Media Tanam Pot Untuk Menanam Aglaonema

Media Tanam Pot Untuk Menanam Aglaonema – Untuk memperbanyak aglaonema salah satunya adalah dengan cara membudidayakannya atau menanam aglaonema. Apabila Anda ingin menanam aglaonema, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

Apa-apa saja yang harus dipersiapkan sebelum menanam aglaonema? Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum menanam aglaonema adalah sebagai berikut:

Advertisements

Hal yang utama yang harus dipersiapkan ketika ingin menanam aglaonema adalah media tanam. Lantas, apa itu media tanam? Media tanam adalah media yang digunakan untuk menanam aglaonema.

Media tanam yang biasanya digunakan menanam aglaonema adalah tanah, pupuk, dan sekam. Apabila Anda ingin menambahkan media tanam lainnya juga boleh.Media Tanam Pot Untuk Menanam Aglaonema

Panduan Cara Menanam Bunga Aglaonema

Aglaonema salah satu tanaman hias yang tidak memerlukan media tanam khusus. Oleh karena itu, apabila Anda ingin menanam aglaonema maka tidak perlu media tanam khusus untuk menanam aglaonema.

Tapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat tersebut adalah media tanaman yang dipakai haruslah yang mempunyai kelembapan yang stabil dan media tanamnya juga tidak boleh basah.

Dengan memenuhi syarat tersebut, media tanam bisa digunakan untuk menanam aglaonema. Namun, apabila tidak memenuhi syarat yang telah disebutkan di atas, maka media tanam tersebut tidak bisa digunakan untuk menanam aglaonema.

Baca Juga: Pamor Aglaonema Hibrida Tak Pernah Surut

Advertisements
  • Pemilihan Pot Yang cocok

Selain media tanam, hal yang harus dipersiapkan untuk menanam aglaonema adalah pot. Pot merupakan hal yang paling penting yang digunakan untuk menanam aglaonema.

Pot untuk menanam aglaonema dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah pot keramik, pot tanah liat, dan pot plastik. Antara pot satu dengan pot lainnya pasti memiliki kelebihan maupun kekurangannya.

Pot keramik

Pot keramik ini biasanya digunakan untuk menanam aglaonema yang digunakan sebagai hiasan saja. Kelebihan yang dimiliki oleh pot keramik adalah memiliki bentuk yang indah.

Karena itulah cocok digunakan sebagai hiasan. Untuk kelemahannya sendiri, pot keramik tidak memiliki sistem drainase yang cukup baik. Selain itu, pot keramik juga mudah pecah.

Pot tanah liat

Kelebihan yang dimiliki oleh pot tanah liat adalah mampu menyerap air pada bagian dindingnya. Selain itu, sistem drainasenya juga cukup baik. Namun, pot tanah liat juga memiliki kelemahan. Kelemahan yang dimiliki oleh pot tanah liat adalah pot ini mudah pecah dan tiak tahan lama.

Pot plastik

Dari pot-pot lainnya yang digunakan untuk menanam aglaonema, bisa dibilang bahwa pot plastiklah yang paling banyak digunakan oleh sebagian orang.  Hal tersebut dikarenakan pot plastik memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh pot lainnya.

Kelebihan tersebut diantaranya seperti tidak mudah pecah dan tahan lama. Selain itu, sistem drainase pot plastik juga bagus. Namun, untuk membuat drainase yang bagus harus dibuat lubang pada bagian bawah pot plastik.

Baca juga: Ciri Fisik Tanaman Hias Aglaonema Hibrida

Dengan begitu, sistem drainase pot plastik akan sangat bagus. Namun, kekurangannya adalah pot plastik tidak memiliki bentuk yang beragam.sekian Media Tanam Pot Untuk Menanam Aglaonema semoga bisa bermanfaat..

Advertisements
Media Tanam Pot Untuk Menanam Aglaonema | Penulis | 4.5