Jenis Penyakit Mematikan Pada Jambu Biji

Jenis penyakit mematikan pada jambu biji – Tanaman jambu biji merupakan tanaman yang dapat diserang oleh penyakit maupun hama. Keduanya sangat berbahaya untuk kelangsungan hidup dari tanaman jambu biji. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang penyakit saja.

Membahas mengenai penyakit penting yang menyerang jambu biji, mungkin tidak banyak yang tahu tentang penyakit apa saja yang menyerang pada jambu biji.

Advertisements

Sebenarnya penyakit yang dapat menyerang jambu biji itu sangat banyak sekali. Namun, mungkin yang hanya diketahui oleh petani tanaman jambu biji serta halayak ramai hanya beberapa saja.Jenis Penyakit Mematikan Pada Jambu Biji

Lantas, apa-apa saja penyakit penting yang dapat menyerang jambu biji? Penyakit yang dapat menyerang tanaman jambu biji diantaranya adalah:

  • Bercak daun

Tak jarang kita banyak menemukan bercak daun pada tanaman jambu biji. Tak sedikit pula orang yang ingin tahu dari mana bercak daun itu berasal. Bercak daun ini berasal dari bakteri yang dinamakan Colletotrichum sp.

Bakteri ini sering hinggap pada daun mengakibatkan bercak pada daun. Tanda-tanda adanya bercak pada daun adalah terdapat bercak yang berwarna cokelat dengan ada campuran merahnya.

Jika bercam tersebut sudah timbul, maka segera buang ranting daun tersebut. Tujuannya supaya bakteri penghasil bercak daun ini tidak menyebar hingga keranting hingga ke pohon lainnya.

Advertisements

Cara mencegah terjadinya penyakit bercak daun adalah dengan menyemprotkan cairan pestisida ke tanaman jambu biji.

  • Kanker berkudis

Seperti layaknya pada manusia, tanaman pun juga bisa terkena kanker. Tak terkecuali tanaman jambu biji. Jambu biji dapat terserang penyakit kanker.

Penyakit kanker menyerang pada bagian kulit jambu biji. Kanker berkudis banyak menyerang dan tumbuh pada daerah yang memiliki kelembapan yang tinggi.

Kanker berkudis disebabkan oleh jamur yang menyerang kulit jambu biji. Gejala yang muncul ketika jambu biji terkena kanker berkudis adalah buah dari jambu biji berwarna hitam dengan sedikit kecoklatan dan terdapat beberapa jaringan tanaman yang mati.

Apabila ditemukan tanda-tanda demikian, segera dikendalikan. Lantas bagaimana cara mengendalikan kanker berkudis?

Cara mengendalikan kanker berkudis adalah dengan membungkus buah jambu biji dengan menggunakan plastik bening. Membungkus buah dilakukan supaya jamur tidak menyerang buah dari tanaman jambu biji ini.

  • Embun jelaga

Embun jelaga merupakan salah satu penyakit yang menyerang tanaman jambu biji. Oleh masyarakat Indonesia khususnya kalangan petani, embun jelaga sering disebut dengan cendawa.

Cendawa tidak menyerang sendirian, namun dibantu dengan beberapa kutu seperti kutu putih dan kutu lainnya. Cendawa juga sering disebut penanda untuk datangnya para kutu-kutu.

Cendawa ini menyebabkan kerugian yang tidak langsung. Cendawa atau embun jelaga ini sering kali menyerang tanaman jambu biji pada bagian daun saja terutama pada bagian atas dan bawah daun.

Seperti penyakit lainnya, embun jelaga juga berbahaya bagi tanaman jambu biji. Apabila daun tertutup oleh embun jelaga, maka proses fotosintesis akan terganggu.

Advertisements
Jenis Penyakit Mematikan Pada Jambu Biji | Penulis | 4.5