Media Tanam Menyemai Benih Tomat Sederhana

Media Tanam Menyemai Benih Tomat Sederhana – Untuk menanam tomat, hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah menyiapkan benih. Benih dapat dibeli atau pun dibuat sendiri. Antara benih yang dibeli dengan benih buatan sendiri itu kualitasnya sama-sama bagus.

Namun, benih buatan sendiri lebih murah biaya dibandingkan benih hasil dari beli di toko pertanian. Benih buatan sendiri sangat cocok untuk petani yang tidak mempunyai modal yang besar untuk bercocok tanam.

Advertisements

Ketika benih hendak ditanam di dalam media tanam seperti pot dan lain sebagainya, terlebih dahulu sebaiknya benih jangan langsung ditanam. Sebaiknya benih disemai terlebih dahulu.

Gunanya supaya benih dapat tumbuh sampai berukuran kira-kira 10 cm. Setelah itu barulah benih hasil semaian bisa dipindahkan ke pot atau polibag.Media Tanam Menyemai Benih Tomat Sederhana

Lantas, bagaimana cara menyemai benih itu? Cara menyemai benih itu tidaklah sulit. Untuk mengetahui lebih lanjut cara menyemai benih, mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Media Tanam Menyemai Benih Tomat Sederhana

Menyemai benih tomat juga memerlukan media. Media penyemaian ini fungsinya adalah untuk mendukung pertumbuhan penyemaian dari si benih tomat tersebut. Tanpa adanya media penyemaian, maka penyemaian tidak berjalan dengan baik.

Media yang perlu dipersiapakn untuk menyemai benih tomat diantaranya seperti kotak kayu, baki, tempat berupa baskom yang dapat dikatakan pendek atau ceper, dan yang terkahir adalah tray dengan ketinggian 11 cm.

Baca juga: Cara Mudah Semai Biji Tomat Dalam Polybag

Tray ini kemudian dibuat lubang-lubang kecil dibawahnya. Kegunaan dari tray adalah sebagai drainase pada saat penyemaian berlangsung.

Advertisements

Tahap-Tahap menyemai Biji tomat

Sebelum mempersiapkan tempat untuk penyemaian, pertama-tama persiapkanlah terlebih dahulu media tanam. Media tanam tersebut berupa pasir, tanah, dan juga pupuk kandang.

Ketiga bahan tersebut kemudian dicampur menjadi satu dengan perbandingan satu berbanding satu setiap medianya. Setelah itu campurkan lagi pasir dengan sphagnum moss dengan perbandingan 4 : 2.

Setelah itu barulah mempersiapkan media penyemaian. Cara mempersiapkannya adalah pertama-tama tempat berupa baskom yang telah dipersiapkan tadi kemudian dimasukkan media tanam yang telah dicampurkan secara keseluruhan.

Baca juga : Pot Paling Tepat Untuk Menanam Tomat

Setelah itu kemudian media semai bisa disterilkan. Penyeterilan ini ada tujuannya. Tujuannya adalah supaya benih nantinya dapat steril dan tidak ada penyakit yang akan mengganggu selama proses penyemaian berlangsung.

Bagaimana cara menyeterilkan media penyemaian? Cara menyeterilkan media penyemaian adalah mengkukus media semai dengan suhu kira-kira 80 derajat Celcius. Pengukusan dilakukan kurang lebih satu jam lebih.

Untuk kita yang suka dengan hal yang simpel, kita bisa menggunakan media tanam selain tanah, pasir, dan pupuk.

Lantas, apakah kita bisa menyemai benih pada media selain media yang telah disebutkan? Jawabannya pasti bisa. Media yang bisa digunakan media tanam adalah media rock wool ataupun cocopeat. Kedua media tersebut dapat digunakan untuk media tanam.

Baca juga: Jenis Media Tanam Untuk Menanam Tomat

Dengan menggunakan rock wool, kita tidak perlu bersusah payah mencampurkan media tanam lain seperti tanah lagi. Cukup dengan membelinya, kita sudah bisa menyemai benih. Lagi pula media rock wool dan juga cocopeat juga sudah modern.

Demikian tulisan tentang Media Tanam Menyemai Benih Tomat Sederhana semoga berguna dan bermanfaat..

Advertisements
Media Tanam Menyemai Benih Tomat Sederhana | Penulis | 4.5