Lokasi varietas Menanam Cabai Musim Hujan

Lokasi varietas Menanam Cabai Musim Hujan – Musim penghujan merupakan musim dimana para petani cabai beralih kepada komoditas tanaman lainnya. Mengapa begitu? Hal tersebut dikarenakan, pada saat musim penghujan, tanaman cabai sangat rentan terhadap penyakit.

Jika satu tanaman cabai saja sudah terkena serangan penyakit, maka tanaman cabai lainnya akan mengikuti tanaman cabai yang terkena serangan penyakit tersebut.

Hal tersebut hanya terjadi pada saat musim penghujan saja. Mengapa terjadi hanya pada saat musim penghujan saja? Hal tersebut dikarenakan pada saat musim penghujan, kelembapan akan menjadi tinggi.

Advertisements

Sedangkan kelembapan yang terlalu tinggi sangat tidak baik bagi cabai. Kelembapan yang terlalu tinggi akan membuat bakteri-bakteri penyebab penyakit berdatangan dan menyerang tanaman cabai.Lokasi varietas Menanam Cabai Musim Hujan

Lokasi varietas Menanam Cabai Musim Hujan

Menanam atau membudidayakan cabai pada saat musim penghujan, itu sama saja siap untuk menanggung  resiko kegagalan panen. Resiko gagal panen pada saat musim penghujan sangatlah tinggi. Namun, jika berhasil, maka petani cabai akan mendapatkan untung yang sangat besar dari hasil penjualan cabainya di pasaran.

Sebenarnya, menanam atau membudidayakan cabai pada saat musim penghujan itu tidak salah. Yang paling terpenting ketika menanam cabai pada saat musim penghujan adalah melihat lokasi yang cocok untuk ditanami cabai. Jika hal tersebut dilakukan, maka resiko kegagalan panen akan hilang dan menjadi keuntungan yang akan diperoleh ketika panen siap dilakukan dan cabai dipasarkan.

Advertisements

Media untuk semai biji dan bibit cabai

Menyiapkan media semai juga harus dilakukan. Media semai yang bagus akan membuat tanaman cabai akan menjadi bagus pula. Media semai ini harus dilengkapi. Sebab, tanpa adanya media semai ini, tanah akan menjadi basah. Mengingat, pada saat musim penghujan mendapatkan tanah yang kering itu sulit.

Jumlah tenaga kerja juga harus ditambah. Jumlah tenaga kerja atau pekerja yang banyak akan memudahkan dalam segala halnya. Salah satunya adalah ketika proses pemasangan mulsa hitam yang harus dilakukan dengan beberapa orang.

Jika pada musim kemarau pemasangan mulsa bisa dilakukan dengan dua orang saja, maka pada musim penghujan pemasangan mulsa dilakukan oleh empat atau lima orang.

Mengapa begitu? Sebab, pemasangan mulsa harus sudah selesai pada sore hari. Sedangkan jika dua orang saja yang memasang mulsa hitam, waktunya tidak akan memungkinkan. Pada saat musim penghujan, hujan sering turun pada saat sore hari. Karena itulah pemasangan mulsa tidak boleh dilakukan sampai sore hari. Usahakan sebelum sore, pemasangan mulsa plastik harus siap karena pada saat itulah hujan akan turun.

Lokasi menjadi hal yang harus diperhatikan. Lokasi penanaman cabai yang baik adalah di tempat bekas penanaman tanaman lainnya, seperti jagung, padi, dan lain sebagainya. Namun, tidak semua tanah bekas penanaman tanaman lain bisa dipakai untuk menanam cabai. Tanah yang seperti kentang, tomat, dan terong, tidak bisa dipakai untuk penanaman cabai.

Baca Juga:  Trik Memilih Bibit Cabai Yang Berkualitas Unggul

Selain itu, tanah yang dipakai untuk menanam cabai juga harus gembur dan sistem drainasenya sangat baik. Yang paling harus diperhatikan adalah sistem drainase tanah yang harus baik karena jika tidak tanaman akan sulit untuk membuang air yang berlebih.sekian Lokasi varietas Menanam Cabai Musim Hujan semoga bisa membantu..salam..

Advertisements
Lokasi varietas Menanam Cabai Musim Hujan | Penulis | 4.5