Macam-macam jenis Anggrek Phalaenopsis

Macam-macam jenis Anggrek Phalaenopsis – Sebagai tanaman hias, phalaenopsis tentunya memiliki beragam jenis maupun bentuk. Karena kebanyakan bentuk dari phalaenopsis ini sangat lah unik, membuat sebagian orang semakin mengagumi tanaman yang satu ini.

Kekaguman para penghobis ini dilupakan dengan cara membudidaya atau pun memelihara tanaman phalaenopsis ini. Lantas, apa-apa saja jenis dari phalaenopsis ini? Jenis-jenis phalaenopsis adalah sebagai berikut:Macam-macam jenis Anggrek Phalaenopsis

Advertisements

Macam-macam jenis Anggrek Phalaenopsis

Phalaenopsis cornu-cervi merupakan tanaman yang penyebarannya terdapat di Indonesia. Buktinya saja tanaman anggrek ini sudah tersebar ke Kalimantan, Jawa, dan Sumatera.

Pertamakali phalaenopsis cornu-cervi ini ditemukan tepat nya di Pulau Jawa. Setelah itu barulah diselidiki lebih dalam dan dapatlah nama phalaenopsis cornu-cervi.

Setelah itu, barulah anggrek ini menyebar dibeberapa negara yang ada di Asia Tenggara. Contohnya seperti Thailand dan Malaysia. Tidak semua negara yang bisa digunakan sebagai tempat tinggal anggrek ini. Hanya beberapa negara saja yang mungkin dapat dikatakan layak untuk phalaenopsis tinggal.

Ciri-ciri dari anggrek ini adalah memiliki batang yang pendek dan daun yang panjang. Sehingga apabila dilihat tampak batang tertutup oleh daunnya yang panjang.

Bentuk daunnya lonjong dan runcing pada ujungnya. Daun anggrek ini termasuk daun yang tahan lama. Apabila daun satu gugur, maka daun lainnya tidak akan ikut gugur.

Pada bagian bunganya, anggrek ini memiliki kombinasi warna bunga yang sangat menarik, yaitu kombinasi antara warna merah, cokelat, kuning, dan hijau. Kombinasi tersebut sangatlah menarik.

Advertisements

Phalaenopsis luddemanniana

Tidak seperti phalaenopsis cornu-cervi, apabila phalaenopsis cornu-cervi berasal dari Indonesia, lain halnya dengan  phalaenopsis luddemanniana yang berasal dari Filipina.

Namun, mulanya bukan masyarakat Filipina yang membuidayakan anggrek ini. Melainkan salalh satu warga negara Perancislah yang mulai membudidayakan anggrek pada awalnya.

Ciri-ciri dari anggrek yang satu ini adalah memiliki bentuk daun yang panjang tetapi pada ujung daunnya lebih tumpul. Anggrek ini memiliki ciri khusus, yaitu memiliki aroma yang sangat khas. Bunganya yang sangat indah membuat phalaenopsis iuddemanniana semakin digemari oleh sebagai orang yang ada di dunia ini.

Biasanya, anggrek ini digunakan sebagai induk untuk persilangan. Mengapa dipilih sebagai induk persilangan? Hal tersebut karena anggrek ini memiliki segudang keunggulan yang membuat para penghobis semakin penasan apabila tanaman ini disilangkan dengan tanaman lainnya.

Phalaenopsis violacea

Di Indonesia sendiri, anggrek jenis ini sudah menyebar kebeberapa wilayah. Contohnya seperti wilayah Mentawai dan Kalimantan. Kedua wilayah tersebut juga cocok bagi kehidupan anggrek ini. Selain di Indonesia, ternyata phalaenopsis violacea sudah menyebar hingga kebeberapa negara.

Contohnya saja seperti Malaysia. Di Malaysia violacea telah menyebar juga kebeberapa wilayah disana. Salah satu contohnya adalah Malaka.

Baca Juga: Teknik Persilangan Antar Spesies Anggrek

Daunnya bisa dibilang panjang. Satu helai daun bisa mencapai panjang 24 cm. Ditambah lagi dengan kombinasi warna daunnya yang snagat indah membuat siapa saja semakin terpukau melihat anggrek ini.sekian Macam-macam jenis Anggrek Phalaenopsis semoga bisa berguna dan membantu..salam..

Advertisements
Macam-macam jenis Anggrek Phalaenopsis | Penulis | 4.5