tanah dan media pupuk.

Hal ini dilakukan supaya tanaman dapat hidup karena dicampur dengan menggunakan media tanah dan media pupuk.

Jika hanya tanah berpasir saja yang digunakan, maka tanaman tidak bisa hidup. Itu dikarenakan tanah berpasir memiliki kandungan zat hara yang sangat sedikit atau sangat miskin akan zat hara, maka dari itu,..

Baca Juga: Ciri Bibit Tomat Bagus Buah lebat Untuk Pot

Tanah berpasir tidak bisa dipakai untuk media tanam jika tidak dicampuri dengan tanah dan pupuk. Ketika menggunakan tanah berpasir, sebaiknya tanaman selalu disiram dengan air agar tumbuh dengan baik.

Advertisements

Media tanam tomat Kompos

Kompos adalah hasil dari pembusukan yang terjadi pada limbah organik contohnya seperti daun dan rumput. Kompos ini sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Hal ini dikarenakan kompos memiliki sifat yang mampu mengembalikan tanah yang tadinya gersang menjadi tanah yang subur kembali karena pemberian kompos tersebut.

Kompos yang baik adalah yang berwarna hitam tetapi ada sedikit cokelatnya. Selain itu, pilih kompos yang tidak ada bau sama sekali dan juga pilih kompos yang tidak memiliki kadar air yang cukup tinggi.

Media tanam Dari Tanah

Kelebihan dari tanah adalah dapat mengikat air yang berlebih. Air dalam jumlah banyak pun tanah mampu mengikatnya.

Baca juga: Cara Mudah Semai Biji Tomat Dalam Polybag

Itu dikarenakan tanah memiliki pori-pori berukuran besar yang lebih sedikit daripada pori-pori berukuran kecil yang lebih banyak. Karena itulah tanah mampu mengikat air dalam jumlah yang banyak sekalipun.

Manfaat Pupuk kandang Untuk tomat

Pupuk kandang adalah hasil pembusukan yang terjadi pada kotoran hewan. Misalnya seperti hewan kambing, kuda, sapi, dan ayam. Keempat hewan tersebut kotorannya dapat dipakai sebagai pupuk kandang.

Pupuk kandang yang dapat digunakan apabila memenuhi syarat sebagai berikut. Warnanya yang sudah hitam tetapi sedikit kecokelatan. Selain itu, pupuk kandang juga perlu yang sudah steril supaya tetap terjaga.

Baca juga: Pot Paling Tepat Untuk Menanam Tomat

Pupuk kandang tidak jauh berbeda dengan kompos. Hanya saja apabila kompos terbuat dari pembusukan limbah organik, lain halnya dengan pupuk kandang yang terbuat dari pembusukan kotoran hewan.Sekian artikel tentang Jenis Media Tanam Untuk Menanam Tomat semoga berguna..

Advertisements
Jenis Media Tanam Untuk Menanam Tomat | Penulis | 4.5