Macam-Macam Bentuk Phalaenopsis

Macam-Macam Bentuk Phalaenopsis – Phalaenopsis merupakan salah satu spesies anggrek yang saat ini sedang menjadid bahan pembicaraan di dunia tanaman hias. Karena bentuknya yang sangat indah serta memiliki berbagai macam jenis lah yang membuat para penghobis menjadi lebih tertarik kepada tanaman hias yang satu ini. Lantas, apa-apa jenis dari phalaenopsis? Beberapa jenis-jenis phalaenopsis adalah sebagai berikut:

Phalaenopsis lindenii

Advertisements

Phalaenopsis lindenii merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Filipina. Selain itu, spesiesnya juga banyak tersebar di Filipina. Anggrek jenis ini memiliki daun berbentuk panjang dengan ujung daun yang tajam.Macam-Macam Bentuk Phalaenopsis

Daunnya berwarna hijau dan memiliki bintik-bintik putih di atas permukaan daun. Untuk panjang daunnya sendiri, anggrek ini termasuk salah satu tanaman yang memiliki daun yang sangat panjang, yaitu 28 cm.

Dan untuk bunganya sendiri, anggrek ini memiliki bunga yang sangat inah dan menawan. Bagaimana tidak, bentuknya yang lonjong dan memiliki variasi warna yang sangat beragam.

Phalaenopsis fuscata

Phalaenopsis fuscata banyak ditemukan di Malaysia, Kalimantan, dan Filipina. Lantas, dari mana sebenarnya anggrek spesies ini berasal? Phalaenopsis fuscata berasal dari Malaysia.

Pertama kali yang membudidayakan anggrek ini merupakan salah satu penghobis tanaman anggrek yang berasal dari Inggris. Penghobis tersebut mengambil phalaenopsis fucasta dari Malaysia dan kemudian mulai membudidayakannya di Inggris.

Advertisements

Ciri-ciri dari phalaenopsis fuscata adalah memiliki daun yang lebar dan panjang (untuk panjangnya 35 cm dan untuk lebarnya 15 cm). Memiliki batang yang pendek. Dalam satu buah bunga terapat 13 kuntum. Paa bagian bunganya berdaging dan bunganya berwarna kuning kecokelatan.

Phalaenopsis kunstleri

Untuk phalaenopsis kunsleri sendiri penyebarannya tidak sampai ke Indonesia. Penyebarannya hanya di Burma dan di Malaysia saja. Anggrek ini ditemukan pertama kalinya di negara Malaysia. Setelah itu barulah dipublikasikan ke umum sehingga masuk ke dalam kategori anggrek dan termasuk spesies phalaenopsis.

Anggrek ini memiliki daun berwarna hijau mengkilap serta memiliki daging yang tidak terlalu tebal. Panjang daun phalaenopsis kunnstleri tidadk lah seperti phalaenopsis fuscata.

Phalaenopsis kunstleri hanya memiliki daun yang panjangnya 15-20 cm. Untuk bunganya sendiri berbentuk bintang. Pada saat bungannya sedang mekar, tidak semua bunga yang mekar. Hanya beberapa kuntum bunga saja yang bermekaran dengan kopak.

Phalaenopsis wilsonii

Phalaenopsis wilsonii merupakan anggrek yang berasal dari Cina. Dan hingga saat ini, anggrek ini belum tersebar kebeberapa negara yang ada di dunia karena beberapa faktor.

Tanaman hias yang satu ini merupakan salah satu tanaman epifit. Anggrek jenis ini memiliki akar yang banyak. Memiliki batang yang sangat pendek. Panjang akar anggrek ini hanya berkisar 2 cm saja.

Untuk warna daunnya sendiri berwarna pink icampur dengan warna ungu sedikit pucat. Warna yang lembut tersebut sangatlah indah untuk dipandang oleh mata.Sekian sedikit penjelasan Macam-Macam Bentuk Phalaenopsis semoga berguna dan bermanfaat..salam..

Advertisements
Macam-Macam Bentuk Phalaenopsis | Penulis | 4.5