Jenis Sayuran Organik Paling Bagus Dan Sehat

Jenis Sayuran Organik Paling Bagus Dan Sehat – Apa itu sayuran organik? Sayuran organik merupakan sayuran yang dibudidayakan berbeda dengan sayuran lainnya. Pertanian organik merupakan sebutan bagi teknik menanam sayuran organik ini.

Teknik pertanian organik kini telah banyak diterapkan oleh petani Indoensia. Teknik pertanian organik dinilai lebih ramah lingkungan dan hasil sayurannya juga bagus.

Teknik pertanian organik memegang dua prinsip, yaitu prinsip tradisional dan prinsip modern. Para petani sayuran diajak untuk memadukan prinsip tersebut agar menciptakan keseimbangan ekosistem, keanekaragaman varietas, dan kekhasan tanaman sayuran lokal.Jenis Sayuran Organik Paling Bagus Dan Sehat

Advertisements

Itulah keunggulan dari teknik petanian organik. Dengan memadukan antara teknologi modern dengan tradisional menghasilkan tanaman yang berbeda.

Jenis Sayuran Organik Paling Bagus Dan Sehat

Dengan dijelaskan seperti itu, apakah Anda tertarik untuk membudidayakan sayuran organik? Membudidayakan sayuran organik tidaklah sulit. Sama halnya dengan membudidayakan tanaman sayuran pada umumnya. Namun dibutuhkan kesabaran yang ekstra agar hasil dari sayuran organik sesuai dengan keinginan Anda.

Cara membudidayakan sayuran organika adalah sebagai berikut.

Advertisements
  • Pertama-tama sediakan lahan. Kemudian lahan tersebut dibuat bedengan. Buatlah bedengan sesuai dengan lahan yang Anda punya.
  • Kemudian sediakan pula pupuk kandang.
  • Setelah itu, pupuk kandang ditaburkan di atas tanah bedengan tersebut. Kemudian campur menjadi satu antara tanah bedengan dengan pupuk kandang yang telah ditaburkan.
  • Beri sekam. Sekam dapat dibuat sendiri atau dibeli di toko tanaman.
  • Setelah itu barulah benih bisa ditebarkan. Dan rawatlah tanaman sayuran organik dengan baik.

Ada beragam jenis sayuran organik yang bisa Anda budidayakan dengan menggunakan teknik pertanian organik. Salah satu dari jenis sayuran organik tersebut bisa Anda gunakan untuk dibudidayakan. Apa-apa saja jenis sayuran organik itu? Jenis-jenis sayuran organik diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Tomat

Tomat kini telah memiliki varietas unggul khusus untuk daerah dataran rendah saja. Apabila dulu tidak ada, maka sekarang sudah ada untuk varietas unggul daerah dataran rendah. Menanam sayuran tomat ini haruslah menggunakan ajir pada batang yang merambat.

Jika tidak diberikan ajir, maka batang akan layu karena tidak ada tempat untuk merambat.jangan lupa baca juga Jenis Sayuran Kandungan Serat Tinggi

  • Buncis

Cara menanam buncis sama dengan cara menanam sayuran lainnya. Namun, tempat untuk menanam buncis haruslah dibuat lubang-lubang. Pada minggu ke empat setelah penanaman berlangsung, bunga buncis mulai tumbuh. Pada saat batang sudah mulai meninggi sebaiknya diikat  dengan menggunakan tali rafia.

Tujuan pengikatan dengan menggunakan tali rafia adalah supaya batang tidak menjalar pada tanaman buncis lainnya. Untuk mendapatkan buncis yang berkualitas, Anda harus memilih benih yang berkualitas. Biarkan  buncis dijemur hingga matang. Setelah itu barulah benih bisa ditanam atau dibudidayakan.

Pemeliharaan buncis haruslah dilakukan dengan benar. Apabila terdapat hama, cara pembasmiannya jangan disemprot menggunakan cairan kimia. Melainkan diambil menggunakan alat atau menggunakan tangan kosong. Mengingat disini kita membudidayakan tanaman sayuran organik.simak juga Tips Sebelum Menanam Sayuran Ala Rumahan

Advertisements
Jenis Sayuran Organik Paling Bagus Dan Sehat | Penulis | 4.5